POLA PENGASUHAN ISLAMI DALAM PENDIDIKAN KELUARGA (Penguatan Peran Keluarga Jamaah Masjid Baitul Abror Teja Timur)
Abstract
Pendidikan Islam memiliki varian yang kompleks, tidak hanya pada kegiatan pendidikan formal, dan non formal, akan tetapi juga ada pada pendidikan informal, ketiganya memiliki keterkaitan yang sinergis untuk saling menguatkan, sebagaimana halnya yang terjadi pada ibu-ibu Jamaah masjid Baitul Abror yang putra-putrinya mengikuti pendidikan pra sekolah pada RA. Muslimat NU yang dikelola oleh Ta’mir masjid. Para Ibu jama’ah yang rata-rata tingkat pendidikan rendah, mereka minim pengetahuan, pengalaman dn keterampilan dalam memberikan pengasuhan secara islami, hal tersebut menjadi concern sasaran program pengabdian akademik dalam memberikan penguatan untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan afeksi dalam mengasuh pertumbuhan dan perkembangan anak khususnya usia pra sekolah. Program penguatan yang dikhususkan pada peningkatan pengetahuan dalam mengasuh, praktek pengasuhan dan keterampilan dalam memberikan perlindungan kepada anak, ternyata memberi kontribusi yang signifikan terhadap perolehan ketiga aspek yang diberikan selama mengikuti kegiatan penguatan tersebut. Hal tersebut terlihat pada saat proses kegiatan pengabdian berlangsung seperti tanggapan dan respon tentang materi dan praktek yang dilakukan bersama antara Tim Pengabdian dan pra ibu jama’ah masjid.
Downloads
References
E. Daftar Pustaka
Ariffiana Zelvi, Proses Penanaman Nilai-Nilai Agama Pada Anak Usia Dini dalam Keluarga di Kampung Gambiran Pandeyan Umbul Harjo Yogjakarta, [Jurnal pendidikan Anak Usia Dini Edisi 1 Tahun ke 6 2017] hlm. 20-33 diakses Tanggal 13 Juni 2017 jam 10.00.
Arifiana Zelvi, Proses Penanaman Nilai-Nilai Agama Pada Anak Usia Dini... hlm. 20-33
BAN PAUD dan PNF, Rubrik Penilaian Akreditasi Program PAUD dan PNF, [Jakarta: BAN PAUD dan PNF, 2014].
D.E. Dewi K.S. Pengembangan Program Parenting Bagi Anak Usia Dini dengan Pendekatan Psikologi Positif dan Karakter Islami, [Proseding Seminar Nasional Psikologi Islami, Tahun 2012], hlm. 30-46 diakses Tanggal 13 Juni 2017 jam 10.00.
Departemen Agama RI., Al Qur’an dan Terjemahnya, (Jakarta: Departemen Agama, 1990).
Departemen Agama RI., Al Qur’an dan Terjemahnya,...., hlm. 402
Elih Sudiapermana, Model Pengukuran Sosial Pada Pendidikan Nonformal dan Informal, (Jakarta: Nagara 2011).
Fathiyaturrohmah, Ayat-Ayat Tentang Peranan Ibu dalam Pendidikan Anak, [Elementery Volume 2 Nomor 1 Januari – Juni Tahun 14], hlm. 57-85 diakses tanggal 12 Juni 2017 jam 10.00
Heni Listiana, Goresan Pena dari Pulau Garam: Refleksi Atas Masalah Pendidikan dan Sosial, (Surabaya: Imtiyaz, 2016), hlm. 157.
Khoirunnas Rojab, Psikologi Ibadah: Kajian Kesehatan Mental Islam,[Sosio-Religia, Volume 8 Nomor 2 Tahun 2009], hlm. 409-424, diakses tanggal 22 Juni 2017 jam 14.30.
Kurikulum Pembelajaran Raudlatul Athfal (RA) Muslimat Nahatul Ulama lembaga binaan Ta’mir Masjid Baitul Abror Langghar Bathaah Desa Teja Timur, Institusi tersebut dijadikan sasaran kegiatan kegiatan pengabdian STAIN Pamekasan dalam rangka Pengabdian Masyarakat (Posdaya) Berbasis Masjid
M. Sobry, Reaktualisasi Strategi Pendidikan islam mengimbangi Pendidikan Global, [Ulumuna Jurnal Studi Keislaman Volumen 17 Nomor 2 Desember 2017], hlm. 81-102, diakses tanggal 13 Juni 2017 Jam 11.00.
Mohammad Ali Saputra, Penanaman Nilai-Nilai Agama pada Anak Usia Dini di RA DDI Addariyah Kota Palopo, [Jurnal Al Qolam Volume 20 Nomor 2 Desember 2014], hlm. 197-210. Diakses tanggal 22 Juni 2017 jam 14.30.
Mualifa, Story Telling Sebagai Metode Penting untuk Pengembangan Kecerdasan Anak Usia Dini, [Jurnal Psikoislamka, Vokume 10 Nomoor 1 tahun 2013], hlm. 98-106 diakses tanggal 12 Juni 2017 jam 11.00 WIB.
Rahmat Saputra, Konsep Pendidikan Anak dalam Islam (Materi dan Metode dalam Pendidikan Keluarga),[Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam “At-Ta’dib” Volume VI Nomor 1 September 2014] hlm. 106-116. Diakses tanggal 22 Juni 2017 jam 14.30.
Seniati Sutarmin, Penanaman Nilai-Nilai Dasar Humanis Religius Anak Usia Dini Keluarga Perkotaan di TK Islam Terpadu, [ Jurnal Pembangunan Pendidikan: Pondasi dan Aplikasi Volume 2 Nomor 2 tahun 2014], hlm. 156-166, diakses tanggal 14 Juni 2017 jam.10.30.
Syaiful Bahri Djamarah, Pola Asuh Orang Tua dan Komunikasi dalam Keluarga: Upaya membangun Citra Membentuk Pribadi Anak, (Jakarta: Rineka Cipta, 2014)
The journal operates an Open Access policy under a Creative Commons Non-Commercial 4.0 International license. Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a
Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License
that allows others to share — copy and redistribute the material in any medium or format, and adapt — remix, transform, and build upon the material.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (see The Effect of Open Access).