FALSAFAH INSANIYAH DALAM PEMIKIRAN PENDIDIKAN ISLAM

  • Hairun Nisak Madrasah Aliyah Negeri Sampang Madura
Abstract views: 366 , PDF (Bahasa Indonesia) downloads: 241

Abstract

Artikel ini akan membahas hakikat manusia dalam perspektif al-Qur’an. Islam mengakui penciptaan manusia melalui proses atau evolusi, tetapi sangat jauh berbeda dengan teori Darwin. Islam menerima pendapat para sosiolog yang menerangkan manusia sebagai makhluk sosial. Teori nativisme, empirisme, dan konvergensi kurang sejalan dengan ajaran Islam, karena di dalam ketiga teori tersebut meniadakan peran Tuhan. Konsep manusia dalam al-Qur’an menggunakan istilah al-Insân, al-Ins, al-Nâs, Basyâr, Banî Adam, ‘Abd Allâh, dan Khalîfah. Tujuan pendidikan Islam membentuk manusia yang tergali dan terlatih potensi intelektual, spiritul, emosional, sosial, dan fisiknya, sehingga dapat menolong dirinya, masyarakat, bangsa, dan negaranya dengan mengintegrasi pendidikan ‘aqliyyah dan qalbiyyah.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2014-12-03
How to Cite
Nisak, Hairun. 2014. “FALSAFAH INSANIYAH DALAM PEMIKIRAN PENDIDIKAN ISLAM”. TADRIS: Jurnal Pendidikan Islam 9 (1), 65 -. https://doi.org/10.19105/tjpi.v9i1.401.
Section
Articles