Pola Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Siswa Tuna Rungu Wicara di SDLB Negeri Punung Pacitan

  • M. Suyudi
  • Anang Prakarsa
Abstract views: 295 , PDF downloads: 277
Keywords: Education

Abstract

Sekarang ini sekolah atau lembaga pendidikan untuk anak berkebutuhan khusus masih sangat minim, terbukti sekolah atau lembaga ini biasa dijumpai di tengah-tengah kota saja. Fakta menunjukkan bahwa, masih banyak anak-anak berkebutuhan khusus kurang mendapat perhatian. Sehingga tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada siswa tunarungu wicara di SDLB Negeri Punung Pacitan tahun pelajaran dan bagaimana implikasi pembelajaran pendidikan sikap keagamaan pada siswa tunarungu wicara di SDLB Negeri Punung Pacitan. Penelitian ini dilaksanakan di SDLB Negeri Punung Pacitan menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Tehnik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan Pola pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada siswa tunarungu wicara di SDLB Negeri Punung Pacitan dilaksanakan mulai dari pemetaan, penyajian materi dan latihan.  Proses pelaksanaan pola pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada siswa tunarungu wicara di SDLB Negeri Punung Pacitan mulai dari komunikasi, keaktifan siswa, kesesuaian dengan RPP dan hasil belajar. Implikasi pembelajaran pendidikan sikap beragamaan pada siswa tunarungu wicara di SDLB Negeri Punung Pacitan ada empat bentuk yaitu iman, ibadah akhlak, dan amaliah.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-12-20
How to Cite
Suyudi, M., and Anang Prakarsa. 2020. “Pola Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Siswa Tuna Rungu Wicara Di SDLB Negeri Punung Pacitan”. TADRIS: Jurnal Pendidikan Islam 15 (2), 320-33. https://doi.org/10.19105/tjpi.v15i2.4131.
Section
Articles