Analisis Kurikulum Pesantren Tahfiz Alquran Nur Aisyah Dan Pesantren Modern Tahfizil Quran Yayasan Islamic Centre Sumatera Utara

  • Haidar Putra Daulay Pascasarjana Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
  • Hasan Asari Pascasarjana Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
  • Fatima Rahma Rangkuti Pasca Sarjana UIN Sumatera Utara
Abstract views: 744 , PDF downloads: 638
Keywords: Taḥfîẓ Alquran, Kurikulum, Pesantrean

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisa Taḥfîẓ Alquran dalam kurikulum  Pesantren Taḥfîẓ Alquran Nur Aisyah dan Pesantren Modern Taḥfîẓil Quran Yayasan Islamic Cenre Sumatera Utara, dengan menggunakan metode penelitian kualitatif dan untuk  sumber data dikumpulkan dari berbagai narasumber, dokumen, dan peristiwa-peristiwa yang di bagi menjadi dua bagian yaitu primer dan sekunder. Adapun teknik pengumpulan sumber data, menggunakan alat atau instrumen yaitu Observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik penjaminan keabsahan data di lakukan dengan berpedoman pada pendapat Moleong: yaitu perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, triangulasi, pemeriksaan teman sejawat dan teknik analisis data yang dilakukan adalah menurut Miles and huberman yaitu reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah adanya terdapat empat pola Taḥfîẓ Alquran dalam kurikulum  pesantren di Kabupaten Deli Serdang yaitu pola I: Taḥfîẓ Alquran menjadi satu-satunya kurikulum di pesantren tersebut. Pola ke II, Taḥfîẓ Alquran sebagai kurikulum wajib dengan dua bentuk, yaitu kurikulum khusus Taḥfîẓ dan kurikulum pendidikan formal tingkat MTs dan MA + Taḥfîẓ.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abû ‘Abd Allâh Muḥammad Bin Ismâ‘îl Bin Ibrâhîm Bin Al-Mughîrah Al-Bukhârî, Ṣaḥîḥ Bukhârî, Juz 12 (ttt: Mawaqiul Islâm, tt), h. 106, dalam Maktah Syâmilah, Versi 3.64.
Abû Dâwud Sulaimân Bin Al-Asy'aṡ As-Sijistânî, Sunan Abî Dâud, Juz 2 (ttt: Mawâqi’ul Islâm, tt), h. 73, dalam Maktabah Syâmilah, Versi 3.64.
al-Ghausânî, Yahya Bin Abdu ar-Razaq. Hafal Alquran Mutqin dalam 55 Hari: Metode NLP (Neuro Linguistic Programming), terj: Saiful Aziz, Cet. 1. Surakarta: Qurani Press, 2017.
al-Naisyâbûrî, Muslim Bin al-Ḥajjâj Abû al-Ḥusain. Ṣaḥîḥ Muslim, Juz 14 (ttt: Mawaqi’ul Islâm, tt), h. 291, dalam Maktabah Syâmilah, Versi 3.64.
Al-Qaṭṭân, Syekh Mannâ. Pengantar Studi Ilmu Alquran, terj: ‘Aunûr Rafîq Al Mâẓnî, cet. 1. Jakarta: Pustaka Al-Kautsar, 2006.
Al Rasyidin, Falsafah Pendidikan Islam: Membangun Kerangka Ontologi, Epistemologi dan Aksiologi Praktik Pendidikan Islami. Bandung: Citapustaka Media Perintis 2015.
Al-Syaybânî, Aḥmad Bin Ḥanbal Abû ʿAbd Allâh. Musnad Aḥmad Bin Ḥambal, Juz 3 (Cairo: Yayasan Qurtabah, tt), h. 127, dalam Maktabah Syâmilah, Versi 3.64.
An-nawawî, Syekh Maḥyuddîn Abî Zakariyyâ Yaḥya Bin Syaraf. At-Tibyân: Adab menghafal Alquran, terj. Umniyyati Sayyidatul Hauro’ dkk. Solo: Al-Qowam, 2014.
Arḥam Bin Aḥmad Yasin, Agar Sehafal al-Fatihah. Bogor: Hilal Media Group, 2014.
Badan Pengembangan dan PemBinaan Bahasa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Edisi Kelima. Jakarta: Balai Pustaka, 2016.
Bruinessen, Martin Van. Kitab Kuning: Pesaintren dan Tarehat, Tradisi-Tradisi Islam di Indonesia, Cet. III. Bandung: Mizan, 1999.
Daulay, Haidar Putra. Pemberdayaan Lembaga-lembaga Pendidikan Islam di Indonesia. Medan: Perdana Publishing, 2017.
Daulay, Haidar Putra. Pertumbuhan dan perkembangan lembaga-lembaga pendidikan Islam di Indonesia. Medan: Perdana Publishing, 2016.
Departemen Pendidikan Nasional, Kamus Besar Bahasa Indonesia Pusat Bahasa, Edisi Keempat, Jakarta :Gramedia Pustaka Utama, 2008.
Ferdinan, Pelaksanaan Program Taḥfîẓ Alquran (Studi Pesantren Darul Arqam Muhammadiyah Gombara, Sulawesi Selatan, dalam Pendidikan Agama Islam Tarbawi, Vol. 3, No. 1, 2018.
Ginanjar, M. Hidayat. Aktivitas Menghafal Alquran dan Pengaruhnya Terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa (Studi Kasus Pada Mahasiswa Program Beasiswa di Ma'had Huda Islami, Tamansari Bogor), Jurnal Edukasi Islami, dalam Pendidikan Islam Vol. 6, No. 11, 2017.
Hidayat, Sedarmayanti dan Syaripudin. Metodologi Penelitian (Bandung : Mandar, 2002), h. 86.
Ismail, Muhammad. Sistem Pendidikan Pesantren Modern Studi Kasus Pendidikan Pesantren Modern Darussalam Gontor Ponorogo, dalam At-Ta’dib, Vol. 6, No. 1, 2011.
Lubis, M. Hanafiah. Efektivitas Pembelajaran Taḥfîẓ Alquran dalam Meningkatkan Hafalan Santri di Islamic Center Kabupaten Deli Serdang , dalam Ansiru,PAI Vol. 1 No. 2. 2017.
Mahmud, Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia, 2011.
Moleong, Lexy J. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2013.
Muhḍar, Atâbik Alî Ahmad Zuhdî. Qamus al-Aṣrî Karâbyâk ‘Arabî-Indonesî. Yogyakarta : Multi Karya Grafika Agung, 1998.
Pena, Tim Prima. Kamus Besar Bahasa Indonesia. ttp, Gitamedia Press : tt.
Qomar, Mujamil. Pesantren dari Transformasi Metodologi Menuju Demokratisasi Institusi. Jakarta : Erlangga, tt.
Qosim, Amjad. Sebulan Hafal Alquran. Solo: Zamzam, 2011.
Silalahi, Ulber. Metode Penelitian sosial. Bandung : Refika Aditama, 2010.
Published
2021-06-05
How to Cite
Daulay, Haidar Putra, Hasan Asari, and Fatima Rahma Rangkuti. 2021. “Analisis Kurikulum Pesantren Tahfiz Alquran Nur Aisyah Dan Pesantren Modern Tahfizil Quran Yayasan Islamic Centre Sumatera Utara”. TADRIS: Jurnal Pendidikan Islam 16 (1), 20-32. https://doi.org/10.19105/tjpi.v16i1.4554.
Section
Articles