KOMPETENSI SPIRITUAL GURU PAUD PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM

  • Safrudin Aziz Insitut Agama Islam Negeri Purwokerto
Abstract views: 857 , PDF downloads: 734

Abstract

Meskipun  tidak  termuat  dalam  Undang-Undang  Sisdiknas  ataupun  Permendiknas, kepemilikan  kompetensi  spiritual  bagi  guru  sampai  kapanpun  mutlak  menjadi  sebuah keniscayaan. Perihal tersebut dilatarbelakangi dengan semakin bertambahnya angka kejahatan serta tindak kekerasan, dekadensi moral remaja melampaui titik nadir kehidupan, perzinaan dan perselingkuhan seolah menjadi  hiasan membanggakan bahkan  ibadah sebatas dianggap sebagai ritualitas tanpa makna. Semua itu terjadi akibat sistem pendidikan di Indonesia ma sih bersifat kognitif and skill oriented. Selain berbagai bentuk perilaku a  moral, spiritualitas anak usia dini umumnya masih bersifat  imitasi,  sebatas  meniru,  ego  sentris  dan  tidak  mendalam  (unreflective).  Sehingga menumbuhkembangkan nilai-nilai spiritual bagi anak usia dini memerlukan bimbingan serta pengajaran  dari  guru  secara  tepat.  Dalam  konteks  inilah,  guru  harus  memiliki  seperangkat kompetensi spiritual baik secara personal maupun profesional. Kompetensi personal spiritual diwujudkan  dalam  bentuk  kesalehan  diri  sendiri  dalam  mengimplementasikan  nilai-nilai spiritual. Sementara  kompetensi profesional spiritual diwujudkan dalam  mengajarkan  nilai nilai spiritual kepada peserta didik secara tepat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Daftar Pustaka

Agus R., Abu Hasan. Membina Kecerdasan Spiritual Anak Sebuah Kecerdasan Yang Terabaikan, Jurnal Lisan Al-Hal, Volume 6, No. 1. 2014.

al-Abrasyi, Mohammad Athiyah. Dasar-Dasar Pokok Pendidikan Islam, Terj. Bustami A. Gani dan Djohar Bahry. Jakarta: Bulan Bintang. 1970.

An-Nahlawi, Abdurrahman. Prinsip-Prinsip dan Metode Pendidikan Islam. Bandung: CV. Diponegoro. 1992.

Falah, Maslahul. 2005. Tinjauan EQ dan SQ untuk Memberi Nama Bayi. Yogyakarta: Media Insani, 2005.

Judiani, Sri. Kreativitas dan Kompetensi Guru Sekolah Dasar, Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, Vol. 17 No. 1. 2011.

KD-1 Kompetensi Dasar Sikap Spiritual PAUD K-13, http://paudjatengxahzgs.com/2016/01/kompetensi-dasar-sikap-spiritual-paud.html. accessed: 10 Januari 2017.

Mansur. Pendidikan Anak Usia Dini dalam Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. 2005.

Marimba, Ahmad D. Pengantar Filsafat Pendidikan Islam. Bandung: al-Ma’arif. 1989.

Muhaimin et.al., Paradigma Pendidikan Islam: Upaya Mengefektifkan Pendidikan Agama Islam di Sekolah. Bandung, Remaja Rosdakarya. 2002.

Nizar, Samsul. Filsafat Pendidikan Islam: Pendekatan Historis, Teoritis dan Praktis. Jakarta: Ciputat Press. 2002.

Siswanto, Wahyudi dkk.,Membentuk Kecerdasan Spiritual Anak. Jakarta: Amzah.

www.muthahhari.or.id/doc/artikel/sqanak.htm (tidak diterbitkan). Accessed: 7 Pebruari 2017.

Yuliyatun. Mengembangkan Kecerdasan Spiritual Anak Melalui Pendidikan Agama.Thufula, Volume 1, Nomor 1. 2013.

Zohar dan Marshall. 2000. SQ: Spiritual Intelligence the Ultimate Intellegence. Soho Square London: Vloomsbury Publishing.

Zohar, Danah dan Marshall, Ian. SQ Memanfaatkan Kecerdasan Memaknai Kehidupan, Terj. Rahmi Astuti – Ahmad Nadjib Burhani. Bandung: Kronik Indonesia Baru. 2001.

Zohar, Danah. Dkk., Jalaludin. SQ Memanfaatkan Kecerdasan Spiritual dalam Berfikir Integralistik, Holistic Untuk Memaknai Hidup. Bandung: Mizan.2002.

Published
2017-07-13
How to Cite
Aziz, Safrudin. 2017. “KOMPETENSI SPIRITUAL GURU PAUD PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM”. TADRIS: Jurnal Pendidikan Islam 12 (1), 63 - 78. https://doi.org/10.19105/tjpi.v12i1.1286.
Section
Articles