Analisis Kurikulum Pesantren Tahfiz Alquran Nur Aisyah Dan Pesantren Modern Tahfizil Quran Yayasan Islamic Centre Sumatera Utara
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisa Taḥfîẓ Alquran dalam kurikulum Pesantren Taḥfîẓ Alquran Nur Aisyah dan Pesantren Modern Taḥfîẓil Quran Yayasan Islamic Cenre Sumatera Utara, dengan menggunakan metode penelitian kualitatif dan untuk sumber data dikumpulkan dari berbagai narasumber, dokumen, dan peristiwa-peristiwa yang di bagi menjadi dua bagian yaitu primer dan sekunder. Adapun teknik pengumpulan sumber data, menggunakan alat atau instrumen yaitu Observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik penjaminan keabsahan data di lakukan dengan berpedoman pada pendapat Moleong: yaitu perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, triangulasi, pemeriksaan teman sejawat dan teknik analisis data yang dilakukan adalah menurut Miles and huberman yaitu reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah adanya terdapat empat pola Taḥfîẓ Alquran dalam kurikulum pesantren di Kabupaten Deli Serdang yaitu pola I: Taḥfîẓ Alquran menjadi satu-satunya kurikulum di pesantren tersebut. Pola ke II, Taḥfîẓ Alquran sebagai kurikulum wajib dengan dua bentuk, yaitu kurikulum khusus Taḥfîẓ dan kurikulum pendidikan formal tingkat MTs dan MA + Taḥfîẓ.
Downloads
References
Abû Dâwud Sulaimân Bin Al-Asy'aṡ As-Sijistânî, Sunan Abî Dâud, Juz 2 (ttt: Mawâqi’ul Islâm, tt), h. 73, dalam Maktabah Syâmilah, Versi 3.64.
al-Ghausânî, Yahya Bin Abdu ar-Razaq. Hafal Alquran Mutqin dalam 55 Hari: Metode NLP (Neuro Linguistic Programming), terj: Saiful Aziz, Cet. 1. Surakarta: Qurani Press, 2017.
al-Naisyâbûrî, Muslim Bin al-Ḥajjâj Abû al-Ḥusain. Ṣaḥîḥ Muslim, Juz 14 (ttt: Mawaqi’ul Islâm, tt), h. 291, dalam Maktabah Syâmilah, Versi 3.64.
Al-Qaṭṭân, Syekh Mannâ. Pengantar Studi Ilmu Alquran, terj: ‘Aunûr Rafîq Al Mâẓnî, cet. 1. Jakarta: Pustaka Al-Kautsar, 2006.
Al Rasyidin, Falsafah Pendidikan Islam: Membangun Kerangka Ontologi, Epistemologi dan Aksiologi Praktik Pendidikan Islami. Bandung: Citapustaka Media Perintis 2015.
Al-Syaybânî, Aḥmad Bin Ḥanbal Abû ʿAbd Allâh. Musnad Aḥmad Bin Ḥambal, Juz 3 (Cairo: Yayasan Qurtabah, tt), h. 127, dalam Maktabah Syâmilah, Versi 3.64.
An-nawawî, Syekh Maḥyuddîn Abî Zakariyyâ Yaḥya Bin Syaraf. At-Tibyân: Adab menghafal Alquran, terj. Umniyyati Sayyidatul Hauro’ dkk. Solo: Al-Qowam, 2014.
Arḥam Bin Aḥmad Yasin, Agar Sehafal al-Fatihah. Bogor: Hilal Media Group, 2014.
Badan Pengembangan dan PemBinaan Bahasa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Edisi Kelima. Jakarta: Balai Pustaka, 2016.
Bruinessen, Martin Van. Kitab Kuning: Pesaintren dan Tarehat, Tradisi-Tradisi Islam di Indonesia, Cet. III. Bandung: Mizan, 1999.
Daulay, Haidar Putra. Pemberdayaan Lembaga-lembaga Pendidikan Islam di Indonesia. Medan: Perdana Publishing, 2017.
Daulay, Haidar Putra. Pertumbuhan dan perkembangan lembaga-lembaga pendidikan Islam di Indonesia. Medan: Perdana Publishing, 2016.
Departemen Pendidikan Nasional, Kamus Besar Bahasa Indonesia Pusat Bahasa, Edisi Keempat, Jakarta :Gramedia Pustaka Utama, 2008.
Ferdinan, Pelaksanaan Program Taḥfîẓ Alquran (Studi Pesantren Darul Arqam Muhammadiyah Gombara, Sulawesi Selatan, dalam Pendidikan Agama Islam Tarbawi, Vol. 3, No. 1, 2018.
Ginanjar, M. Hidayat. Aktivitas Menghafal Alquran dan Pengaruhnya Terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa (Studi Kasus Pada Mahasiswa Program Beasiswa di Ma'had Huda Islami, Tamansari Bogor), Jurnal Edukasi Islami, dalam Pendidikan Islam Vol. 6, No. 11, 2017.
Hidayat, Sedarmayanti dan Syaripudin. Metodologi Penelitian (Bandung : Mandar, 2002), h. 86.
Ismail, Muhammad. Sistem Pendidikan Pesantren Modern Studi Kasus Pendidikan Pesantren Modern Darussalam Gontor Ponorogo, dalam At-Ta’dib, Vol. 6, No. 1, 2011.
Lubis, M. Hanafiah. Efektivitas Pembelajaran Taḥfîẓ Alquran dalam Meningkatkan Hafalan Santri di Islamic Center Kabupaten Deli Serdang , dalam Ansiru,PAI Vol. 1 No. 2. 2017.
Mahmud, Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia, 2011.
Moleong, Lexy J. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2013.
Muhḍar, Atâbik Alî Ahmad Zuhdî. Qamus al-Aṣrî Karâbyâk ‘Arabî-Indonesî. Yogyakarta : Multi Karya Grafika Agung, 1998.
Pena, Tim Prima. Kamus Besar Bahasa Indonesia. ttp, Gitamedia Press : tt.
Qomar, Mujamil. Pesantren dari Transformasi Metodologi Menuju Demokratisasi Institusi. Jakarta : Erlangga, tt.
Qosim, Amjad. Sebulan Hafal Alquran. Solo: Zamzam, 2011.
Silalahi, Ulber. Metode Penelitian sosial. Bandung : Refika Aditama, 2010.
Copyright (c) 2021 TADRIS: Jurnal Pendidikan Islam
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
The journal operates an Open Access policy under a Creative Commons Non-Commercial 4.0 International license. Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a
Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License
that allows others to share — copy and redistribute the material in any medium or format, and adapt — remix, transform, and build upon the material.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (see The Effect of Open Access).