Pembelajaran Pesantren Virtual: Fasilitas Belajar Kitab Kuning bagi Santri Kalong

  • Yayan Musthofa Universitas Hasyim Asy'ari Tebuireng
  • M. Asy'ari Institut Agama Islam Negeri Madura
  • Habibur Rahman Institut Agama Islam Al-Khairat Pamekasan
Abstract views: 701 , PDF downloads: 431
Keywords: Virtual Learning of Pesantren, Santri Kalong, Technological Challenges, Pembelajaran Pesantren Virtual, Tantangan Teknologi

Abstract

This study aims to provide a description of Islamic boarding school (Pesantren) virtual learning services in deepening religious knowledge. The author also provides an analysis of the online Kitab Kuning learning content that can be used by Santri Kalong as reported by the Khaskempek website. Using a qualitative method, the author examines the content and services of 10 websites published by Khaskempek by referring to pesantren web sites, scientific articles, and books related to pesantren, then analyzed using a descriptive-analytical approach and content analysis. The results obtained, the researchers classified the 10 pesantren web services into 3 parts: about pesantren, general public services, and intense services for Santri Kalong (KBM). Of the online learning services released, there are 9 Pesantren that have not opened massive and intense online learning services; and just one Islamic boarding school (Imam Al-Bukhari) which has just started to feature an intense study service for santri or bats students who want to deepen their religious knowledge.


Abstrak:
Penelitian ini bertujuan untuk memberikan deskripsi layanan pembelajaran virtual pesantren dalam mendalami ilmu pengetahuan agama. Penulis juga memberikan analisis terhadap konten pembelajaran kitab kuning online yang bisa dimanfaatkan oleh santri kalong yang dilansir oleh situs Khaskempek. Dengan metode kualitatif, penulis mengkaji konten dan layanan dari 10 web yang dilansir oleh Khaskempek dengan merujuk pada web-web pesantren, artikel ilmiah, dan buku yang terkait pesantren, kemudian dianalisis dengan pendekakatan deskriptif-analisis dan konten analisis. Hasil yang didapatkan, peneliti mengklasifikasikan layanan 10 web pesantren tersebut menjadi 3 bagian: tentang pesantren, layanan masyarakat umum, dan pelayanan intens untuk santri kalong (KBM). Dari layanan pembelajaran online yang dirilis terdapat 9 pesantren belum membuka layanan belajar online secara massif dan intens; dan satu pesantren (Imam Al-Bukhari) yang baru mengawali membuat fitur layanan kajian intens bagi para santri atau santri kalong yang menghendaki pendalaman ilmu keagamaan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmad, Z. (2020). Positioning Pesantren. In Peran dan Sumbangsih Pesantren dalam Mencerdaskan Bangsa (pp. 17–32). Pustaka Tebuireng.

Ali Maksum, “Model Pendidikan Toleransi di Pondok Pesantren Modern dan Salaf.” Jurnal Pendidikan Agama Islam,3, no.1 (2015):83-108. doi:https://doi.org/10.15642/jpai.2015.3.1.81-108

Amir Hamzah. 2020. Metode Penelitian Fenomenologi Kajian Filsafat Dan Ilmu Pengetahuan. Edited by Nur Azizah Rahma. Batu: Literasi Nusantara.

Aswirna, P., Fahmi, R., Sabri, A., & Yusna, D. (2018). Paradigm Changes of Pesantren: Community Based Islamic Scholar Perception About Post-Modernism Pesantren Based on Android. Asian Social Work Journal, 3(5), 31–38. https://doi.org/10.47405/aswj.v3i5.62

Baskoro Adi Nugroho, "Hubungan Sosial Kyai dengan Santri Mukim dan Santri Kalong di Pondok Pesantren Al-Muthi'in Maguwo Banguntapan Bantul Yogyakarta". Skripsi, UIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta, 2010.

Hasan Baharun dan Lailatur Rizqiyah, “Melejitkan Ghirah Belajar Santri melalui Budaya Literasi di Pondok Pesantren.” Tadris: Jurnal Pendidikan Islam,15, no.1 (2020), 108-117. https://doi.org/10.19105/tjpi.v15i1.3048

Hermawan, H. (2017). Interaksi Islam dan Sains (Studi Historis-Fenomenologis di SMA Trensains Sragen). Cakrawala: Jurnal Studi Islam, 12(2), 101–112. https://doi.org/10.31603/cakrawala.v12i2.1702

Jasser, A. (2007). Maqasid al-Shari’ah as Philosophy of Islamic Law: A Systems Approach. The International Institute of Islamic Thought.

Jhon W, Cresswell. 2007. Qualitative Inquiry and Research Design: Choosing among Five Approaches. Edited by Lisa Shaw; Karen Greene; Denise Santoyo; Jamie Robinson Cuevas. Sage Publications. Second Edi. Sage Publications.

Khasmedia, T. (2020). 10 Website Pondok Pesantren Terpopuler Versi Khas Kempek. Https://Khaskempek.Com/10-Website-Pondok-Pesantren-Terpopuler-Versi-Khas-Kempek/. https://khaskempek.com/10-website-pondok-pesantren-terpopuler-versi-khas-kempek/

Mohammad, N. (2020). Persiapan Menghadapi Revolusi 4.0. In Peran dan Sumbangsih Ormas Islam dalam Mencerdaskan Bangsa (pp. 21–85). Pustaka Tebuireng.

Mukhibat, M. (2020). Virtual Pesantren Management in Indonesia: In Knowing Locality, Nationality, and Globality. Dinamika Ilmu, 20(1), 123–132. https://doi.org/10.21093/di.v20i1.1950

Mukhibat, Mukhibat, and Muhammad Ghafar. 2019. “Virtual Pesantren: New Trend of Islamic Education Model in Indonesia.” International Journal of Innovation, Creativity and Change 5 (2): 105–17.

Najib Mubarok. (2019). OPTIMALISASI PENERAPAN TRADISI PESANTREN SALAF BAGI SANTRI KALONG. AL-WIJDÁN: Journal of Islamic Education Studies, IV(2), 115–126.

Nasir Mohammad. (2020). Tantangan Pendidikan Tinggi Menuju Satu Abad Indonesia. In Tantangan Pendidikan Menuju Satu Abad Indonesia (pp. 1–44). Pustaka Tebuireng.

Rifa’i, A. (2009). E-Dakwah Dalam Pesantren Virtual. Millah, IX(1), 35–50. https://journal.uii.ac.id/Millah/article/view/7072/6300

Salahuddin, W. (2020). Peran dan Sumbangsih Pesantren dalam Mencerdaskan Bangsa. In Peran dan Sumbangsih Pesantren dalam Mencerdaskan Bangsa (pp. 33–72). Pustaka Tebuireng.

Syakroni, A., Zamroni, Muali, C., Baharun, H., Sunarto, M. Z., Musthofa, B., & Wijaya, M. (2019). Motivation and Learning Outcomes Through the Internet of Things; Learning in Pesantren. Journal of Physics: Conference Series, 1363(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1363/1/012084

Yusuf, M. Y., Islam, U., Uin, N., & Kalijaga, S. (2015). PESANTREN SAINS : Epistemology of Islamic Science in Teaching System. 23(November), 283–310.

Published
2021-06-10
How to Cite
Yayan Musthofa, M. Asy’ari, and Habibur Rahman. 2021. “Pembelajaran Pesantren Virtual: Fasilitas Belajar Kitab Kuning Bagi Santri Kalong”. TADRIS: Jurnal Pendidikan Islam 16 (1), 58-70. https://doi.org/10.19105/tjpi.v16i1.4543.
Section
Articles