REFORMULASI PENDIDIKAN PESANTREN DALAM DIALEKTIKA KONTEKS MASYARAKAT GLOBAL
Abstract
Pesantren sebagai lembaga pendidikan yang bersifat nonformal harus mengadakan perubahan dan pembaharuan guna menghasilkan generasi-generasi yang tangguh, generasi yang berpengetahuan luas dengan kekuatan jiwa pesantren dan keteguhan mengembangkan pengetahuan yang tetap bersumber pada al-qur’an dan hadis. Dalam perkembangan zaman,pesantren saat ini berhadapan dengan arus globalisasi dan modernisasi yang ditandai dengan cepatnya laju informasi dan teknologi. “Karena itu, pesantren harus melakukan perubahan format, bentuk, orientasi dan metode pendidikan dengan catatan tidak sampai merubah visi, misi dan orientasi pesantren itu, akan tetapi perubahan tersebut hanya pada sisi luarnya saja, sementara pada sisi dalam masih tetap dipertahankan.
Downloads
References
Daftar Pustaka
Abdullah, Amin, Islamic Studies Dalam Paradigma Integrasi-Interkoneksi,Yogyakarta: Suka Press. 2007.
Assegaf, Rachman Abd. Pendidikan Islam Kontekstual, Yogyakarta: Pustaka Pelajar. 2010.
Azra, Azyumardi. Pendidikan Islam Tradisi Dan Modernisasi Menuju Milenium Baru, Ciputat: PT Logos Wacana Ilmu.2000.
Daulay, Putra Haidar. Pendidikan Islam Dalam Sistem Pendidikan Nasional Di Indonesia, Jakarta: Prenada Media. 2004.
Khafifi, Muhammad. Pembaharuan Sistem Pendidikan Pesantren, makalah
Koncara, Lusiandani, Eka. Konsep Pemba-haruan Dalam Is-lam, Purwakarta. Makalah
Maunah, Binti. Supervisi Pendidikan Islam Teori dan Praktek (Yogyakarta: Te-ras, 2009) hal 270-273.
Maunah. Tradisi Intelektual Santri Dalam Tantangan Dan Hambatan Pendidikan Pesantren Di Masa De-pan, Yogyakarta: Teras. 2009.
______ . Supervisi Pendidikan Islam Teori dan Praktek, Yogyakarta: Teras. 2009.
Nahrawi, Amirudin. Pembaharuan Pendi-dikan Pesantren, Yogyakarta: Gama Media. 2008.
Rahardjo, Dawam. Pergulatan Dunia Pe-santren Dari Bawah, Jakarta: P3M. 1985.
Roqib, Moh. Ilmu Pendidikan Is-lam, Yogyakarta: LkiS Yogyakarta. 2009.
Sanaky, AH. Hujair. Paradigma Pendidikan Islam Membangun Masyarakat Ma-dani Indonesia, Yogyakarta: Safiria Insania Press. 2003.
http://www.arwaniyyah.com/index.php?op-tion=com_content&view=article&id=62:pesantren-dan-tantangan-zaman&catid=40:artikel-lepas&Itemid=54. diakses tgl 04-04-2012, Pukul 13.57 WIB.
http://www.scribd.com/doc/25136062/Makalah-Manajemen-Pesantren, diakses tgl 05-04-2012, Pukul 12.02 WIB.
http://nursyam.sunan-ampel.ac.id/?p=952, diakses tgl 05-04-2012, Pukul 15.49 WIB.
http://nursyam.sunan-ampel.ac.id/?p=952, diakses tgl 05-04-2012, pukul 15.49 WIB
The journal operates an Open Access policy under a Creative Commons Non-Commercial 4.0 International license. Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a
Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License
that allows others to share — copy and redistribute the material in any medium or format, and adapt — remix, transform, and build upon the material.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (see The Effect of Open Access).