PENDIDIKAN INKLUSI DAN PERGURUAN TINGGI: Urgensi Penerapan Matakuliah Pendidikan Inklusi pada Semua Program Studi Jurusan Tarbiyah STAIN Pamekasan

  • muliatul maghfiroh STAIN Pamekasan
Abstract views: 842 , PDF downloads: 291

Abstract

Tantangan pendidikan pada era nglobalisasi ini adalah kemajemukan yang ada pada masyarakat baik pada aspek budaya, agama, sosial masyarakat, misalnya terdapat beraneka ragam karakteristik peserta didik berdasarkan perspektif jasmani dan psikologi, yaitu ABK (Anak Berkebutuhan Khusus) Disabilitas dan ATBK (Anak Tanpa Berkebutuhan Khusus) Normal. Hal ini menuntut adanya inovasi pendidikan untuk malakukan transfer of knowledge and transfer of value pada mereka. Salah satunya adalah memberlakukan pendidikan inklusi pada setiap jenjang pendidikan. Pendidikan inklusi yang dideklarasikan dalam Konferensi Dunia tentang Pendidikan kebutuhan khusus di Salamanca, Spanyol, 1994 menghasilkan kesepakatan bersama bahwa prinsip mendasar pendidikan inklusi yaitu mengikutsertakan anak berkelainan di kelas regular bersama dengan anak-anak normal lainnya, yang berarti melibatkan seluruh peserta didik tanpa kecuali. Hal ini dilandasi oleh kenyataan bahwa dalam masyarakat terdapat keberagaman yang tidak dapat dipisahkan sebagai satu komunitas. Dan keberagaman itu justru akan menjadi kekuatan bagi kita untuk menciptakan suatu dorongan untuk saling menghargai, saling menghormati dan toleransi.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis metode studi kasus (case study). Metode pengumpulan data pada penelitian ini yaitu observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui seberapa penting pemberian matakuliah pendidikan inklusif di Jurusan Tarbiyah STAIN Pamekasan. Hasil penelitian ini: pertama matakuliah pendidikan inklusif hanya diberlakukan pada Prodi Pendidikan Anak Usia Dini (PIAUD) dan Prodi Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) saja. Kedua, matakuliah pendidikan inklusif sangat penting untuk diberlakukan bagi semua prodi di Jurusan Tarbiyah dikarenakan memiliki hubungan yang erat, yakni sama-sama mengarah pada tercapainya tujuan pendidikan nasional maupun tujuan pendidikan Islam. Ketiga, Dampak positif bagi mahasiswa/i yang mendapatkan matakuliah pendidikan inklusif, mereka mendapatkan tambahan pengetahuan, pengalaman, serta semakin berkembangnya sense of humanisme dalam menangani ABK. Jika matakuliah pendidikan inklusif tidak diberikan pada mahasiswa/i STAIN Pamekasan sebenarnya terdapat dua implikasi, yaitu Implikasi positif dan Implikasi negatif.

Peneliti merekomendasikan beberapa hal yaitu: pertama, pemberian matakuliah pendidikan inklusif di semua prodi Jurusan Tarbiyah STAIN Pamekasan. Kedua, untuk matakuliah praktek mengajar hendaknya mahasiswa/i juga diajari cara mengajar di  kelas inklusif dan SLB. Ketiga, Semoga STAIN Pamekasan mempunyai Lembaga pusat disabilitas sehingga menjadi Pionir PTKIN pertama di Pulau Madura yang mempunyai lembaga pengkajian disabilitas.

 

 

Kata kunci: Pendidikan, Inklusif, Program Studi, Jurusan Tarbiyah

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arcaro, Jerome S. Pendidikan Berbasis Mutu (Prinsip-prinsip Perumusan dan Tata Langkah Penerapan). Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2007.

Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian; Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta, 1998.

Bassalama, Merry. Wawancara langsung. 15 Maret 2017.

Babbie, Erl. The Practice of Social Research. United States of America: Duxbury Press, 1998.

Barokah, Tesis Siti. “Moralitas peserta didik pada pendidikan inklusif (Studi Kasus pada sekolah Inklusif SD Hj. Isriati Semarang)”. Semarang: Tesis MA, Program Pascasarjana IAIN Walisongo Semarang.

Bogdan, Robert. Participant Observation in Organizational Setting, Syracuse. N.Y: Syracus University Press.

Depdiknas, Profil Pendidikan Inklusif di Indonesia, Konsep, kebijakan dan Implementasi. Jakarta: Percetakan RI, 2009.

Deplhie, Bandi. Bimbingan Konseling Untuk Perilaku Non Adaptif. Bandung: Pustaka Bani Quraisy, 2005.

Direktorat Pembinaan SLB. Direktorat Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah Kementrian Pendidikan Nasional. Profil Pendidikan Inklusif di Indonesia, Konsep, Kebijakan dan implementasi. Jakarta: Percetakan RI, 2010.

Direktorat PLB. Kegiatan Belajar Mengajar. Jakarta: Depdiknas, 2004.

Fausi, Ahmad. Wawancara langsung. 16 Juni 2017.

Hadi, Sutrisno. Metodologi Research II. Yogyakarta: Andi Offset, tt.

Handikin, Sri. “Efektifitas Model Pelatihan dengan Konsep Mentoring untuk Meningkatkan Kompetensi Kepala Sekolah dan Guru yang Berkaitan dengan Implementasi Pendidikan Inklusif di SDN “X” Kabupaten Bandung”.

Heller, Holtzman & Messick. The National Academy of Sciences. Amerika: Special Education Publishing, 1982.

Hidayatulloh, M. K. Syarif. “Pendidikan Inklusif dan Efektifitasnya dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada Anak Berkebutuhan Khusus di SDN Inklusif Klampis-Ngasem I Surabaya”. Surabaya: Tesis MA, Pascasarjana IAIN Sunan Ampel.

diakses pada tanggal 04 Oktober 2017.

http://ips.stainpamekasan.ac.id/web/data/1.1, diakses pada tanggal 30 September 2017.

http://mpi.stainpamekasan.ac.id/web/data/1.1, diakses pada tanggal 29 September 2017.

http://pld.uin-suka.ac.id/p/profil.html. Pusat Layanan Difabel (PLD) adalah unit layanan untuk para difabel di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. PLD berdiri pada tanggal 2 Mei 2007 dengan nama Pusat Studi dan Layanan Difabel (PSLD).

http://tarbiyah.stainpamekasan.ac.id/web/data/1.1 diakses pada tanggal 30 September 2017.

http://www.kopertis12.or.id/2014/03/14/kemdikbud-siapkan-permen-tentang-pendidikan-inklusi-di-perguruan-tinggi.html diakses pada tanggal 04 Oktober 2017

Idrus, Muhammad. Metode Penelitian Ilmu Sosial. Yogyakarta: Erlangga, 2009.

INKLUSI: Journal of Disability Studies Vol. 3, No. 2, Juli-Desember 2016 EDITORIAL “Pendidikan Inklusif di Perguruan Tinggi Indonesia.

Istiningsih. “Manajemen Pendidikan Inklusif di SDN Klego I Kabupaten Boyolali”, Surakarta: Tesis MA, Program Pascasarjana Universitas Muhammadiyah.

Langgulung, Hasan. Manusia dan Pendidikan Suatu Analisa Psikologi Pendidikan. Jakarta: Pustaka al-Husna, 1986.

Maghfiroh, Muliatul. “Penerapan Kurikulum DMSO (Duplikasi, Modifikasi, Subtitusi dan Omisi) di Sekolah Inklusif SMP Galuh Handayani Surabaya”. Surabaya: Tesis MA IAIN Sunan Ampel, 2013.

Makki, M.Ismail. Wawancara langsung, (2 Oktober 2017).

Miles, Mattew B. dan A. Michael Huberman. Analisis Data Kualitatif, Buku Sumber tentang Metode-Metode Baru. Jakarta: Penerbit Universitas Indonesia, 1984.

Moleong, Lexy J. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung : Remaja Rosdakarya, 1999.

Mukafa, Zumrotul. “Pendidikan Akhlak Multikultural (Studi Kasus di Sekolah Dasar Inklusif Galuh Handayani)”. Surabaya: Disertasi doktor, IAIN Sunan Ampel, 2010.

Mulyana, Dedy. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2001.

Mushollin. Wawancara langsung. 27 Januari 2017.

Nizar. Metode Penelitian. Jakarta: Gharlia Indonesia, 2003.

PENA, Vol. 6, No. 03, Maret 2008, 6.

Pendidikan Tinggi Negeri di Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Permendiknas RI no. 70 tahun 2009 tentang Pendidikan Inklusif Bagi Peserta Didik yang Memiliki Kelainan dan Memiliki Potensi Kecerdasan dan/atau Bakat Istimewa.

Ramayulis. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kalam Mulia, 1994.

Razak, Abdul. Wawancara langsung. 27 September 2017.

Sebagian Mahasiswa Prodi MPI, BKI, PBA, TIPS, BKI, BI, Wawancara langsung.

Schults, J.J. “Inclusion: The debate Continues”. Instructor 1994.

Schultz, H. Director. Vineland State School, Personal Communication. April 5, 1979. Cited dalam R.D. Scheeverenberger, A History of Mental Retardation. Baltimore, MD.Paul H.Brookes, 1983.

Semiawan, Conny. Perspektif Pendidikan Anak Berbakat. Jakarta: Grasindo, 1997.

Smith, J. David ed. Mohammad Sugiarmin, Mif Baihaqi, Inklusi Sekolah Ramah Untuk Semua. Bandung: Nuansa, 2006.

Sugiono. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta, 2008.

Sukmadinata, Nana Syaodih. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2007.

Sumiyarno. Penelitian Kualitatif Langkah Operasional, Makalah disampaikan pada Pendidikan dan Latihan Peneliti. Surabaya: Balai Pendidikan dan Latihan Pegawai teknis Keagamaan, 17 Nopember 2003.

Sunardi, S.S., M.Pd./NIDN: 0612016601 Raden Arief Nugroho, S.S., M.Hum. / NIDN: 0617068402 Budi Harjo, S. Kom., M.Kom./NIDN: 0606027101” Model Pembelajaran Inklusif Bahasa Inggris Bagi Mahasiswa Tunanetra Di Perguruan Tinggi” Universitas Dian Nuswantoro November, 2014.

Suryobroto, B. Manajemen Pendidikan di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta, 2004.

Susanto, Edi. Wawancara langsung. 3 Oktober 2017.

Ummah, Siti Sumihatul. Wawancara langsung. 21 Januari 2016.

Wang M.C, E.T. Baker dan H.J Walberg. The Effects of Inclusion on Learning; Educational Leadership. Vol. 52, 1995.

Yin, Robert K. Studi Kasus Desain dan Metode. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2008.

Published
2018-09-07
How to Cite
maghfiroh, muliatul. 2018. “PENDIDIKAN INKLUSI DAN PERGURUAN TINGGI: Urgensi Penerapan Matakuliah Pendidikan Inklusi Pada Semua Program Studi Jurusan Tarbiyah STAIN Pamekasan”. TADRIS: Jurnal Pendidikan Islam 13 (1), 65 - 93. https://doi.org/10.19105/tjpi.v13i1.1538.
Section
Articles