Efektifitas Matakuliah Pendidikan Agama Islam Dalam Pembinaan Moral Mahasiswa: Studi Diskriptif-Analitis di Universitas Madura

  • Suhaimi Suhaimi Universitas Madura
Abstract views: 264 , PDF downloads: 120
PDF downloads: 63
EFEKTIFITAS MATAKULIAH PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PEMBINAAN MORAL MAHASISWA (Studi Diskriptif-Analitis di Universitas Madura Pamekasan) downloads: 0

Abstract

Pengaruh globalisasi membawa efek yang sangat besar bagi generasi muda yang menjadi cikal bakal pengganti bagi generasi tua. Generasi muda menjadi tonggak estafet untuk generasi berikutnya. Kualitas generasi selanjutnya ditentukan oleh eksistensi generasi mudanya, terutama hal yang menyangkut persoalan moral, etika dan akhlaq yang kerapkali menjadi tujuan utama dalam proses pendidikan di bangku perguruan tinggi. Universitas Madura adalah salah satu perguruan tinggi umum yang menerapkan matakuliah Pendidikan Agama Islam sebagai matakuliah dasar umum (MKDU), yang wajib diikuti oleh seluruh mahasiswa semester satu dan semester dua. Matakuliah ini bertujuan untuk memberbaiki dan menyempurnakan moral mahasiswa agar nantinya menjadi generasi yang islami, sebagai modal dalam menghadapi kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Selain itu juga sebagai upaya preventif terhadap dekadensi moral yang seringkali terjadi dalam dunia mahasiswa. Oleh karena itu keberadaan matakuliah Pendidikan Agama Islam sangat efektif diterapkan pada perguruan tinggi umum, khususnya Universitas Madura Pamekasan. Pendekatan yang dipilih oleh peneliti adalah berupa pendekatan kualitatif yang bertujuan mengungkap sebuah gejala yang terjadi di lapangan dan kontekstual dalam mencari dan memahami tentang efektifitas matakuliah Pendidikan Agama Islam melalui pengumpulan data dengan memanfaatkan diri peneliti, dosen dan Mahasisiswa sebagai instrumen utama dan disajikan secara deskriptif.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amin, Moh. Pengantar Ilmu Akhlak. Surabaya: Express, 1987.

Anwar, Syarifuddin . Kamus al-Misbah, Jakarta: Bulan Bintang, 1995.

Askar, S. Kamus Arab Indonesia Al-Azhar. Bandung: Pustaka Setia, 2002.

Azra, Azyumardi. Pendidikan Islam Tradisi dan Modernisasi Menuju Milenium Baru. Jakarta: Logos Wacana Ilmu, 1999.

Bagus, Lorens. Kamus Filsafat, cet. 1. Jakarta: Gramedia, 1996.

Devos, H. Pengantar Etika, cet. 1. Yokyakarta: Tiara Wacana, 1987.

Fathurrahman, Pupuh. Pengembangan Pendidikan Karakter. Bandung: Rafika Aditama, 2015.

Ghazali (al), Abi Hamid. Ma’arij al-Quds. Kairo: Muhyidin Sabri Al-Kurdi,1927.

Haryanto, Rudi.”Moralis: Paradigma Baru dalam Etika Bisnis Modern”, dalam Al-Ihkam Jurnal Hukum dan Pranata Sosial (Vol. IV, No.1,2009).

Kholik, Abdul dkk. Pemikiran Pendidikan Islam Kajian Tokoh Klasik Dan Kontemporer, Semarang: Pusataka Pelajar, 1999.

Komariyah, Aan dan Cepi Triatna. Visionary Leadership Menuju Sekolah Efektif, Jakarta: Bumi Aksara, 2005.

Lestari, S. & Ngatini. Pendidikan Islam Kontekstual. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2010.

Maskawaih, Ibnu. Tahdzib al-Akhlak. Beirut: Mansyurat Dar al-Maktabah, 1398.

Masyhur, Kahar. Membina Moral dan Akhlak. Jakarta: PT. Rennika Cipta, 1994.

Moleong, Lexy J. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Rosda Karya, 2000.

Muhaimin. Nuansa Baru Pendidikan Islam. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2006.

Nata, Abuddin. Pemikiran Para Tokoh Pendidikan Islam, Jakarta: PT. raja Grafindo Persada, 2000.

Nazir, Moh. Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia, 1988.

Partanto, Pius A. dan M. Dahlan al-Barry. Kamus Ilmiah Populer. Surabaya: Arkola, 2002.

Ridwan (ed), Kafrawi. Ensiklopedi Islam. Jakarta: tp, tt.

Saleh, Fauzan.”Revitalisasi Nilai-nilai Moral Keagamaan dalam Merespon Realitas Zaman ”, dalam Islamica Jurnal Studi Keislaman, Program Pascasarjana IAIN Sunan Ampel Surabaya (Vol.6, No. 1, 2011).

Shindhunata. Menggagas Pendidikan Baru Pendidikan Demokratisasi, Otonomi, Civil Society Globalisasi. Yogyakarta : Tiara Wacana, 2000.

Sztompka, Piotr. Sosiologi Perubahan Sosial. Terj. Alimandan dari “The Sociology of Social Change”. Jakarta: Prenada, 2004.

Suhaimi,”Kandungan Pendidikan Akhlak dalam Kitab Bidayah Al-hidayah”, dalam Tadris Jurnal Pendidikan Islam Jurusan Tarbiyah STAIN Pamekasan (Vol. 10 No.2, 2015).

Suhaimi,”Islamisasi Ilmu Pengetahuan Telaah Kritis Pemikiran Ismail Raji al-Faruqi”, dalam Jurnal Al-Ulum, Jurnal Pemikiran dan Penelitian ke-Islaman (Vol.1, No.2, 2014).

Sukardjo dan Ukim Komarudin. Landasan Pendidikan: Konsep dan Aplikasinya. Jakarta: Rajawali Pers, 2009.

Undang-Undang Republik Indonesia tentang Sistem Pendidikan Nasional,Nomor 20 tahun 2003.

Zuriah, Nurul. Pendidikan Moral dan Budi Pekerti Dalam perspektif Perubahan,Jakarta: Bumi Aksara, 2007.

Published
2019-07-19
How to Cite
Suhaimi, Suhaimi. 2019. “Efektifitas Matakuliah Pendidikan Agama Islam Dalam Pembinaan Moral Mahasiswa: Studi Diskriptif-Analitis Di Universitas Madura”. TADRIS: Jurnal Pendidikan Islam 14 (1), 60-80. https://doi.org/10.19105/tjpi.v14i1.2422.
Section
Articles