Manusia dalam Perspektif Fungsi Transendental
Abstract
Fungsi transendental manusia terdiri dari dua macam, sebagai hamba Allah (‘abdullah) dan khalifah Allah(khalifatullah). ‘Abdullah, adalah kemampuan dan kesadaran yang tinggi untuk melakukan kewajiban-kewajiban yang telah diperintahkan dan menjauhi larangan-larangan yang harus ditinggalkan oleh Tuhannya sebagai bentuk realisasi ketundukan dan kepasrahan (taslim, keislaman) dirinya sebagai hamba Allah kepada kehendak dan ketetapan-Nya. Khalifatullah, adalah kemampuan untuk melakukan “trilogi” hubungan (interaksi) yang harmonis antara ia dengan Allah (hablum minallah), ia dengan manusia lainnya (hablum minan nas), dan ia dengan alam (hablum minal alam).
Kata Kunci: Manusia, Perspektif Fungsi Transendental
Downloads
References
Abbas, Ibnu. Tanwir al-Miqyās, dalam al-Maktabah al-Syamilah.
A’la, Abu, al-Maududi. Fundamentals Of Islam, terj. Ahsin Muhammad Bandung: Pustaka, 1984.
al-‘Asqalany, Ahmad Ibn Ali Ibn Hajar Abu al-Fadl. Fath al-Bari Syarh Shahih al-Bukhary, juz 4, Beirut: Dar al-Ma’rifah.
Al-Ghazali, Imam. Ihya’ Ulumuddin, Juz IV Semarang: CV.Asy Syifa’, 2003.
Al-Qalami, Abu Fajar. Ajaran Makrifat Syekh Siti Jenar, Surabaya: Pustaka Media, tt).
al-Qardlawwi, Yusuf. Ibadah Fi Al-Islam, Bangil: Pustaka Abdul Muis, 1981.
Fu’ad, Muhammad Abdul Baqi. Al-Mu’jam al-Mufahras li alfadz al-Qur’an al-Karim, T.kp. : Darul Fikri , 1992.
Hasan, Zainol. Paradigma Pendidikan Islam Perspektif Ontologis Epistemologis dan Axiologis, Thesis Unpublished, Yogyakarta : IAIN Sunan kalijaga, 1996.
Hasyim, Moh. dan Zaki Mubarok, Akidah Islam, Yogyakarta : UII Press. 2001.
Hawwa, Sa’id. Jalan Ruhani, Bandung: Mizan Media Utama, 2001.
Hidayanto, Dwi Nugroho. Mengenal Manusia & Pendidikan, Yogyakarta: Liberty, 1988.
Ibrahim, Muslim. Pendidikan Agama Islam Untuk Mahasiwa, Yogyakarta: Erlangga, 1990.
Imron AM, Memahami Taqdir Secara Rasional, Surabaya: Bina Ilmu, 1991.
Jalaluddin & Usman Said, Filsafat Pendidikan Islam Konsep Dan Perkembangan Pemikirannya, Jakarta: Rajawali, 1994.
Katsir, Ibn. Tafsir al-Quran al-‘Adlim, juz 1 dalam : al-Maktabah al-Syamilah.
Kattsoff, Louis. Element Of Philosophy, terj. Soejono Soemargono, Yogyakarta: Tiara Wcana, 1987.
Khalil, Ahmad. Merengkuh Bahagia, Malang: UIN Malang Press, 2007.
Ma’luf, Louis. al-Munjid fi al-Lughah, Beirut: Dar al-Masyriq, 1977.
Mujib, Abdul. Fitrah dan Kepribadian Islam, Jakarta: Darul Falah. 1999.
Nasution, Harun. Falsafat dan Mistisisme Dalam Islam, Jakarta: Bulan Bintang, 1990.
Nizar, Samsul. Filsafat Pendidikan Islam, Pendekatan Historis, Teoritis dan Praktis, Jakarta: Ciputat Pers, 2002.
Shihab, Quraish. Wawasan al-Qur’an; Tafsir Maudhu’i atas Pelbagai Persoalan Umat, Bandung : Mizan, 1996.
------------------------. Membumikan Al-Quran Fungsi Dan Peran Wahyu Dalam Kehidupan Masyarakat, Bandung: Mizan, 1992.
Sutrisno, Muji. Manusia Dalam Pijar-Pijar Kekayaan Dimensinya, Yogyakarta: Kanisius, 1993.
Watt, W. Montgomery. Islamic Teology And Philosophy, terj. Umar Basalim, Jakarta: P3M, 1987.
Zardar, Ziauddin & Marryl W. Davies, Face of Islam: Conversation on Contempory Isssues, terj. A.E. Piyono & Ade Armando, Bandung: Mizan, 1922.
http://finaniswati.blogspot.co.id/2013/11/unsur-unsur-jasmani-dan-ruhni-manusia_24.html
Copyright (c) 2018 TADRIS: Jurnal Pendidikan Islam
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
The journal operates an Open Access policy under a Creative Commons Non-Commercial 4.0 International license. Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a
Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License
that allows others to share — copy and redistribute the material in any medium or format, and adapt — remix, transform, and build upon the material.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (see The Effect of Open Access).