Evaluasi Mutu Dalam Pembelajaran Agama Islam Di Tengah Pandemi Covid-19 Di SMP Negeri 2 Pleret Bantul Yogyakarta

  • Kharisma Noor Latifatul Mahmudah Universitas Ahmad Dahlan
  • Imroatum Muhimmah Universitas Ahmad Dahlan
  • Djamaluddin Perawironegoro Universitas Ahmad Dahlan
Abstract views: 404 , PDF downloads: 318

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan evaluasi mutu pembelajaran agama Islam dan mengetahui faktor penghambat evaluasi mutu pembelajaran agama Islam di tengah pandemi covid-19 di SMP Negeri 2 Pleret. Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif jenis deskriptif. Subjek penelitian terdiri dari kepala sekolah, guru PAI, dan panitia PAS (Penilaian Akhir Sekolah). Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa SMP Negeri 2 Pleret tergolong sekolah yang bermutu dalam evaluasi mutu pembelajaran agama Islam. Sekolah dikategorikan bermutu karena dapat diukur dengan tes dan non tes terhadap siswa. Bentuk tes tersebut seperti penilaian ulangan harian bersama (PHB), penilaian tengah semester (PTS), dan penilaian akhir semester (PAS). Faktor pengahambat dari evaluasi mutu pembelajaran agama Islam di SMP Negeri 2 Pleret saat pandemi covid-19 yaitu: 1) terdapat beberapa siswa yang tidak memiliki handphone, sehingga terkendala dalam pembelajaran daring. 2) terkendala signal pada saat ujian, dan 3) siswa kesulitan dalam memahami materi jika hanya di jelaskan di WAG (WhassApp Group).

 

[This study aims to describe evaluation of the quality of Islamic religious learning and knowing the factors inhibiting evaluation of the quality of islamic religious learning in the midst of the covid-19 pandemic in SMP Negeri 2 Pleret. This research approach is a qualitative descriptive type. The research subjects consisted of headmaster, Islamic  education teachers, and final school assessment committe. Data collection technique using interviews, observation, and documentation. Data analysis technique using data reductuion, data presentation, and drawing consclusions. The results showed that SMP Negeri 2 pleret was classified as a quality school in evaluating the quality of Islamic religious learning. Schools are categorized as quality because they can be measured by tests and non-tests on students. Test forms such as daily joint assessments, midterm assessments, and end of semester assessments. Inhibiting factors from evaluating quality of Islamic religious learning at SMP Negeri 2 Pleret during the covid-19 pandemic is 1) There are some students who do not have cell phones, so they are constrained in online learning. 2) Constrained signal during the test, and 3) students have difficulty understanding Islamic  material if it is only explained in the Whatsapp Group.]

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdullah, Ma`ruf. 2015. Metodelogi Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Aswaja.

Arifin, Zainal. 2013. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Elihami, Abdullah Syahid. 2018. Penerapan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Karakter Pribadi Yang Islami. Edumaspul: Jurnal Pendidikan. Vol. 2 No. 1. 79-96. DOI: https://doi.org/10.33487/edumaspul.v2i1.17

Eseryel, N. 2012. Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan. Cetakan Pertama. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Hamalik, Oemar. 2010. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Huemert, Susan Haris. 2009. Evaluating Evaluators (An Evaluation of Education in Germany. Dissertation: University of Oxford.

Kizlik, Bob. 2009. Measurement, Assessment, And Evaluation In Education. Adiprima.

Meolong, Lexy J. 2014. Metode Penelitian Kualitatif , Edisi revisi. PT. Remaja Rosdakarya: Bandung.

Munthe, Ashiong P. 2015. Pentingnya Evaluasi Program di Institusi Pendidikan: Sebuah Pengantar, Pengertian, Tujuan, dan Manfaat. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan 5 (2). Hlm. 1-14. DOI: https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2015.v5.i2.p1-14

Muryadi, A.D. 2017. Model Evaluasi Program dalam Penelitian Evaluasi. Jurnal Ilmiah PENJAS, 3(1): 1-16

Novalinda, Rina, Ambiyar, Fahmi Rizal. 2020. Pendekatan Evaluasi Program Tyler: Goal Oriented. Edukasi: Jurnal Pendidikan, Vol. 18, No.1. DOI: http://dx.doi.org/10.31571/edukasi.v18i1.1644

Sastrawan, Ketut Bali. 2016. Profesionalisme Guru Dalam Upaya Meningkatkan Mutu Pembelajaran. Jurnal Penjaminan Mutu 2 (2). Hlm. 65-73. DOI: http://dx.doi.org/10.25078/jpm.v2i2.73

Ridwan, Abdullah. 2015. Pembelajaran Saintifik Untuk Implementasi Kurikulum. Jakarta: Bumi Aksara.

Sudjiono, Anas. 2009. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rajagrafindo

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2006. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT.Remaja Rosdakarya

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Syamsudin, M. Hidayat Ginanjar, Moch. Yasyakur. 2019. Evaluasi Mutu Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Di SMP Pembangunan Satu (PESAT) Kota Bogor Tahun Ajaran 2018/2019. Prosiding Al Hidayah Pendidikan Agama Islam. Vol 1, No. 28. DOI: http://dx.doi.org/10.30868/ppai.v1i2B.468

Tayibnapis. 2008. Evaluasi Program dan Instrument Evaluasi. Jakarta: Rineka Cipta

Velarde. 2012. An Empirical Investigation Using an Extension of the Theory of Planned Behavior. Thesis. Master of science in Marketing, Bussiness and Social Social Sciences Departement of Business Administration, AARHUS University.

Widodo. 2011. Analisis Kebijakan Publik: Konsep Dan Aplikasi Analisis Proses Kebijakan Publik. Malang: Bayu Media.

Widoyoko, Eko Putro. 2009. Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka pelajar.

Worthen. 2011. Educational Evaluation: Theory and Practice. Ohio: Charles A. John Publishing company.

Published
2021-06-10
How to Cite
Mahmudah, Kharisma Noor Latifatul, Imroatum Muhimmah, and Djamaluddin Perawironegoro. 2021. “Evaluasi Mutu Dalam Pembelajaran Agama Islam Di Tengah Pandemi Covid-19 Di SMP Negeri 2 Pleret Bantul Yogyakarta”. TADRIS: Jurnal Pendidikan Islam 16 (1), 71-82. https://doi.org/10.19105/tjpi.v16i1.4251.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)