HUBUNGAN KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL PESERTA DIDIK PROGRAM LAYANAN SISTEM KREDIT SEMESTER
Abstract
Keserdasan emosional, adalah kemampuan untuk mengenali emosi diri, mengelola emosi diri, memotivasi diri sendiri, mengenali emosi orang lain (empati) dan kemampuan untuk membina hubungan (kerjasama) dengan orang lain. Kecakapan diri anak di usia sekolah tentunya berhubungan erat dengan keterampilan komunikasi interpersonal. Bahkan kontrol diri merupakan salah satu komponen keterampilan emosional. Pakar psikologi emosi, Goleman mengatakan bahwa koordinasi suasana hati adalah inti dari hubungan sosial yang baik. Apabila seseorang pandai menyesuaikan diri dengan suasana hati individu lain atau dapat berempati, orang tersebut akan memiliki emosionalitas yang baik dan akan lebih mudah menyesuaikan diri dalam pergaulan sosial serta lingkungannya. Pada intinya, kecerdasan emosional merupakan komponen yang membuat seseorang menjadi pintar menggunakan emosi, kecerdasan emosional juga menyediakan pemahaman yang lebih mendalam dan lebih utuh tentang diri sendiri dan orang lain.
Fokus dari penelitian ini bertujuan: pertama, untuk mengetahui adakah hubungan kecerdasan emosional dengan keterampilan komunikasi interpersonal peserta didik semester 2 ruang 1 program layanan sistem kredit semester (SKS)? kedua, seberapa besarpengaruh kecerdasan emosional dengan keterampilan komunikasi interpersonal peserta didik semester 2 ruang 1 program layanan system kredit semester (SKS) di MTs Negeri 3 Pamekasan?
Peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif yang bersifat korelasional. Sedangkan sumber data yang diperoleh, yaitu melalui penyebaran angket, observasi, dokumentasi dan wawancara. Informannya adalah peserta didik dan guru.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh yang sangat besar antara kecerdasan emosional dengan keterampilan komunikasi interpersonal perseta didik. Dari analisis data diketahui nilai “r” dengan N atau jumlah responden 31 adalah 0.959. Sedangkan “r” product moment diperoleh nilai 0.335 (dalam taraf kepercayaan 95%) atau 0.456 (dalam taraf kepercayaan 99%). Dengan demikian “r” kerja (0. 959) lebih besar dari harga kritik product momentnya.Dengan demikian hipotesis pertama yang penulis ajukan (ada hubungan kecerdasan emosional dengan keterampilan komunikasi interpersonal peserta didik semester 2 ruang 1 program layanan sistem kredit semester (SKS) di MTs Negeri 3 Pamekasan) diterima.
Downloads
References
Afero Baghdad, Adnan. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, Bandung:2016.
Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian, Jakarta: PT.Renika Cipta, 2006.
Arikunto, Suharsimi, Prosedur Penelitian, Jakarta:Rineka, 2013.
Asrori, Muhammad,Psikologi Pembelajaran, Bandung: CV Wacana Prima, 2012.
Daryanto &Rahardjo, Muljo, Teori Komunikasi, Yogyakarta: PENERBIT GAYA MEDIA, 2016.
Margono, S, Metodologi Penelitian Pendidikan,Jakarta: Rineka Cipta, 2001.
Prawira, Purwa, Atmadja, Psikologi Pendidikan dalam Perspektif Baru, Jogjakarta: AR-RUZZ MEDIA, 2012.
Riswandi, Psikologi Komunikasi,Yogyakarta: Graha Ilmu, 2013.
P Adhi Anantyo Reza, Indrawati Endang Sri, Jurnal Empati, Semarang:2017.
Sudijono, Anas, Pengantar Statistik Pendidikan Jakarta: PT.Raja Grafindo Persada, 2003.
Supratiknya, Komunikasi Interpersonal Tinjauan Psikologis, Yogyakarta: Kanisus, 1995.
Sudijono, Anas, Pengantar Statistik Pendidikan, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2012.
Solichin, Muclish,Psikologi Belajar Dengan Pendekatan Baru,Surabaya: Salsabila Creative, 2017.
Sulistiyanto, Dimas, Upaya Meningkatkan Komunikasi Antarpribadi Melalui Penguasaan Konten Dengan Metode Kegiatan Kelompok Pada Siswa Kelas VIII F SMP Negeri Semarang Tahun Ajaran 2013/2014, tersedia: http://lib.unnes.ac.id/20087/1/1301409057.pdf, [diakses
Somantri, T, Sutjihati,Psikologi Anak Luar Biasa,Bandung: PT. Refika Aditama, 2007.
Syamsu Yusuf, Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja,Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2012.
Tiel, van, Maria, Julia,& Widyorini, Endang,Anak Cerdas Istimewa,Jakarta: Prenadamedia, 2014.
Tim Penyusun, Pedoman Karya Penulisan Ilmiah, 2015.
Thalib, Syamsul, Bachri,Psikologi Pendidikan Berbasis Analisis Empiris Aplikatif, Jakarta: Kharisma Putra Utama, 2013.
Wicaksono, Galih, dan Naqiah, Najlatun, Penerapan Teknik Bermain Peran Dalam Bimbingan Kelompok untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Interpersona Siswa KElas X Multimedia SMK IKIP SURABAYA, tersedia: file:///C:/User/microsoft/Downloads/1935-3527-1-PB.pdf
Widyantoro, Endang, dan Tiel, van, Maria, Julia, Anak Cerdas Istimewa, Jakarta: Prenada media, 2014.
Yulianto, Dion, Panduan Mendidik Anak dengan Kecerdasan di Atas Rata-rata,Jogjakarta: Javalitera, 2012.
Yusuf, Syamsu, Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja, Bandung : PT. Remaja Rosdakarya, 2012.
The journal operates an Open Access policy under a Creative Commons Non-Commercial 4.0 International license. Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a
Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License
that allows others to share — copy and redistribute the material in any medium or format, and adapt — remix, transform, and build upon the material.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (see The Effect of Open Access).