MODERNISASI KURIKULUM PENDIDIKAN ISLAM DALAM PERSPEKTIF AZYUMARDI AZRA

  • Ach. Sayyi Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Khairat Pamekasan
Abstract views: 2449 , PDF downloads: 1932

Abstract

Ide pembaharuan kurikulum Pendidikan Islam di Indonesia menurut Azyumardi Azra perlu melihat dari input-output dunia pendidikan islam. Input dari masyarakat ke dalam sistem pendidikan yang terdiri dari idiologis-normatif, mobilisasi politik, mobilisasi ekonomi, mobilisasi sosial, dan mobilisasi kultural. Kesemuanya ini merupakan sistem pendidikan yang pokok atau bisa disebut konvensional. Penelitian ini termasuk dalam kategori penelitan kepustakaan (library research) dengan menggunakan metode dan pendekatan kualitatif-diskriptif; menggunakan metode pengumpulan data berupa dokumentasi; dan menggunakan analisis isi (content analysis) sebagai pisau analisis berbagai data yang dieksplorasi dari berbagai karya Azyumardi Azra yang kemudian dirangkai dalam berbagai narasi yang sistematis. Walhasil Tawaran gagasan modernisasi Kurikulm pendidikan Islam Azyumardi Azra lebih banyak terfokus di pendidikan Tinggi Islam, khususnya IAIN dan UIN yang dirumuskan dalam empat langkah fundamental, yakni(1) reformulasi tujuan perguruan tinggi, (2) restrukturisasi kurikulum, (3) simplifikasi beban belajar, (4) dekompartementalisasi. Sehingga pendekatan dalam pembaharuan kurikulum, maka kurikulum yang diimplementasikan adalah tidak lagi diarahkan pada subject matter melainkan kepada child oriented dan keadaan sosial yang dikembangkan dalam kerangka integrasi ilmu agama dengan ilmu umum, sains, dan teknologi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

DAFTAR PUSTAKA

Abdurrahman dan Soejono, 1999. Metode Penelitian suatu Pemikiran dan Penerapannya Jakarta: Reneka Cipta.

Abu Bakar, Usman dan Surohim, 2005. Fungsi Ganda Lembaga Pendidikan Islam: Respon Kreatif terhadap Undang-Undang SISDIKNAS, (Yogyakarta,Safiria Insani Pres, 2005), Cet. I

Al-Toumy A-Syaibany, Omar Mohammad,1984. Falsafah Pendidikan Islam (Terj.Hassan Langgulung), Jakarta: Bulan Bintang.

Amir Aziz, Ahmad, 1999. Neo-Moderns Islam di Indonesia, Jakarta: Rineka Cipta.

Arief, Armai, 2002. Pengantar Ilmu dan Metodologi Pendidikan Islam, cet I (Jakarta: Ciputat Pers.

Azra, Azyumardi, 1998. “Rekonstruksi Kritis Ilmu dan Pendidikan Islam” dalam M. Anis, at. al. (peny), Reliugilitas Iptek: Rekonstruksi Pendidkan dan Tradisi Pesantren, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

_____________, 1999 Pendidikan Islam; Tradisi dan Modernisasi menuju Millennium baru, Jakarta: Logos wacana Ilmu.

______________, 2012. Pendidikan Islam, Tradisi dan Modernisasi di Tengah Tantangan Millenium III, Jakarta: kencana pranada media group.

______________, 2000. Islam Subtantif Agar Umat Tidak Jadi Buih, Bandung: Mizan, 2000

_______________, 2003. Surau, Pendidikan Islam Tradisional Dalam Transisi dan Modernisasi, Jakarta, Logos Wacana Ilmu.

_______________, 1998. Esei-Esei Intelektual Muslim dan Pendidikan Islam (Jakarta : Logos Wacana Ilmu.

Buchori, Mochtar, 1994. Penelitian Pendidikan dan pendidikan Islam di Indonesia, Jakarta: IKIP Muhammadiyah Jakarta Press.

Mukhtar, Affandi, 2004. Dua Agenda PTAI yang Masih Terabaikan: Tantangan untuk Meraih Sukses Kegiatan Berikutnya, Swara Ditpertais No. 11 Tahun II 17 Juli 2004

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, 1989. Kamus Besar Bahasa Indonesia, (Jakarta: Balai Pustaka.

Daradjat, Zakiyah dkk, 1996. Ilmu Pendidikan Islam, cet. Iii, Jakarta: Bumi Aksara.

Furchan, Arief dan Agus Maimun, 2005. Studi Tokoh: Metode Penelitian Mengenai Tokoh Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Hamalik, Oemar, 1994. Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran, Dasar dan Strategi Pelaksanaannya di Perguruan Tinggi (Jakarta: Triganda Karya, 1994

Halim, Abdul, 2001. (ed) Teologi Islam Rasional, Apresiasi terhadap Wacana dan Praksis Nasution, Jakarta: Ciputat Press.

Hitami, Munzir, 2004. Menggagas Kembali Pendidikan Islam, Yogyakarta: Infinite Press.

Jabali, Fuad dan Jamhari, IAIN, 2002. Modernisasi Islam di Indonesia, Jakarta: Logos.

Krippendorff, Klaus, 2004. Content Analysis: An Introductions to its Methodology (Second Edition) (California: Sage Publication.

Madjid, Nurcholish, 1987. Islam Kemodernan Dan Keindonesiaan, Bandung : Mizan.

Mahendra, Yusril Ihza, 2001. Islam dan Masalah Kenegaraan. dalam Abdul Halim(ed). Teologi Islam Rasional. Apresiasi terhadap Wacana dan Praksis Harun Nasution Jakarta: Ciputat Press, Cetakan I.

Margono, S., 2000 Metodologi Penelitian Pendidikan, Jakarta: PT Asdi Mahasatya, Cet, ke-2.

Mas’ud, Abdurrahman, 2002. Mengggagas Format Pendidikaan Non Dikotomik: Humanismen Religius sebagai Paradigma Pendidikan Islam, Yogyakarta: Gama Media.

Mujib, Abdul & Jusuf Mudzakkir, 2008. Ilmu Pendidikan Islam, (Jakarta: Kencana. Cet. II.

Nata, Abuddin, 2004. Sejarah Pendidikan Islam pada periode klasik dan Pertengahan, Jakarta : Raja Grafindo Persada.

Nasution, Harun, 1996. Islam Rasional: Gagasan dan Pemikiran Harun Nasution, Bandung, Mizan.

Nasution, S., 1989. Kurikulum dan Pengajaran, Jakarta: PT Bina Aksara.

Ramayulis, 2006. Ilmu Pendidikan Islam, cet. V, Jakarta: Kalam Mulia.

Suminto, Aqib dkk, 1989. Refleksi Pembaharuan Islam, 70 Tahun Harun Nasution Jakarta: LSAF, Cetakan I.

Tholkhah, Imam dan Ahmad Barizi, 2004. Membuka Jendela Pendidikan; Mengurai akar tradisi dan integrasi keilmuan pendidikan Islam. Jakarta: PT. Raja Grafindo persada.

Tim Dosen IAIN Sunan Ampel Malang, Dasar-Dasar Kependidikan Islam; Suatu Pengantar Ilmu Pendidikan Islam ( Surabaya: Karya Abditama, 1996

Published
2017-07-13
How to Cite
Sayyi, Ach. 2017. “MODERNISASI KURIKULUM PENDIDIKAN ISLAM DALAM PERSPEKTIF AZYUMARDI AZRA”. TADRIS: Jurnal Pendidikan Islam 12 (1), 20 - 39. https://doi.org/10.19105/tjpi.v12i1.1285.
Section
Articles