Peer Reviewer Process

Jurnal mengikuti kebijakan review tunggal (Single blind peer review policy). Naskah dikirim ke reviewer (para ahli di masing-masing bidang) untuk mereview dengan mempertimbangkan pedoman jurnal dan fitur naskah penelitian yang berkualitas. Untuk naskah yang memerlukan perubahan, peninjau yang sama akan digunakan untuk memastikan bahwa kualitas tulisan yang direvisi dapat diterima. Jurnal mengikuti tinjauan sistematis dan kebijakan publikasi:
Langkah 1: Naskah yang dikirimkan diakui dalam 12-24 jam setelah diterima.
Langkah 2: Naskah dikirim ke reviewer. Proses review membutuhkan waktu maksimal tiga minggu.
Langkah 3: Laporan review dikumpulkan dari reviewer dan editor eksekutif akan mengirimkan laporan review ke penulis termasuk semua syarat dan ketentuan publikasi.
Langkah 4: Jika naskah diterima dengan perbaikan, editor eksekutif akan mengirimkan laporan review ke penulis/penulis terkait termasuk permintaan resmi untuk memperbaiki naskah dalam tujuh hari sesuai saran dari reviewer. Penulis akan mengirimkan naskah yang diperbaiki ke pengulas yang sama dari makalah tersebut untuk membenarkan. Jika naskah dikembalikan oleh reviewer maka dikatakan paper tersebut akhirnya ditolak. Jurnal tidak akan melanjutkan dengan makalah tersebut. Namun, dalam kasus perubahan yang sangat kecil, dewan editorial dapat mempertimbangkan naskah tersebut untuk modifikasi lebih lanjut.
Langkah 5: Naskah yang diterima akan diproses untuk publikasi (soft copy) setelah berhasil menyelesaikan syarat dan ketentuan jurnal.
Langkah 6: Bukti Membaca. Editor eksekutif akan mengirimkan naskah yang telah diproses untuk publikasi (MS Word) ke penulis/penulis terkait untuk pembacaan bukti.
Langkah 7: Naskah ini diterbitkan online terlebih dahulu. Editor eksekutif akan memberi tahu penulis terkait tentang publikasi online dengan tautan unduhan yang diperlukan. Penulis terkait dapat meminta koreksi dalam naskah yang diterbitkan (jika ada perubahan yang sangat penting) dalam waktu satu minggu setelah publikasi online.
Langkah 8: Jurnal diterbitkan dalam bentuk cetak dalam tiga sampai empat minggu setelah publikasi online.