REPRESENTASI PESAN-PESAN DAKWAH DALAM FILM AYAT-AYAT CINTA
Abstract views: 256
,
PDF downloads: 1151
Keywords:
Ayat-Ayat Cinta, Semiotika, Roland Barthes, verbal, nonverbal
Abstract
Film memiliki potensi untuk memengaruhi dan membentuk masyarakat
berdasarkan muatan pesan dibaliknya. Salah satu film yang cukup fenomenal
adalah film Ayat-Ayat Cinta. Film ini sarat dengan pesan-pesan dakwah.
Karenanya, kajian ini dilakukan untuk mengetahui representasi pesan-pesan
dakwah secara verbal dan nonverbal dalam film Ayat-Ayat Cinta. Kajian ini
menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan analisis
semiotika Roland Barthes untuk mengetahui makna denotatif, makna
konotatif, dan mitos/ideologi yang tersembunyi dalam film tersebut. Teknik
pengumpulan data dilakukan dengan studi dokumentasi, studi kepustakaan,
dan wawancara mendalam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa film AyatAyat
Cinta merupakan film yang merepresentasikan pesan-pesan dakwah,
baik pesan verbal maupun pesan nonverbal. Pesan-pesan dakwah verbal ada
yang bersifat mengajak, seperti anjuran menikah, menjunjung tinggi
perempuan, dan berperilaku adil dalam berpoligami, hubungan sesama
Muslim. Ada yang bersifat melarang, seperti dilarang bersentuhan dengan
yang bukan mahramnya. Demikian juga, pesan-pesan dakwah nonverbal ada
yang bersifat mengajak, seperti menjaga pandangan untuk menghindari zina
mata dan mengerjakan shalat sebagai media komunikasi spiritual, dan ada
yang bersifat melarang, seperti aurat laki- laki.
berdasarkan muatan pesan dibaliknya. Salah satu film yang cukup fenomenal
adalah film Ayat-Ayat Cinta. Film ini sarat dengan pesan-pesan dakwah.
Karenanya, kajian ini dilakukan untuk mengetahui representasi pesan-pesan
dakwah secara verbal dan nonverbal dalam film Ayat-Ayat Cinta. Kajian ini
menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan analisis
semiotika Roland Barthes untuk mengetahui makna denotatif, makna
konotatif, dan mitos/ideologi yang tersembunyi dalam film tersebut. Teknik
pengumpulan data dilakukan dengan studi dokumentasi, studi kepustakaan,
dan wawancara mendalam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa film AyatAyat
Cinta merupakan film yang merepresentasikan pesan-pesan dakwah,
baik pesan verbal maupun pesan nonverbal. Pesan-pesan dakwah verbal ada
yang bersifat mengajak, seperti anjuran menikah, menjunjung tinggi
perempuan, dan berperilaku adil dalam berpoligami, hubungan sesama
Muslim. Ada yang bersifat melarang, seperti dilarang bersentuhan dengan
yang bukan mahramnya. Demikian juga, pesan-pesan dakwah nonverbal ada
yang bersifat mengajak, seperti menjaga pandangan untuk menghindari zina
mata dan mengerjakan shalat sebagai media komunikasi spiritual, dan ada
yang bersifat melarang, seperti aurat laki- laki.
Downloads
Download data is not yet available.
Published
2015-02-24
How to Cite
Wahyuningsih, Sri. 2015. “REPRESENTASI PESAN-PESAN DAKWAH DALAM FILM AYAT-AYAT CINTA”. KARSA Journal of Social and Islamic Culture 21 (2), 315-39. https://doi.org/10.19105/karsa.v21i2.524.
Section
Original Articles
The journal operates an Open Access policy under a Creative Commons Non-Commercial Share-Alike license. Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.