KOMPETENSI GURU PAI DAN STRATEGI PEMBELAJARAN DALAM PENANAMAN NILAI-NILAI KEAGAMAAN
Abstract
Fokus penelitian ini adalah bagaimana pengaruh kompetensi guru PAI dan Penerapan Strategi pembelajarannya terhadap penanaman nilai-nilai keagamaan di SMK bagian kelautan. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Metode korelasional digunakan untuk mengetahui hubungan antara variabel kompetensi guru PAI, penerapan strategi pembelajaran PAI, serta penanaman nilai-nilai keagamaan. Subjek penelitian ini adalah peserta didik di SMKN 3 Pandeglang Jurusan Pelayaran Program Studi Nautika Kapal di kelas XII dengan jumlah responden 24 orang dan siswa SMKN 36 Jakarta Jurusan Pelayaran Program Studi Nautika Kapal di kelas XII dengan jumlah responden 29 orang. Dalam penelitian ini teknik pengumpulan datanya menggunakan kuwsioner, observasi, dan wawancara, serta dokumentasi. Hasil penelitian ini disimpulkan bahwa pengaruh kompetensi guru pendidikan agama Islam dan strategi pembelajaran terhadap penanaman nilai-nilai keagamaan siswa SMKN 3 Pandeglang sebesar 49,35%, sedangkan pengaruh kompetensi guru pendidikan agama Islam dan strategi pembelajaran terhadap penanaman nilai-nilai keagamaan siswa di SMKN 36 Jakarta sebesar 10,9%.
Downloads
References
Daftar Pustaka
Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian Suatu Pengantar Praktik. Jakarta: Rineka Cipta. 1991.
Ali, Muhammad. Penelitian Pendidikan Prosedur dan Strategi. Bandung: Angkasa. 1985.
Ibrahim, Abd. Syukur. Sosiolinguistik: Sajian, Tujuan, Pendekatan, dan Problem. Surabaya: Usaha Nasional. 1995.
Keraf, Gorys. Diksi dan Gaya Bahasa. Jakarta: Yayasan Kanisius. 1981
Kemendiknas. Ejaan Bahasa Madura yang Disempurnakan. Surabaya: Balai Bahasa Surabaya. 2008.
Pateda, Mansoer. Sosiolinguistik. Bandung: Angkasa. 1990.
Rani, Abdul. Analisis Wacana: Sebuah Kajian Bahasa dalam Pemakaiaannya. Malang: Banyumedia Publishing. 2004.
Soeparno. Dasar-dasar Linguistik Umum. Yogyakarta: PT. Tiara Wacana. 2002.
Tarigan, Henry Guntur. Teori Belajar Bahasa. Bandung: Angkasa. 1990.
Verhaar, J.W.M. Asas-asas Linguistik Umum. Yogyakarta: UGM. 2001.
The journal operates an Open Access policy under a Creative Commons Non-Commercial 4.0 International license. Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a
Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License
that allows others to share — copy and redistribute the material in any medium or format, and adapt — remix, transform, and build upon the material.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (see The Effect of Open Access).