Learning Psychological Overview of Kitab Kuning Teaching Learning (Study on Pondok Pesantren Al-Is’af Kalabaan Guluk-Guluk Madura)

  • Muchlis Solichin STAIN Pamekasan
  • Moh Hafid Effendy IAIN Madura
Abstract views: 131 , PDF downloads: 172

Abstract

Pesantren (Islamic boarding school) is the traditional Islamic educational institution. Kiai as the leader of pesantren has an authority in managing, choosing the education system, curriculum (manhaj) that will be used, and also kinds of text books that will be used in teaching and learning process.  Generally, Kiai uses Kitab Kuning (KK, yellow books) also called classical Islamic books, as the material of teaching-learning in pesantren. This paper aims at examining teaching-learning of KK in pesantren. The research method of the study is qualitative . The results of the reseach are that 1) there are levels of learning material KK in line with cognitive development, 2) the pesantren applied the prerequisite knowledge, 3) the pesantren applied the methods of teaching learning, 4) the pesantren applied the tutorial of KK teaching learning.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abidin, Zainal, “Layanan Bimbingan Belajar sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Proses Belajar Mengajar,” Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan Insania, Vol. 11|No. 1|Jan-Apr 2006|.

Ahmatika, Deti. “Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dengan Pendekatan Inquiry/Discovery,” Jurnal Euclid, vol.3, No.1.

Akbar, Ali Hidayatullah Ismail, “Metode Pembelajaran Kitab Kuning Di Pondok Pesantren Daarun Nahdhah Thawalib Bangkinang, “ Al-Fikra: Jurnal Ilmiah Keislaman, Vol. 17, No. 1, Januari – Juni, 2018 (21 – 32), 22

Bodner, G. M. “Constructivism A Theory of Knowledge. Journal of Chemical Education,” 1986 63, 873-877.

El Fiah, Rifda &Adi Putra Purbaya, “Penerapan Bimbingan Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Di Smp Negeri 12 Kota Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2015/2016,” Konseli: Jurnal Bimbingan dan Konseling 03 (2) (2016).

Estin, Desak Gede Wirayanti, “Aktualisasi Pemikiran Jean Piaget dalam Implementasi Kurikulum 2013 (Suatu Kajian Teoritis),” Proceedings Seminar Nasional FMIPA UNDIKSHA V Tahun 2015, 115.

Faizin; Farhah, Pola Integrasi Nilai-Nilai Kepesantrenan Dalam Mengimplementasikan Budaya Religi Di Universitas Nurul Jadid, edureligia Vol. 2, No. 2, 2018,113

Handini, Dea,et.all. “Penerapan Model Contextual Teaching And Learning Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas Iv Pada Materi Gaya,” Jurnal Pena Ilmiah: Vol. 1, No. 1 (2016).

Hasibuan, Lily Rohanita &Rohani, “Pengaruh Pembelajaran Problem Posing Berkelompok Terhadap Kemampuan Berpikir Abstrak Matematika Siswa SMP,” Jurnal Education And Development, Vol.7 No.4

Heryadi, Dedi “Menumbuhkan Karakter Akademik Dalam Perkuliahan Berbasis Logika” Jurnal Pendidikan Karakter, Tahun VII, Nomor 1, April 2017, 5

Jamal, Nur, “Sekolah, Transformasi Pendidikan Pesantren Dalam Pembentukan Kepribadian Santri,” Tarbiyatuna: Jurnal Pendidikan Islam, Volume 8, Nomor 2, Agustus 2015,73-74

M, W, Simatwa Enose.. “Piaget’s Theory Of Intellectual Development And Its Implication For Instructional Management At Pre Secondary School Level” Educational Research And Reviews: 2003, Vol. 5 (7)

Mansur, Cep Habib, “Peranan Pendidikan Islam Di Pesantren Dalam Mengantisipasi Dampak Negatif Era Globalisasi (Penelitian di pondok pesantren Nurul Huda A1-Manshuriyyah Kampung Cimaragas Desa Karangsari Kecamatan Pangatikan Kabupaten Garut),” Jurnal Pendidikan, Universitas Garut Fakultas Pendidikan Islam dan Keguruan, 57

Muhajir, Pesantren Sebagai Institusi Pendidikan Islam (Pesantren Akomodatif Dan Alternatif), Jurnal Saintifika Islamica Vol.1 No. 2 Periode Juli - Desember 2014, 2-3.

Pebriana, Putri Hana, “Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Bebas Menggunakan Pendekatan Kontekstual Siswa Sekolah Dasar, “ Jurnal Publikasi Pendidikan, Volume 7 Nomor 2, Juni 2017.

Rahmawati, Mega & Edi Suryadi, “Guru sebagai fasilitator dan efektivitas belajar siswa (Teacher's as a facilitator and the effectiveness of student learning), “ Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, Vol. 4 No. 1, Januari 2019.

Ruwaidah,”Implikasi Teori Kognitif Jean Pieget Terhadap Prestasi Belajar PAI Siswa Kelas Vii SAMPIT Di Pondok Pesantren Al-Quraniyyah,” Skripsi, http://repository.uinjkt.ac.id/

Santoso, Erik, “Penggunaan Model Pembelajaran Kontekstual Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematika Siswa Sekolah Dasar (Studi pada siswa kelas V DN Sukarasa II Kecamatan Samarang Kabupaten Garut Tahun pelajaran 2014-2015 )” Jurnal Cakrawala Pendas Vol. 3 No.1 Edisi Januari 2017 ISSN: 2442-7470

Wahid, Abdurrahman, 2004 ,‘Pesantren Sebagai Subkultur’,. Pesantren dan Perubahan, ed. M. Dawam Rahardjo. Jakarta: LP3ES, Cet.V. 2004.

Published
2020-06-14
How to Cite
Solichin, Muchlis, and Moh Hafid Effendy. 2020. “Learning Psychological Overview of Kitab Kuning Teaching Learning (Study on Pondok Pesantren Al-Is’af Kalabaan Guluk-Guluk Madura)”. TADRIS: Jurnal Pendidikan Islam 15 (1), 45-58. https://doi.org/10.19105/tjpi.v15i1.3068.
Section
Articles