MENCARI FORMAT PENDIDIKAN ANAK YANG IDEAL (Kritik Terhadap Konsep Full-Day School)

  • Abd. Halik STAIN Pamekasan
Abstract views: 158 , PDF downloads: 107

Abstract

Pendidikan diharapkan dapat mengembangkan perilaku kreatif, produktif, efisien, dinamis, dan dapat menghasilkan output yang berkualitas. Oleh karena itu, pendidikan harus mampu membuat terobosan-terobosan yang berkualitas pula. Di antara terobosan yang sedang marak disosialisakan saat ini oleh pemerintah adalah program full day education. Konsep full day education atau full day school ternyata dapat menimbulkan dampak negatif pada peserta didik terutama pada perkembangan sosial mereka. Oleh karena itu, pendidikan yang baik bagi anak agar ia menjadi manusia yang seutuhnya adalah harus memperhatikan hal-hal berikut: 1), kesempatan yang penuh untuk bersosialisasi; 2) kemampuan komunikasi anak; 3) motivasi anak untuk melakukan; dan 4) metode belajar yang efektif dengan bimbingan yang tepat bagi anak.
Kata Kunci: Pendidikan, sekolah full day.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Baharuddin, Pendidikan dan Psikologi Perkembangan, Jogjakarta: Ar-Ruzz Media, 2009.
Basuki, Sukur. Harus Proporsional sesuai Jenis dan Jenjang Sekolah, (http://www.strkN1lmj.sch.id/?diakses tanggal 9 Maret 2013)
Chatib, Munif. Sekolahnya Manusia: Sekolah Berbasis Multiple Intelligences Di Indonesia, Bandung: Kaifa, 2009
Djamarah, Syaiful Bahri. Psikologi Belajar, Jakarta: PT Rineka Cipta, 2008.
http://www.detik.com./20/18/2016.
Jajat dan Burhanuddin, Mencetak Muslim Modern, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2006.
Nggermanto, Agus. Quantum Quotient (Kecerdasan Quantum); Cara Cepat Melejitkan IQ, EQ dan SQ, secara Harmonis, Bandung: Nuansa Cendekia, 2002.
Santrock, John W. Psikologi Pendidikan, Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2008.
Salim, Peter. Advanced English-Indonesia Dictonary, Jakarta: Modern English Press, 1988.
Steenbrink, Karel A. Pesantren, Madrasah dan Sekolah. Jakarta: LP3ES. 1974.
Sukmadinata, Nana Syaudhij. Landasan Psikologi Proses Pendidikan, Bandung: PT Remaja Rosda Karya, 2004.
Published
2017-08-22
How to Cite
Halik, Abd. 2017. “MENCARI FORMAT PENDIDIKAN ANAK YANG IDEAL (Kritik Terhadap Konsep Full-Day School)”. TADRIS: Jurnal Pendidikan Islam 11 (2), 132 -48. https://doi.org/10.19105/tjpi.v11i2.1164.
Section
Articles