IMPLEMENTASI PEMBIASAAN MEMBACA NADHOM IMRITHI PRA PEMBELAJARAN DALAM MENINGKATKAN HAFALAN SANTRI KECIL PONDOK PESANTREN DARUS SYAKIRIN GRUJUGAN LARANGAN PAMEKASAN
Abstract
Kajian tentang Pondok Pesantren dengan ragam jenis dan inovasi-inovasi programnya yang kian hari semakin dinamis progresif memang selalu menarik perhatian para peneliti. Salah satunya, adalah adanya motivasi dan prestasi sebagian besar santri PP. Darus Syakirin Grujugan Larangan Pamekasan yang rerata masih kecil dan berusia sekitar 11 tahun, namun telah mampu menghafal 254 bait nadhom imrithi lengkap dengan “murod” atau pemahamannya dalam waktu yang relatif singkat sekitar 5 bulan, hanya dengan cara pembiasaan membaca nadhom imrithi pra pembelajaran di pagi hari setelah berjamaah shalat subuh dan malam hari setelah berjamaah shalat isya’ dengan sistem evaluasi penyetoran hafalan tanpa target sesuai kehendak santri setelah berjamaah shalat dhuhur dan pelaksanaan “takror” atau pengulangan membaca bersama hingga “khatam” atau tuntas setiap malam selasa dan malam jum’at.
Downloads
References
Abd. Qodir, Pendiri dan Pengasuh PP. Darus Syakirin, Wawancara langsung (1/8/2023).
Abd. Qodir, Pendiri dan Pengasuh PP. Darus Syakirin, Wawancara langsung (5/8/2023).
Abdul Qoyyum, dkk, Keajaiban Hafalan, Bimbingan Bagi Yang Ingin Menghafal Al-Qur’an, Jogjakarta: Pustaka Al-Haura’, 2019.
Ainul Yaqin, Kontribusi Kurikulum Pendidikan Pesantren An-Nâsyiin Dalam Mewujudkan Tujuan Pendidikan Nasional, (BP3M ‘Ulumuna STAI Miftahul Ulum Pamekasan, Jurnal Studi Keislaman: Vol 1 No 2 Desember 2015).
Ainul Yaqin, Tafsir Ayat-Ayat Pendidikan, Pamekasan: Duta Media, 2016.
Albi Anggito, Johan setiawan, Metodologi Penelitian Kualitatif, Sukabumi: CV. Jejak, 2018.
Armai Arif, Pengantar Ilmu dan Metodologi Pendidikan Islam, Jakarta: Ciputat Press, 2012.
Aulya Hamidah Mansyuri, dkk. Optimalisasi Peran Pesantren dalam Lembaga Pendidikan Islam di Era Modern, IAIN Ponorogo: Ma’alim Jurnal Pendidikan Islam Vol. 4 No. 1, 2023.
Dokumentasi PP. Darus Syakirin, 2022.
Fatah Syukur, Dinamika Pesantren dan Madrasah, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2018.
Husniyatul Mukarromah, Ustadzah PP. Darus Syakirin, Wawancara Langsung (5/8/2023).
Ibrahim bin Muhammad bin Ahmad asy-Syafi’ie al-Baijuri, Fathu Rabbil Bariyah Ala al-Durrat al-Bahiyah Nadhmu al-Ajurrumiyah, Libanon: DKI, 2013.
Kontributor Kementerian Agama RI, Pesantren: Dulu, Kini, dan Mendatang, dalam: https://kemenag.go.id/opini/pesantren-dulu-kini-dan-mendatang-ft7l9d (Diakses 24/7/2023).
Lexy J. Moleong, Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: PT. Remaja RosdaKarya, 2017.
M. Burhan Bungin, Metodologi Penelitian Kualitatif, Jakarta: Kencana, 2018.
M. Sulthon Masyhud dan Moh. Khusnuridlo, Manajemen Pondok Pesantren, Jakarta: Diva Pustaka, 2003.
Moh. Azhar Fuadi, Santri PP. Darus Syakirin, Wawancara Langsung (5/8/2023).
Moh. Haitami Salim & Syamsul Kurniawan, Studi Ilmu Pendidikan Islam, Jogjakarta: Ar-Ruzz Media, 2012.
Moh. Nazir, Metode Penelitian, Jakarta: Ghalia Indonesia, 2014.
Mujamil Qomar, Pesantren: Dari Transformasi Metodologi Menuju Demokratisasi Institusi, Jakarta: Erlangga, 2005.
Musarwan, dkk. Evaluasi Pembelajaran (Konsep, Fungsi dan Tujuan) Sebuah Tinjauan Teoritis, STAI Ma’arif Kalirejo: Jurnal Kajian Pendidikan Islam, Vol. 1 No. 2, 2022.
Muslim, Pertumbuhan Institusi Pendidikan Awal di Indonesia: Pesantren, Surau dan Dayah, IAIN Langsa: Jurnal Bilqolam Pendidikan Islam, 2021.
Novan Ardy Wiyani, Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini, Yogyakarta: Gava Media, 2014.
Ridlwan Nasir, Mencari Tipologi Format Pendidikan Ideal, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2005.
Sri Marwiyati, Penanaman Pendidikan Karakter melalui Pembiasaan, IAIN Kudus: Jurnal ThufuLA Vol. 9, No. 2, 2020.
Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R & D, Bandung: ALFABETA, 2019.
Sunnatullah, Nazham Imrithi Kitab Praktis Cara Baca Kitab Kuning dalam: https://www.nu.or.id/pustaka/nazham-imrithi-kitab-praktis-cara-baca-kitab-kuning-HTBbh (Diakses 26/7/2023).
Syaiful Bahri Djamarah dan Aswan Zain, Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: Rineka Cipta, 2014.
Syaiful Bahri Djamarah, Psikologi Belajar, Jakarta: Rineka Cipta, 2015.
Syarafuddin Yahya al-Imrithi, Nadhmu al-Imrithi Ala Matni al-Ajurrumiyah, Surabaya: Al-Hidayah, Tt.
Tatang Hidayat, dkk. Peran Pondok Pesantren Sebagai Lembaga Pendidikan Islam di Indonesia, Bandung: Jurnal Pendidikan Islam Vol. 7, No. 2, 2019.
Tim Redaksi, Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Baru, Jakarta: Pustaka Phoenix, 2007.
Yahya bin ‘Abdurrazaq Al-Ghausani, Terobosan Terbaru Cepat Hafal Al-Qur’an, Yogyakarta: Semesta Hikmah, 2017.
Copyright (c) 2024 Ainul Yaqin Ainul
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.