Rekonstruksi Kurikulum Pendidikan Agama Islam: Analisis Model Kurikulum Rahmatan lil Alamin

  • Nurul Zainab IAIN Madura
Abstract views: 1392 , PDF downloads: 992

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui model kurikulum pendidikan agama Islam rahmatan lil alamin. Penelitian ini termasuk ke dalam penelitian atau kajian pustaka. Adapun teknik analisis datanya menggunakan teknik analisis konten atau isi yang memilik tiga langkah yaitu pengumpulan data dari berbagai referensi, lalu di analisa dengan model induktif, deduktif atau interaktif. Selanjutnya menyimpulkan dari hasil analisa. Hasil penelitian ini adalah kurikulum pendidikan agama Islam rahmatan lil alamin merupakan kurikulum yang humanis untuk meneguhkan spirit toleransi (tasamuh) dan moderasi (tawasuth). Model kurikulum pendidikan agama Islam rahmatan lil alamin meliputi keseluruhan komponen kurikulum yaitu tujuan, isi, strategi atau metode dan evaluasi.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-12-31
How to Cite
Zainab, Nurul. 2020. “Rekonstruksi Kurikulum Pendidikan Agama Islam: Analisis Model Kurikulum Rahmatan Lil Alamin”. TADRIS: Jurnal Pendidikan Islam 15 (2), 168-83. https://doi.org/10.19105/tjpi.v15i2.4022.
Section
Articles