KEPRIBADIAN SANTRI MELALUI PENDIDIKAN AKHLAK DI PONDOK PESANTREN MIFTAHUL ULUM SUMBERJATI KADUR PAMEKASAN
Abstract
ABSTRACT
This article describes the programs at Miftahul Ulum Islamic Boarding School Sumberjati Kadur Pamekasan which tend to build the personality of students. These programs provide the values of discipline and good moral habits. This research uses a descriptive qualitative approach. The results of the research show that the implementation of moral education is carried out directly by ustadz and Muslim teachers. The inhibiting factors include the awareness of the students, the diversity of the students and limited infrastructure. Meanwhile, the supporting factor is cooperation between the ustadz, Muslim teachers and the students in forming the students' personalities.
ABSTRAK
Artikel ini menguraikan program-program di Pondok Pesantren Miftahul Ulum Sumberjati Kadur Pamekasan yang bertendensi membangun kepribadian santri. Program-program tersebut memberikan nilai-nilai kedisiplinan dan pembiasaan akhlak yang baik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi pendidikan Akhlak dilakukan langsung oleh ustadz dan muallim. Adapun faktor penghambat meliputi kesadaran para santri, beragamnya santri serta keterbatasan sarana prasarana. Sedangkan faktor pendukungnya yaitu kerjasama antara ustadz, muallim dan para santri dalam membentuk kepribadian santri.
Downloads
References
al-Abrasyi, M. Athiyah. Dasar-Dasar Pokok Pendidikan Islam. Jakarta: Bulan Bintang, 2004.
Alim, Muhammad. Pendidikan Agama Islam Upaya Pembentukan Pemikiran dan Kepribadian Muslim. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2006.
Aminuddin, dkk. Pendidikan Agama Islam untuk Perguruan Tinggi. Jakarta: Ghalia Indonesia, 2002.
Arief, Armai. Pengantar Ilmu dan Metodologi Pendidikan Islam. Jakarta: Ciputat Press, 2002.
Asari, Hasan. Nukilan Pemikran Islam Klasik, Gagasan Pendidikan Abu Hamid Al-Ghazali. Medan: IAIN PRESS, 2012.
Azra, Azyumardi. Pendidikan Islam: Tradisi dan modernisasi menju milenium baru. Jakarta : Logos, 2002.
Azwar, Saifuddin. Metode Penelitian. Yogyakarta; Pustaka Pelajar, 2007.
Darmadi, Hamid. Metode Penelitian Pendidikan Dan Sosial; Konsep Dasar Dan Implementasinya. Bandung: Alfabeta, 2013.
Dhofier, Zamakhsyari. Tradisi Pesantren: Studi Tentang Pandangan Hidup Kyai. Cet.I. Jakarta:LP3ES,1982.
Hadari, Nawawi. Pendidikan Dalam Islam. Surabaya: Al Ikhlas, 1993.
J. Moleong, Lexy. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya, 1998.
Jalaluddin. Psikologi Agama. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2011.
Malik, Imam. Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta: Teras, 2011.
Manan, Abdul dan A. Syifaul Qulub. Pendidikan Agama Islam untuk Pendidikan Perguruan Tinggi. Sidoarjo: Laros, 2010.
Muhammad Awwad, Jaudah. Mendidik Anak Secara Islami. Jakarta; Gema Insani Press, 2003.
Muhammad, Azmi. Pembinaan Akhlak Anak Usia Dini Pra Sekolah. Yogyakarta: Belukar, 2006.
Nashih Ulwan, Abdulah. Tarbiyatul Aulad filIslam Juz I, penerjemah Saifullah Kamalie, Lc dan Hery Noer Ali. Judul terjemahan Pedoman Pendidikan Anak dalam Islam. Semarang: Asy-Syifa, Juz I, 1981.
Noer Aly, Hery dan Munzeir. Watak Pendidikan Islam. Jakarta: Friska Agung Insani, 2000.
Quin Patton, Micheal. Metode Evaluasi Kualitatif. cet II. Yogyakarta; Pustaka Pelajar, 2009.
Satori, Djama’ah dan Aan Komariah. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung, Alfabeta, 2011.
Tholhah Hasan, Muhammad. Prospek Islam dalam Menghadapi Tantangan Zaman. Jakarta: Lantabora Press, 2003.
Tohirin. Psikologi Pembelajaran PAI. Jakarta; Sarana Mandiri Offset, 2003.
Zuhairini. Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara, 2009.
Copyright (c) 2024 Zainal
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.