APLIKASI PSIKOLOGI HUMANISTIK DALAM DUNIA PENDIDIKAN DI INDONESIA (Konsep Arthur W. Combs tentang Pengembangan Potensi Anak)

  • H a r y u ---
Abstract views: 75 , Untitled downloads: 22

Abstract

Makalah ini didasarkan pada pendekatan hermeneutik fenomenologis, meskipun eksposisinya sangat sederhana. Sejauh penulis ketahui, hingga kini sistem belajar mengajar mengalami permasalahan dalam hal penyajian terutama pada tataran praktis di lapangan. Untuk alasan itu, kajian akan mengupas secara singkat seputar psikologi humanistik sebagai psychology third force yang telah tumbuh dan berkembang sebagai reaksi sekaligus oposisi atas dua aliran psikologi sebelumnya, yaitu aliran psikoanalisa dan behaviorisme. Dalam makalah ini juga diilustrasikan mengenai pendidikan humanistik, istilah yang mengadopsi konsep-konsep psikologi humanistik dalam kepentingan proses pendidikan. Juga akan dipaparkan tentang aplikasi psikologi humanistik dalam dunia pendidikan, khususnya di Indonesia.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2006-01-05
How to Cite
---, H a r y u. 2006. “APLIKASI PSIKOLOGI HUMANISTIK DALAM DUNIA PENDIDIKAN DI INDONESIA (Konsep Arthur W. Combs Tentang Pengembangan Potensi Anak)”. TADRIS: Jurnal Pendidikan Islam 1 (1). https://doi.org/10.19105/tjpi.v1i1.191.
Section
Articles