Penerapan Model Pembelajaran Inquiry Discovery dalam Pendidikan Agama Islam

  • Muchlis Solichin STAIN Pamekasan
Abstract views: 920 , PDF downloads: 822

Abstract

Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) meruapakan upaya membekali peserta didik dengan pengetahuan, pemahaaman, dan nilai-nilai yang bersumber dari ajaran Islam. Untuk mencapai hasil yang optimal, guru diharapkan dapat mengembangkan model pembelajaran yang mendukung tercapainya tujuan pembelajaran. Diantara model pembelajaran tersebut adalah model inquiry discovery, yang denganya memberikan kesempatan kepada siswa untuk merumuskan masalah, dan menemukan jawaban dari masalah yang dirumuskan. Tulisan ini bermaksud menelaan penerapan model pembelajaran inquiry discovery dalam pendidikan agama Islam (PAI), langkah-langkah yang harus dilakukan guru untuk meningkatkan daya pikir peserta didik. Kata Kunci: Model pembelajaran, inquiry discovery, pendidikan agama Islam

Downloads

Download data is not yet available.

References

Iskandar, Psikologi Pendidikan, Sebuah Orientasi Baru, Ciputat: Gaung Persada, 2009.

Yamin, Martinis Paradigma Pendidikan Konstruktivistik, Impelementasi KTSP & UU No. 14 2005 Tentang Guru dan Dosen, Jakarta: Gaung Persada Press, 2008.

Muhammad Rasyid Ridla, Tafsîr alManâr, Kairo; Dar al Manar, 1373H, Juz I.

Jalal, Abdul Fattah, Azas-Azas Pendidikan Islam, ter. Henry Noer Ali, Bandung:Diponegoro, 1988.

Al-Abrâshî, Muhammad Âthyah, Rûh al-Tarbiyah wa al- ta’lîm, Saudi Arabiya: Dar al Ahya’, tt.

Al-Attâs, Muhammad Naquib (Konsep Pendidikan dalam Islam,Bandung: Mizan, 1988.

Nata, Abuddin, Sejarah Pendidikan Islam Pada Periode Klasik dan Pertengahan, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, Cet. I, 2004.

Ahmadi, Ideologi Pendidikan Islam, Yogyakarta;Pustaka Pelajar, Cet. I,2005.

Muhaimin, Wacana Pengembangan PendidikanIslam, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2003.

Hasan Langgulung, Manusia dan Pendidikan,Jakarta: Pustaka al Husna, 1986.

Muhaimin, et.al., Paradigma Pendidikan Islam, Upaya mengefektifkan Pendidikan Agama Islam di Sekolah, Bandung : PT Remaja Rosda Karya, Cet III, 2004.

Rusman, Model-Model Pembelajaran; Mengembangkan Profesionalisme Guru (Jakarta: PT RajaGrafindo Persada, 2013.

Shoimin, Aris, 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013, Yogyakarta : Ar-Ruzz Media, 2014.

Trianto, Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, dan Kontekstual , Jakarta: Prenamedia Group, 2014.

Warsono & Hariyanto, Pembelajaran aktif.Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2013.

Arends, Richard I, Learning To Teach, Yogyakarta: Pustaka Belajar, 2008.

Suyadi, Strategi Pembalajaran Pendidikan Karakter, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2013

Abidin, Yunus Desain Sistem Pembelajaran Dalam Konteks Kurikulum 2013, Bandung:PT. Refika Aditama, 2014.

Hamruni, Strategi Pembelajaran. Yogyakarta: Insan Madani, 2011.

Nasih, Ahmad Munjin, Metode dan tekhnik pembelajaran pendidkan agama islam, Bandung:PT Refika Aditama, cet1, 2009.

Mulyono, Strategi Pembelajaran, Malang:UIN-Maliki Press, 2012.

Djamarah,Syaiful Bahri dan Aswan Zain,StrategibelajarMengajar, Jakarta: Rineka Cipta, 2006.

N.K, Roestiyah, Strategi BelajarMengajar,Jakarta:PTRhinekaCipta,1998. Cet.V

Uno Hamzah B. & Nurdin Muhammad, Belajar dengan Pendekatan Pailkem; Pembelajaran Aktif, Inovatif, Lingkungan, Kreatif, Efektif, Menarik, Jakarta: PT Bumi Aksara, 2014.

Iskandar, Psikologi Pendidikan, Sebuah Orientasi Baru, Ciputat: Gaung Persada, 2009.

Komalasari, Kokom Pembelajaran Kontekstual, Konsep dan Aplikasi,(Bandung: PT. Refika Aditama, 2011.

Herman, Tatang, Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Erpikir Matematis Tingkat Tinggi Siswa Sekolah Menengah Pertama Educationist No. I Vol. I Januari 2007 ISSN : 1907

Published
2017-12-30
How to Cite
Solichin, Muchlis. 2017. “Penerapan Model Pembelajaran Inquiry Discovery Dalam Pendidikan Agama Islam”. TADRIS: Jurnal Pendidikan Islam 12 (2), 214 -31. https://doi.org/10.19105/tjpi.v12i2.1580.
Section
Articles