Ideologi Pendidikan Islam Pesantren di Indonesia Perspektif Muhammad Jawwad Ridla dan William O’neal

  • Usman Usman Institut Agama Islam Negeri Madura (IAIN Madura), Pamekasan http://orcid.org/0000-0002-8369-0910
  • Jamiludin Usman Institut Agama Islam Negeri Madura (IAIN Madura), Pamekasan
Abstract views: 973 , PDF downloads: 1110
Untitled downloads: 0

Abstract

Ideologi merupakan sesuatu yang hidup dalam masyarakat sosial Indonesia. Di dalam masyarakat terdapat pendidikan Islam sebagai salah satu sarana penyebaran dan pemantapan ideologi yang sesuai dengan negara mempunyai peran strategis dalam kehidupan masyarakat. Tujuan penelitian ini untuk memahami pondok pesantren yang ada merupakan entitas pendidikan tertua di Indonesia, menarik untuk dilihat: Bagaimanakah pendidikan Islam di pondok pesantren yang ada di Indonesia dalam  perspektif ideologi pendidikan Muhammad Jawwad Ridla dan William F. O’neal? Metode penelitian kualitatif dengan library research, mengambil data dari buku, artikel dan hasil penelitian. Adapun pendidikan Islam di pondok pesantren yang ada di Indonesia mempunyai kesamaan dengan perspektif agamis-konservatif (al-Muhafidz) sedangkan dalam perspektif William F. O’neal pendidikan pondok pesantren ideologi konservatisme pendidikan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-06-10
How to Cite
Usman, Usman, and Jamiludin Usman. 2019. “Ideologi Pendidikan Islam Pesantren Di Indonesia Perspektif Muhammad Jawwad Ridla Dan William O’neal”. TADRIS: Jurnal Pendidikan Islam 14 (1), 115-30. https://doi.org/10.19105/tjpi.v14i1.2398.
Section
Articles