IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BACA TULIS AL-QUR’AN DENGAN METODE UMMI DI MTsN 1 JOMBANG
Abstract
ABSTRACT
So far, the implementation of learning to read and weite the al-Qur’an has only been found in non-formal institutions, and for now there are already in formal institution, but only a small proportion have been able to apply various methods such as qiroati, tilawati, attartil, ummi, and so on in learning to read and write the Qur’an, one of the institutions that has implemented the method in learning to read and write the Qur’an is at Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Jombang which chooses the Ummi method to be applied in this learning with the aim of being able to achieve maximum results.
ABSTRAK
Selama ini implementasi pembelajaran baca tulis al-Qur’an hanya terdapat di lembaga non-formal, dan untuk saat ini sudah ada di lembaga formal akan tetapi hanya sebagian kecil yang sudah mampu menerapkan berbagai metode seperti halnya Qiroati, Tilawati, Attartil, Ummi, dan lain sebagainya dalam pembelajaran baca tulis al-Qur’an, salah satu lembaga yang sudah menerapkan metode dalam pembelajaran baca tulis al-Qur’an yakni di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Jombang yang mana mimilih metode ummiuntuk diterapkan dalam pembelajaran tersebut dengan tujuan mampu mencapai hasil secara maksimal.
Downloads
References
DAFTAR PUSTAKA
Foundation, Ummi, Modul sertifikasi Metode Ummi, Surabaya: Ummi Foundation, 2012
Ghony, M. Djumaidi & Fauuzan al Mansur, Metodologi Pnelitian Kualitatif, Yogyakarta: ArRuuz Media, 2012
Hosna, Rofiatul dan Samsul, Menjlitkan Pembelajaran dengan Prinsip Belajar. Malang: Intlegensia Media, 2015
Kurniya, Agus, Implementasi Metode AlHidayah di dalam Pembelajaran Baca Tulis alQur’an, Jurnal Tasqif, Jurnal Pemikiran dan Peneltian Pendidikan, Vol. 15, No. 1, 2017
Kusuma, Yuuanda, “Model Perkembangan Pembelajaran BTQ di TPQ/TPA Indonesia”, Jurnal Agama Islam,no. 1, 2018
Mahmud, Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: CV Pustaka Setia, 2011
QS. Al-Alaq (96): 1-5
Saanjaya, Wina, Setrategi Pembelajaran, Jakarta: Kencana Prenada Mdia Grup, 2016
Selameto, Belajar dan Faktor yang Mempengaruhi, Jakarta: Rineka Citra, 2010
Sugiono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung: Alfabet, 2016
Sujiono, Anas, Pengantar Evaluasi Pendidikan, Jakarta: Rajawali Pres, 2003
Copyright (c) 2020 Dewi Ismatul Millah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.