Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw untuk Meningkatkan Kolaborasi Peserta Didik pada Mata Pelajaran IPS

  • Dewi Asmia Sulistia Wirandini Universitas Negeri Surabaya
  • Hafida Nurhidayati Universitas Negeri Surabaya
  • Devy Agustin Kartika Sari Universitas Negeri Surabaya
  • Nuansa Bayu Segara Universitas Negeri Surabaya
  • Titi Ningrawati Universitas Negeri Surabaya
Abstract views: 334 , PDF (Bahasa Indonesia) downloads: 347

Abstract

Peserta didik yang berada di kelas 7-E SMPN 3 Mojokerto memiliki kecenderungan dalam memilih teman ketika sedang bekerja kelompok, bahkan peserta didik kelas 7-E merasa kurang termotivasi dalam bekerja kelompok bilamana anggotanya bukan dari teman dekatnya. Penelitian ini memiliki tujuan yaitu untuk menganalisis penerapan model pembelajaran kooperatif berbentuk Jigsaw untuk meningkatkan kolaborasi peserta didik kelas 7-E SMPN 3 Mojokerto pada mata pelajaran IPS. Adapun penelitian ini dilaksanakan selama dua siklus dengan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Lokasi penelitian berada di SMPN 3 Mojokerto pada kelas 7-E. Data penelitian dikumpulkan dengan menerapkan teknik kuesioner serta observasi. Adapun hasil penelitian tindakan kelas ini didapatkan bahwasannya proses pembelajaran berbasis kooperatif Jigsaw terbukti dapat membawa peningkatan keterampilan yang mengarah pada aspek kolaborasi setiap peserta didik. Sebagaimana dapat dibuktikan dengan perolehan data angket respons siklus pertama yang dihasilkan dari peserta didik menunjukkan rata-rata sejumlah 73,4%. Hasil dari siklus kedua menunjukkan rata-rata 87,65%. Dari data angket respons yang diperoleh dari dua siklus tersebut menunjukkan adanya suatu peningkatan sebesar 14,24%. Oleh karena itu, direkomendasikan guru menerapkan proses pembelajaran Jigsaw yang digunakan sebagai upaya meningkatkan keterampilan kolaboratif peserta didiknya di kelas.  

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdullah, D. (2023). ANALYSIS OF ONLINE LEARNING MEDIA ON PJOK LEARNING. 1, 64–69.

Adrian, Y. (2013). Century learning in curriculum 2013. 14–23.

Cileunyi, S., & Barat, J. (2022). DAN KOMUNIKASI SISWA KELAS VII MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK JIGSAW. 2(2), 189–195.

Creswell, J. W. (2017). Research Design: Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif, dan Campuran. Pustaka Pelajar.

Educatio, J. (2021). Penerapan Metode Jigsaw untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Menyampaikan Informasi Berdasarkan Hasil Pengamatan. 7(4), 1551–1557. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i4.1541

Fitriyani, D., Jalmo, T., & Yolida, B. (2019). Penggunaan Problem Based Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi Dan Berpikir Tingkat Tinggi. 7(3).

Guru, P., Dasar, S., Nahdlatul, U., & Surabaya, U. (2021). Jurnal basicedu. 5(5), 3109–3116.

Indriana, V., Itaanis Tianah, Imam Khairi, A., & Oktafiana, S. (2022). Implementasi Active Learning Strategy untuk Meningkatkan Prestasi Siswa pada Mata Pelajaran IPS di SMP Islam Al-Waroqot Pamekasan. Entita: Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Dan Ilmu-Ilmu Sosial, 4(1), 79-92. https://doi.org/10.19105/ejpis.v4i1.6311

Ir, J., & Km, H. J. (2016). Penerapan Model Kooperatif JIGSAW berbasis Lesson Study untuk Meningkatkan Keterampilan Kolaboratif dan Hasil Belajar Kognitif Pendekatan dan Jenis Penelitian. 13(1), 493–497.

Jannah, R., & Utomo, B. B. (n.d.). PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN PEMBELAJARAN PPKn. 1–9.

Ngurah, I. K., Diah, P., & Toni, I. G. (2020). Model Pembelajaran Jigsaw Sebagai Salah Satu Strategi Pembelajaran PKn di Sekolah Dasar. 1(1), 57–63.

Ritonga, R. (2021). Penelitian Tindakan Kelas.

Sari, R. I., Niswah, C., & Sofyan, F. A. (2022). Hubungan Pembelajaran Collaborative Learning Terhadap Sosial Emosional Anak Usia 4-5 Tahun Di RA Muslimat NU 2 Palembang. 1(5), 1105–1113.

Sofiah Al Azizani. (2021). Peningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa melalui Pembelajaran IPS Tipe Group Investigation pada Siswa Kelas VIII SMP IC Nurul Hidayah. Entita: Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Dan Ilmu-Ilmu Sosial, 3(1), 49-64. https://doi.org/10.19105/ejpis.v3i1.4625

Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Suparta, I. G., Wesnawa, I. G. A., & Sriartha, I. P. (2020). Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar IPS Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Siswa SMP Negeri 1 Kubu. 8(April), 12–22.

Sy, N., Dermawan, H., Agus, I. P., & Hita, D. (2023). MOTIVATION AND INTEREST : DOES IT HAVE AN INFLUENCE ON PJOK LEARNING OUTCOMES IN ELEMENTARY SCHOOL. 1, 70–78.

Usman, N. (2022). The Influence of JIGSAW Learning Model and Discovery Learning on Learning Discipline and Learning Outcomes. 12(2), 166–178. https://doi.org/10.47750/pegegog.12.02.17

Wahidah. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw untuk Meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Belajar Fisika Siswa SMP. 1, 9–20.

Widodo, A., Indraswati, D., Sutisna, D., & Anar, A. P. (2020). Pendidikan IPS Menjawab Tantangan Abad 21 : Sebuah Kritik Atas Praktik Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar dikuasai siswa dalam menghadapi abad 21 hanyalah kemampuan terhadap teknologi dan. 2(2).

Published
2024-06-16
How to Cite
Dewi Asmia Sulistia Wirandini, Nurhidayati, H., Sari, D. A. K., Bayu Segara, N., & Ningrawati, T. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw untuk Meningkatkan Kolaborasi Peserta Didik pada Mata Pelajaran IPS. Entita: Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Dan Ilmu-Ilmu Sosial, 6(1), 87-104. https://doi.org/10.19105/ejpis.v6i1.13545
Section
Articles