Penguatan Pendidikan Aqidah Anak Dari Penyimpangan Budaya Online

  • Zaini Zaini IAIN Tulungagung
  • Roni Ramlan Yayasan Spirit Dakwah Indonesia
Abstract views: 1159 , PDF downloads: 919

Abstract

Keimanan seseorang kepada Allah Yang Maha Esa yang tidak didasari dengan belajar ilmu agama Islam secara kaffah  (mendalam) dan disertai wasilah seorang guru yang sharih akan mudah terombang-ambing oleh fluktuatif psikis, utamanya tatkala dihadapkan dengan situasi perkembangan  sains dan teknologi yang kian hingar-bingar. Betapapun seseorang telah memiliki kemapanan hidup secara ekonomi, pekerjaan dan kesejahteraan, inventarisasi gadget dan eksistensi di era serba online adalah kewajiban, alhasil egoisme dan logosentrisme menjadi konstruksi identitas diri pribadi untuk senantiasa memegang tampuk kekuasaan, menguasai dunia. Sementara pada sisi yang lain, kaum mustadafin yang serba kekurangan, akan sibuk berkamuflase dan survive memenuhi kebutuhan primer, sehingga memungkinkan tidak berkesempatan untuk memperdalam ilmu agama sekaligus teralienasikan dari pesatnya era media sosial (IPTEK). Kesenjangan antroposentris itulah yang kemudian mengantarkan manusia pada sisi spiritualitas yang rentan ditempa ujian hingga mencapai titik nadir kerapuhan. Oposisi binner inilah yang mengakibatkan seseorang lengah bahkan gagal dalam mencapai nikmatnya memiliki aqidah shohihah sebagai pondasi menjalani kerasnya kehidupan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

‘Ulman, Abdullah Nashih. Pendidikan Anak Dalam Islam. Depok: Fathan Prima Media, 2016.

Abou El Fadl, Khaled. Selamatkan Islam dari Muslim Puritan. Jakarta: PT Serambi Ilmu Semesta, 2006.

Aderson, Bennedict. Imagined Communities: Reflections on the Origin and Spread of Nationalism, London and New York: Verso, 1991.

Al-Ghazaly, Muhammad. al-Islamu al-Muftaraa Alaihi Baina al-Syuyuu’iyyin war ra’samaaliyyin (Islam di antara Komunisme dan Kapitalisme), terj. H. Chudri Thaib Surabaya: PT. Bina Ilmu, 1985.

Armstrong, Karen. Fileds of Blood Religion and The History of Violence. New York Toronto: Alfred A Knopf, 2014.

Chatterjee, P. The Nations and Its Fragments: Colonial and Postcolonial Histories, Princeton, NJ: Princeton University Press, 1995.

E-Marketer, Pengguna Smartphone di Indonesia 2016-2019 dalam www.databoks. katadata.co.id diakses tanggal 25 September 2019

J. Elias, Maurice dkk. Cara-cara efektif mengasuh anak dengan EQ. Bandung, Mizan Media Utama; 2001.

Kominfo, Indonesia Raksasa Teknologi Digital Asia dalam www.kominfo.go.id diakses tanggal 25 September 2019

Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur’an Badan Litbang dan Diklat Kementrian Agama RI, Tafsir Al-Qur’an Tematik. Jakarta:Kamil Pustaka, 2014.

Mujani, Saiful. Muslim Demokrat. Jakarta, PT Gramedia Pustaka Utama; 2007.

Munitz, Milton K. Contemporery Analitic Philosophy, (New York: Macmillan Publishing Co.inc. 1981.

Satibi Hidayat, Otib. Materi Pokok Metode Pengembangan Moral dan Nilai-nilai Agama, Cet.7. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka, 2017.

Shahib, Abdussalam dkk. KH.A. Mustofa Bisri dalam buku Kiai Bisri Syansuri. Denanyar: Pustaka Idea, 2015.

Soehadha, Moh. Tauhid Budaya Strategi Sinergitas Islam dan Budaya Lokal dalam Perspektif Antropologi Islam, Jurnal Tarjih, Vol. 12 No. 1 2016.

Soleh, Khudori. Filsafat Islam dari Klasik hingga Kontemporer, cet. 1. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media, 2013.

Subanda, M. A. Psikologi Agama dan Kesehatan Mental, cet. 1. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2013.

Theo A.F, Knipers (ed). General Philosophy of Science. Oxford: Oxford Publishing, 2007.

Wijaya, Aksin. Menggugat Otentisitas Wahyu Tuhan Kritik Atas Nalar Tafsir Gender. Yogyakarta: Magnum, 2011.

Yunus, Mahmud. Tafsir Al-Quran Karim Bahasa Indonesia, (Jakarta, PT Mahmud Yunus Wa Dzuriyyah; 2008).

Zar, Sirajuddin. Filsafat Islam Filosof dan Filsafatnya, cet. 3. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada, 2014.

Published
2019-12-26
How to Cite
Zaini, Zaini, and Roni Ramlan. 2019. “Penguatan Pendidikan Aqidah Anak Dari Penyimpangan Budaya Online”. TADRIS: Jurnal Pendidikan Islam 14 (2), 201-14. https://doi.org/10.19105/tjpi.v14i2.2736.
Section
Articles