Strategi Kompetitif Dalam Lembaga Pendidikan
Abstract
Maraknya pertumbuhan lembaga pendidikan dalam tahun terakhir ini menunjukkan dinamisnya perkembangan sektor pendidikan. Meningkatnya kesadaran akan pendidikan menjadi salah satu unsur yang mendorong tumbuh dan berkembangnya berbagai lembaga pendidikan. Namun demikian, kompetisi kualitas pendidikan menjadi penilaian utama dalam mengembangkan lembaga pendidikan yang semakin menjamur di lingkungan kita. Lembaga pendidikan yang berhasil tumbuh dengan baik yaitu lembaga pendidikan yang mampu mengembangkan strategi kompetitif dengan cara melihat peluang yang ada, selain selalu melakukan pengembangan secara berkelanjutan. Dalam mencapai semua keinginan tersebut, diperlukan beberapa strategi. Keunggulan kompetitif adalah salah satu kemampuan untuk memformulasi strategi pencapaian peluang dan minat konsumen melalui maksimisasi penerimaan dari investasi yang dilakukan. Sehingga strategi kompetitif menjadi salah satu solusi utama dalam melihat persaingan lembaga pendidikan.
Kata Kunci: Strategi, Kompetitif, Lembaga Pendidikan
Downloads
References
Arsyad, Azhar. Pokok-Pokok Manajemen. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2003.
Bahauddin, Taufik. Azaz-Azaz Manajemen. Bandung: Kaifa, 2003.
Craven, David. Pemasaran Strategis. Jakarta: Erlangga, 1998.
David, Fred David. Manajemen Strategis. Yogyakarta: Andi, 2001.
Davidson, Jeff. Change Management, terj. Dudy Priatna. Jakarta: Prenada Media, 2005.
Fathurrahman, Muhammad dan Sulistyorini. Implementasi Manajemen Mutu Pendidikan Islam. Yogyakarta: Teras, 2012.
Hidayat, Ara & Imam Machali. Pengelolaan Pendidikan Konsep, dan Aplikasi dalam Mengelola Sekolah dan Madrasah. Yogyakarta: Kaukaba, 2012.
Http://www.google.com/search.doc+literatur+keunggulan kompetitif akses pada 27 maret 2017.
Hunger, David dan Thomas Wheleen. Manajemen Strategis. Yogyakarta: Penerbit ANDI, 2003.
Kotler dan Amstrong, Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga, 2001.
Kurtz. Pengantar Bisnis Kontemporer. Jakarta: Salemba, 2008.
Muhammad, Suwarsono. Manajemen Strategik; Konsep dan Kasus. Yogyakarta: UPP AMP YKPN, 2004.
Muhammad, Suwarsono. Manajemen Strategik; Konsep dan Kasus. Yogyakarta: UPP AMP YKPN, 2008.
Mulyadi, Deddy. Perilaku Organisasi dan Kepemimpinan Pelayanan (Bandung: Alfabeta, 2015.
Partowidagdo. Mengenal Pembangunan dan Analisis Kebijakan. Jakarta: UI, 2004.
Pearce and Robinson. Manajemen Strategi. Jakarta: Salemba, 2003.
Pearce dan Robinson. Manajemen Strategik, Formulasi, Implementasi dan Pemgendalian. Jakarta: Binarupa Aksara, 1997.
Porter, M.E. Competitive Advantage of Nations. Harvard: Business School, 2003.
Russell-Jones, Neil. The Managing Change Pocketbook. Inggris: U.K Management Pocketbooks Ltd, 2000.
Umar, Husein. Strategik Manajemen In Action. Jakarta: PT. Gramedia Pustakama, 2003.
Umar, Husein. Strategik Manajemen In Action. Jakarta: PT. Gramedia Pustakama, 2003.
Walker, Boyd dan Larreche. Manajemen Pemasaran; Suatu Pendekatan Strategis dengan Orientasi Global. Jakarta: Erlangga, 2000.
Wibowo. Manajemen Perubahan. Jakarta: Rajawali, 2011.
Winardi. Manajemen Perubahan. Jakarta: Kencana, 2006.
Copyright (c) 2017 TADRIS: Jurnal Pendidikan Islam
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
The journal operates an Open Access policy under a Creative Commons Non-Commercial 4.0 International license. Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a
Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License
that allows others to share — copy and redistribute the material in any medium or format, and adapt — remix, transform, and build upon the material.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (see The Effect of Open Access).