Nilai-Nilai Pendidikan Pada Kisah Nabi Adam AS

  • Dedi Sahputra Napitupulu Pascasarjana UIN Sumatera Utara
Abstract views: 1834 , PDF downloads: 1180

Abstract

Abstrak:

Sebagai bapak dari seluruh manusia, tentu kisah Nabi Adam sangat menarik untuk di bincangkan, banyak hikmah yang terselip disana. Mulai dari asal kejadiannya, proses pengajaran yang di berikan Allah secara langsung hingga Adam diberikan mandat untuk menjadi khalifah di bumi sampai akhirnya ia terusir dari surga oleh karena kelihaian setan dalam menggoda. Akan lebih menarik lagi jika kisah tersebut di kaitkan dengan pendidikan dan berbagai aspeknya. Tulisan ini akan lebih fokus membahas mengenai nilai-nilai pendidikan yang berkenaan dengan nilai sikap dan perilaku, nilai yang berkaitan dengan tujuan pendidikan dan nilai yang berkaitan dengan materi pendidikan serta nilai-nilai yang berkaitan dengan metode pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan studi pustaka terhadap beberapa kitab tafsir serta buku yang terkait dengan tujuan mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan yang terkandung dalam kisah Nabi Adam As.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Daftar Pustaka

Al-Abrasyi, Athiyah. Dasar-Dasar Pokok Pendidikan Islam, Terj. Bustami A. Gani, Cet. I. Jakarta: Bulan Bintang, 1970.

Al-hufy, Ahmad Muhammad. Akhalak Nabi Muhammad Saw Keluhuran dan Kemuliaannya, Terj. Masdar Helmi, Cet. II. Jakarta: Bulan Bintang, 1997.

Al-Jamil, Muhammad Fadhil. Filsafat Pendidikan Dalam Al-Qur’an. Jakarta: Pustaka al-Kausar, 1995.

Al-Khalidi, Shalah. Kisah-Kisah al-Qur’an: Pengajaran Dari Orang-orang Terdahulu, Cet. I. Jakarta: Gema Insani Press, 1999.

Al-Maraghi, Mustafa. Terjemah Tafsir al-Maraghi, Cet. II. Bandung: CV. Rosda Karya, 1987.

Ali, Muhammad. Sejarah Para Nabi: Studi Banding Qur’an Dengan Al-Kitab. Jakarta: Darul Kutubil Islamiyah, 2007.

Al-Munawwar, Said Agil Husin. Aktualisasi Nilai-nilai Qur’ani Dalam Sistem Pendidikan Islam. Tangerang: PT. Ciputat Press, 2005.

Ardani, Moh. Akhlak Tasawuf: Nilai-nilai Akhlak dan Budi Pekerti Dalam Ibadah dan Tasawuf, Cet. I. Jakarta: PT. Karya Mulia, 2005.

Asari, Hasan. Nukilan Sejarah Pemikiran Islam Klasik: Gagasan Pendidikan Abu Hamid al-Ghazali. Medan: IAIN Press, 2012.

Baqi, Muhammad Fua’ad Abdul. Mu’jam Al-Mufahras Li al-Fadz al-Qur’an al- Karim. Bandung: Diponegoro, tt.

Departemen Pendidikan Nasional. Kamus Besar Bahasa Indonesia, Edisi ke III. Jakarta: Balai Pustaka, 2002.

Freire, Paulo. Pendidikan Kaum Tertindas. Yogyakarta: LP3ES, 1999.

Haidar, Ilyas Abu. Etika Islam Dari Kesalehan Individu Menuju Kesalehan Sosial. Jakarta: Al-Huda, 2003.

Hasyimi, Muhammad Ali. Apakah Anda Berkepribadian Muslim. Jakarta: Gema Insani Pess, 1994.

Langgulung, Hasan. Manusia dan Pendidikan (Jakarta: Pustaka al-husna, 1989.

Musfah, Jejen. Bahkan Tuhan pun Bersyukur: Memahami Rahasia Hati. Jakarta: Hikmah, 2003.

Nasution, Abd Halim. Nilai-nilai Pendidikan Dalam Kisah Nabi Adam as Menurut Al-Quran. Tesis, Program Pascasarjana IAIN Sumatera Utara Medan, 2003.

Shihab, M. Quraish. Tafsir al-Misbah: Pesan, kesan dan Keserasian Al-Qur’an. Jakarta: Lentera Hati, 2006.

Suratno, Siti Chammah. Ensiklopedi Dunia Islam Modern. Jakarta: PT Dana Bhakti Prima Yasa, 2003.

Syadali, Ahmad dan Ahmad Rifa’i. Ulumul Qur’an II. Bandung: CV Pustaka Setia, 1999.

Undang-undang Sisdiknas No 20 Tahun 2003.

Zuhairini. Metode Khusus Pendidikan Agama. Surabaya: Usaha Nasional, 1983.

Published
2017-12-30
How to Cite
Napitupulu, Dedi Sahputra. 2017. “Nilai-Nilai Pendidikan Pada Kisah Nabi Adam AS”. TADRIS: Jurnal Pendidikan Islam 12 (2), 243 -56. https://doi.org/10.19105/tjpi.v12i2.1395.
Section
Articles