Pengaruh Kinerja Guru Bimbingan dan Konseling Terhadap Kedisiplinan Siswa SMK Al-Huda Sumbernangka Larangan Pamekasan

  • Anisah Fitriana IAIN Madura
Abstract views: 609 , PDF downloads: 454

Abstract

Kinerja guru BK merupakan perilaku yang berdampak pada layanan bimbingan dan konseling, yaitu dalam memberikan bimbingan dan pelayanan, membantu semua permasalahan dan perkembangan siswa dalam bidang pribadi-sosial, belajar dan karier, sesuai dengan kebutuhan siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kinerja guru BK terhadap kedisiplinan siswa di SMK Al-Huda Sumbernangka Larangan Pamekasan. Subyek penelitian sebanyak 64 siswa. Tehnik pengumpulan data terdiri dari kuesioner, pengamatan, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis korelasi Product Moment dan selanjutnya digunakan analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Terdapat hubungan positif dan signifikan antara kinerja guru BK dengan kedisiplinan siswa, dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,556 (rhit > rtabel, 0,556 > 0,2461); 2) Semakin tinggi kinerja guru BK, maka akan semakin tinggi juga tingkat kedisiplinan siswa. Semakin rendah kinerja guru BK, maka akan semakin rendah juga tingkat kedisiplinan siswa; 3) Terdapat pengaruh yang signifikan kinerja guru BK terhadap kedisiplinan siswa. Kinerja guru bimbingan dan konseling berpengaruh terhadap kedisiplinan siswa dengan kontribusi sebesar 31%, sedangkan 69% sisanya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dilibatkan dalam penelitian.

[The performance of guidance and counseling teachers is a behavior that has an impact on guidance and counseling services, namely in providing guidance and services, helping all problems and student development in the personal-social, learning and career fields, according to student needs. The purpose of this study was to determine the effect of guidance and counseling teacher performance on student discipline at SMK Al-Huda Sumbernangka Larangan Pamekasan. The research subjects were 64 students. Data collection techniques consisted of questionnaires, observations, and documentation. The data analysis technique used Product Moment correlation analysis and then simple linear regression analysis was used. The results showed: 1) There was a positive and significant relationship between the performance of guidance and counseling teachers and student discipline, with a correlation coefficient of 0.556 (rhit> rtabel, 0.556> 0.2461); 2) The higher the performance of the guidance and counseling teacher, the higher the level of student discipline. The lower the performance of the guidance and counseling teacher, the lower the level of student discipline; 3) There is a significant influence on the performance of guidance and counseling teachers on student discipline. The performance of guidance and counseling teachers has an effect on student discipline with a contribution of 31%, while the remaining 69% is influenced by other factors not involved in the study].

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afrilia, Vinda. 2014. “Pengaruh Kinerja Guru Terhadap Kedisiplinan Peserta Didik.” Manajemen Pendidikan 24 (4): 10.

Arsini, Yenti. 2017. “Konsep Dasar Pelaksanaan Bimbingan Konseling.” Jurnal Raudhah 5 (1). https://doi.org/10.30829/raudhah.v5i1.137.

Barnawi, dan Mohamad Arifin. 2012. Kinerja Guru Profesional. Yogyskarta: Ar-Ruzz Media.

Damin, Sudarwan, dan Suparno. 2009. Manajemen dan Kepemimpinan Transformasional Kekepalasekolahan: Visi dan Strategi Sukses Era Teknologi, Situasi Krisis dan Internasional Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Daradjat, Zakiah. 2011. Metodik Khusus Pengajaran Agama Islam. Jakarta: Bumi Aksara.

Daryanto, dan Mohammad Farid. 2015. Bimbingan Konseling Panduan Guru BK dan Guru Umum. Yogyakarta: Gava Media.

Direktorat Tenaga Kependidikan. 2008. Penilaian Kinerja Guru. Jakarta: Direktorat Tenaga Kependidikan, Dirjen PMPTK, Depdiknas.

Hartinah, Sitti. 2010. Konsep Dasar Bimbingan Kelompok. Bandung: PT Refika Aditama.

Huda, M. 2010. Kajian Filosofis Otonomi Daerah Bidang Kajian Pendidikan. Malang: UM Fakultas Ilmu Pendidikan.

Ismaya, Bambang. 2015. Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Rineka Cipta.

Kamus Besar Bahasa Indonesia. 2002. Ketiga. Jakarta: Balai Pustaka.

Masnun, Moh. 2014. “Strategi Peningkatan Kinerja Guru.” Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI 1 (2). https://doi.org/10.24235/al.ibtida.snj.v1i2.351.

Musfah, Jejen. 2015. Manajemen Pendidkan Teori Kebijakan dan Praktik. Jakarta: Prenadamedia Group.

Nurihsan, Achmad Juntika. 2010. Manajemen Pendidkan Teori Kebijakan dan Praktik. Bandung: PT Refika Aditama.

Priatna, Nanang, dan Tito Sukamto. 2013. Pengembangan Profesi Guru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Purniawati, Ria. 2018. “Pengaruh Kinerja Guru Terhadap Disiplin Belajar Siswa SMK Muhammadiyah 1 Seputih Banyak Lampung Tengah.” Skripsi, Lampung: IAIN Metro. https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/2696/1/RIA%20PURNIAWATI.pdf.

Purwanto, M. Ngalim. 2009. Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Jakarta: Remaja Rosdakarya.

Saondi, Ondi, dan Aris Suherman. 2010. Etika Profesi Keguruan. Bandung: Refika Aditama.

Subini, Nini. 2012. Awas Jangan Jadi Guru Karbitan. Jakarta: PT Buku Kita.

Sugiarti. 2017. “Layanan Bimbingan Konseling Pada Kedisiplinan Siswa Di Madrasah Tsanawiyah Negeri Penago II Seluma.” IAIN Bengkulu. http://repository.iainbengkulu.ac.id/3128/1/SKRIPSI%20SUGIARTI%20CD.pdf.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta.

Sujarweni, V. Wiratna. 2014. SPSS untuk Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Susanto. 2010. Pemikiran Pendidikan Islam. Jakarta: Amzah.

Wahyudi, Imam. 2012. Mengejar Profesionalisme Guru. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Yamin, Martinis, dan Maisah. 2010. Standarisasi Kinerja Guru. Jakarta: GP Press Group.

Published
2021-02-26
Section
Articles