KONSTRUKSI PENDIDIKAN KIRI ISLAM (Membumikan Pemikiran Hassan Hanafi)

  • Achmad Reyadi Pascasarjana IAIN Sunan Ampel Surabaya
Abstract views: 64 , PDF (Bahasa Indonesia) downloads: 650

Abstract

Tulisan ini berusaha menganalisis pemikiran Kiri Islam
Hassan Hanafi dan implikasinya terhadap pendidikan Islam. Dalam
pandangannya, pendidikan adalah dialektika tradisi-fenomenologissosialistik;
kebudayaan-peradaban-kebudayaan, yang melibatkan sifat
konservatif-progresif-perenialistik-esensialistik dalam lingkaran
dialektika dekonstruksi-rekonstruksi-pencerahan, yang menghasilkan
manusia unggul yang tahu, mau, dan mampu bebas, merdeka, mendobrak,
mengkonstruk, dan mencerahkan. Pendidikan dalam
dialektika tersebut melibatkan metode edukatif, emansipatoris, dan
inventif dengan pola nomotetik, ideografik, dan transaksional.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2014-01-02
How to Cite
Reyadi, Achmad. 2014. “KONSTRUKSI PENDIDIKAN KIRI ISLAM (Membumikan Pemikiran Hassan Hanafi)”. TADRIS: Jurnal Pendidikan Islam 8 (1), 70 -. https://doi.org/10.19105/tjpi.v8i1.384.
Section
Articles