ANALISIS BAHAN AJAR SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM KELAS X SEMESTER 1 BAB III “PENAKLUKAN KOTA MEKKAH (FATHU MEKKAH)”
Abstract
ABSTRACT
This study aims to determine the conception of the application of Bloom's taxonomy in three domains, namely cognitive, affective, and psychomotor in learning the history of Islamic culture. This study uses descriptive qualitative analysis of documents or teaching materials. In the cognitive domain, there is a lot of knowledge that students can understand about the Fathu Mecca event, such as how the process of the Fathu Mecca event occurred. The results of the analysis of the affective domain, namely students can take compassion and imitate the good attitudes of the characters and can also leave bad attitudes from the characters. The results of the analysis of the psychomotor domain, namely that the teacher can provide examples of movements for how to convey a story, students can imitate them with skills and the ability to act.
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsepsi dari penerapan taksonomi bloom dalam tiga ranah yaitu kognitif, afektif, dan psikomotorik dalam pembelajaran sejarah kebudayaan Islam. Penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif dengan analisis dokumen atau bahan ajar. Dalam Ranah kognitif menyatakan bahwa materi pristiwa Fathu mekkah ini ada banyak pengetahuan yang bisa di pahami oleh peserta didik, seperti bagaimana proses pristiwa fathu mekkah. Hasil analisis ranah afektif, yakni peserta didik bisa mengambil ibrah dan mencontoh sikap yang baik dari para tokoh dan juga bisa meninggalkan sikap yang tidak baik dari para tokoh. Hasil analisis ranah psikomotorik, yakni pendidik bisa memberikan contoh gerakan cara menyampaikan alkisah maka peserta didik bisa menirukan dengan ketrampilan (skill) dan kemampuan bertindak
Downloads
References
Madrasah, Direktorat Kskk, Direktorat Jenderal, Pendidikan Islam, Kementerian Agama, And Republik Indonesia. “Keputusan Menteri Agama Tentang” (2019).
Magdalena, Ina, And Amilanadzma Hidayah. “Kognitif , Afektif , Psikomotorik Siswa Kelas Ii B Sdn Kunciran 5 Tangerang” 3 (2021): 48–62.
Syaifullah, Muhammad, And Nailul Izzah. “Kajian Teoritis Pengembangan Bahan Ajar Bahasa Arab.” Arabiyatuna : Jurnal Bahasa Arab 3, No. 1 (2019): 127.
Handayani, Ni Nyoman Lisna. 2020. ‘Taksonomi Bloom – Revisi Ranah Kognitif (Kerangka Landasan Untuk Pembelajaran, Pengajaran, Dan Penilaian)’, Widyacarya.
Hanafi, M. 2012. Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam, Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama Ri.
Hamid, Abd Rahmad. Dkk. 2014. Pengantar Ilmu Sejarah, Yogyakarta: Ombak.
Haryono, 1999. Mempelajari Sejarah Secara Efektif, Jakarta: Pt Dunia Pustaka Jaya.
Fahrudiin, Imam. “Analisis Buku Ajar Sejarah Kebudayaan Islam Menurut Badan Standar Nasional Pendidikan.” Tarlim : Jurnal Pendidikan Agama Islam 3, No. 1 (2020): 15–26.
Madrasah, Direktorat Kskk, Direktorat Jenderal, Pendidikan Islam, Kementerian Agama, And Republik Indonesia. “Keputusan Menteri Agama Tentang” (2019).
Magdalena, Ina, And Amilanadzma Hidayah. “Kognitif , Afektif , Psikomotorik Siswa Kelas Ii B Sdn Kunciran 5 Tangerang” 3 (2021): 48–62.
Syaifullah, Muhammad, And Nailul Izzah. “Kajian Teoritis Pengembangan Bahan Ajar Bahasa Arab.” Arabiyatuna : Jurnal Bahasa Arab 3, No. 1 (2019): 127.
Copyright (c) 2023 jauhariassaronji06 jauhari06, Muhammad Miftah, Muhammad Bagus Firmansyah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.