Efektivitas Bimbingan Kelompok untuk Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Siswa SMK dengan Teknik Assertive Training
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kefektifan bimbingan kelompok dalam meningkatkan ketarampilan komunikasi siswa SMK dengan menggunakan teknik assertive training Subjek yang diteliti adalah siswa SMK yang memiliki tingkat keterampilan komunikasi rendah. Penelitian ini terbatas pada penggunaan Teknik Assertive Training untuk membantu meningkatkan keterampilan komunikasi siswa SMK. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah skala keterampilan komunikasi. Penelitian ini menggunakan rancangan eksperimen one-group pretest-posttest. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan tingkat keterampilan komunikasi siswa sebelum dan sesudah mendapatkan intervensi pelatihan bimbingan kelompok dengan teknik assertive training yang dianalisis menggunakan uji paired sample t-test. Selain itu, penelitian ini memiliki nilai rata-rata yang diperoleh berbeda. Hal ini menunjukkan bahwa keberhasilan perlakuan yang dilakukan dapat berbeda-beda interval peningkatannya bergantung kondisi serta permasalahan yang terjadi di lapangan. Intervensi pelatihan bimbingan kelompok dengan teknik assertive training efektif dalam meningkatkan keterampilan komunikasi siswa SMK.
[The research aimed at examining the effectiveness of group guidance in improving communication skills of the SMK by using assertive training techniques. The subjects studied is students of SMK Kesehatan Nusantar who had low levels of communication skills. This research is limited to the use of Assertive Training Techniques to help improve communication skills of students of SMK. The data collection method used was the scale of communication skills. This study used a one-group pretest-posttest experimental design. The results showed that there were differences in the level of communication skills of students before and after receiving group guidance training intervention with assertive training techniques which were analyzed using the paired sample t-test. In addition, this study has a different mean value. This shows that the success of the treatment carried out can vary in interval of increase depending on conditions and problems that occur in the field. Group guidance training interventions with assertive training techniques are effective in improving communication skills of students of Vocational School].
Downloads
References
Arumsari, Cucu Arumsari. Strategi Konseling Latihan Asertif Untuk Mereduksi Perilaku Bullying. Journal of Innovative Counseling. Tasikmalaya: 2017.
Aziz, Akhmad Rifqi. Efektivitas Pelatihan Asertivitas untuk Meningkatkan Perilaku Asertif Siswa Korban Bullying. Jurnal Konseling dan Pendidikan. Jember, 2015.
Dharmayanti, Putri Ari. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran. Bali: 2013.
Enjang. Komunikasi Konseling. Bandung: Penerbit NUANSA. 2009.
Faradita, Rizki Mutia. Dkk. Pengaruh Konseling Kelompok Dengan Teknik Assertive Training Terhadap Kemampuan Asertivitas Siswa Smpn Kota Bengkulu. Jurnal Ilmiah Bimbingan dan Konseling. Bengkulu: 2018.
Fauzan, Lutfi, dkk. Teknik-teknik Komunikasi Untuk Konselor. Malang: Universitas Negeri Malang. 2008.
Gladding, Samuel T. Konseling Profesi yang Menyeluruh. Jakarta: PT Indeks. 2015.
Hartinah, Sitti. Konsep Dasar Bimbingan Kelompok. Bandung: PT Refika Aditama. 2017.
Ituga, Almuhaimin Sarnav. Efektivitas Teknik Latihan Asertif Untuk Meningkatkan Internal Locus Of Control Siswa dalam Belajar. Jurnal Psikologi Pendidikan & Konseling. Makassar: 2017.
Katsir, Ibnu. Tafsir Ibnu Katsir. Jakarta: Pustaka Imam Syafi’i. 2016.
Kementerian Agama RI. Mushaf Al-Jalalain Mushaf Al-Qur’an Terjemahan Per Kata dan Tafsir Jalalain Per Kalimat. Bekasi: Pustaka Kibar. 2014
Khairani, Aulia, dkk. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Bimbingan Dan Konseling. Banda Aceh: 2017.
Mashudi, Farid. Psikologi Konseling. Jogjakarta: IRSiSoD. 2013.
Pontoh, Widya P. Peranan Komunikasi Interpersonal Guru Dalam Meningkatkan Pengetahuan Anak. Jurnal Acta Diurna. Manado: 2013
Prayitno. Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta: PT Rineka Cipta. 2013.
Supriatna, Mamat. Bimbingan dan Konseling Berbasis Kompetensi. Jakarta: PT Raja Grafindo. 2014.
Sugiyono. Metode penelitian kuantitatif dan R dan D. Bandung: Alfabeta. 2010.
Tohirin. Bimbingan dan Konseling di Sekolah dan Madrasah (Berbasis Integrasi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada. 2014.
Tuti, Meiri Dias. Career Planning. Yogyakarta: CV MFA. 2019.
Wahyuningrum, Sri Rizqi. Statistika Pendidikan (Konsep Data dan Peluang). Surabaya: Jakad Media Publishing. 2020.
Wijaya, Ida Suryani. Komunikasi interpersonal dan iklim komunikasi dalam organisasi. Jurnal Dakwah Tabligh. Samarinda: 2013.
Willis, Sofyan S. Willis. Konseling Individual Teori dan Praktek. Bandung: Alfabeta. 2004.
Zuhara, Evi. Efektivitas teknik sosiodrama untuk meningkatkan komunikasi interpersonal siswa (penelitian kuasi eksperimen kelas X di SMA Kartika Siliwangi 2 Bandung Tahun Ajaran 2013/2014). Jurnal Ilmiah Edukasi. Bandung: 2015.
The journal operates an Open Access policy under a Creative Commons Non-Commercial 4.0 International license. Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a
Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License
that allows others to share — copy and redistribute the material in any medium or format, and adapt — remix, transform, and build upon the material.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (see The Effect of Open Access).