Nilai-Nilai Pendidikan Pada Kisah Nabi Adam AS
Abstract
Abstrak:
Sebagai bapak dari seluruh manusia, tentu kisah Nabi Adam sangat menarik untuk di bincangkan, banyak hikmah yang terselip disana. Mulai dari asal kejadiannya, proses pengajaran yang di berikan Allah secara langsung hingga Adam diberikan mandat untuk menjadi khalifah di bumi sampai akhirnya ia terusir dari surga oleh karena kelihaian setan dalam menggoda. Akan lebih menarik lagi jika kisah tersebut di kaitkan dengan pendidikan dan berbagai aspeknya. Tulisan ini akan lebih fokus membahas mengenai nilai-nilai pendidikan yang berkenaan dengan nilai sikap dan perilaku, nilai yang berkaitan dengan tujuan pendidikan dan nilai yang berkaitan dengan materi pendidikan serta nilai-nilai yang berkaitan dengan metode pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan studi pustaka terhadap beberapa kitab tafsir serta buku yang terkait dengan tujuan mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan yang terkandung dalam kisah Nabi Adam As.
Downloads
References
Daftar Pustaka
Al-Abrasyi, Athiyah. Dasar-Dasar Pokok Pendidikan Islam, Terj. Bustami A. Gani, Cet. I. Jakarta: Bulan Bintang, 1970.
Al-hufy, Ahmad Muhammad. Akhalak Nabi Muhammad Saw Keluhuran dan Kemuliaannya, Terj. Masdar Helmi, Cet. II. Jakarta: Bulan Bintang, 1997.
Al-Jamil, Muhammad Fadhil. Filsafat Pendidikan Dalam Al-Qur’an. Jakarta: Pustaka al-Kausar, 1995.
Al-Khalidi, Shalah. Kisah-Kisah al-Qur’an: Pengajaran Dari Orang-orang Terdahulu, Cet. I. Jakarta: Gema Insani Press, 1999.
Al-Maraghi, Mustafa. Terjemah Tafsir al-Maraghi, Cet. II. Bandung: CV. Rosda Karya, 1987.
Ali, Muhammad. Sejarah Para Nabi: Studi Banding Qur’an Dengan Al-Kitab. Jakarta: Darul Kutubil Islamiyah, 2007.
Al-Munawwar, Said Agil Husin. Aktualisasi Nilai-nilai Qur’ani Dalam Sistem Pendidikan Islam. Tangerang: PT. Ciputat Press, 2005.
Ardani, Moh. Akhlak Tasawuf: Nilai-nilai Akhlak dan Budi Pekerti Dalam Ibadah dan Tasawuf, Cet. I. Jakarta: PT. Karya Mulia, 2005.
Asari, Hasan. Nukilan Sejarah Pemikiran Islam Klasik: Gagasan Pendidikan Abu Hamid al-Ghazali. Medan: IAIN Press, 2012.
Baqi, Muhammad Fua’ad Abdul. Mu’jam Al-Mufahras Li al-Fadz al-Qur’an al- Karim. Bandung: Diponegoro, tt.
Departemen Pendidikan Nasional. Kamus Besar Bahasa Indonesia, Edisi ke III. Jakarta: Balai Pustaka, 2002.
Freire, Paulo. Pendidikan Kaum Tertindas. Yogyakarta: LP3ES, 1999.
Haidar, Ilyas Abu. Etika Islam Dari Kesalehan Individu Menuju Kesalehan Sosial. Jakarta: Al-Huda, 2003.
Hasyimi, Muhammad Ali. Apakah Anda Berkepribadian Muslim. Jakarta: Gema Insani Pess, 1994.
Langgulung, Hasan. Manusia dan Pendidikan (Jakarta: Pustaka al-husna, 1989.
Musfah, Jejen. Bahkan Tuhan pun Bersyukur: Memahami Rahasia Hati. Jakarta: Hikmah, 2003.
Nasution, Abd Halim. Nilai-nilai Pendidikan Dalam Kisah Nabi Adam as Menurut Al-Quran. Tesis, Program Pascasarjana IAIN Sumatera Utara Medan, 2003.
Shihab, M. Quraish. Tafsir al-Misbah: Pesan, kesan dan Keserasian Al-Qur’an. Jakarta: Lentera Hati, 2006.
Suratno, Siti Chammah. Ensiklopedi Dunia Islam Modern. Jakarta: PT Dana Bhakti Prima Yasa, 2003.
Syadali, Ahmad dan Ahmad Rifa’i. Ulumul Qur’an II. Bandung: CV Pustaka Setia, 1999.
Undang-undang Sisdiknas No 20 Tahun 2003.
Zuhairini. Metode Khusus Pendidikan Agama. Surabaya: Usaha Nasional, 1983.
Copyright (c) 2018 TADRIS: Jurnal Pendidikan Islam
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
The journal operates an Open Access policy under a Creative Commons Non-Commercial 4.0 International license. Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a
Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License
that allows others to share — copy and redistribute the material in any medium or format, and adapt — remix, transform, and build upon the material.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (see The Effect of Open Access).