REKONSTRUKSI PENDIDIKAN ISLAM PERSPEKTIF MUHAMMAD ABDUH

  • Achmad Fuadi Husin Pondok Pesantren Tanwirul Islam Sampang
Abstract views: 242 , PDF (Bahasa Indonesia) downloads: 343

Abstract

Muhammad Abduh adalah tokoh reformis yang sangat
dikenal di kalangan mahasiswa dengan corak pemikirannya yang
modernis. Sebagai seorang pembaru dalam pendidikan Islam, ada
beberapa masalah yang menurutnya menyimpang dan
menjadi penyebab kemunduran umat Islam, di antaranya
masalah kurikulum dan metode mengajar. Pembaruan pemikiran
yang dilakukan Abduh bukanlah sebuah penolakan terhadap
pemikiran-pemikiran terdahulu. Namun, pembaruan yang
dilakukannya merupakan usaha merekonstruksi pemikiran yang
telah ada dengan menjauhkan diri dari sifat jumud dan stagnan.
Abduh mengombinasikan pemikiran modernisme dengan bentuk
teori dan penerapan praktik terhadap masyarakat.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2014-12-31
How to Cite
Husin, Achmad Fuadi. 2014. “REKONSTRUKSI PENDIDIKAN ISLAM PERSPEKTIF MUHAMMAD ABDUH”. TADRIS: Jurnal Pendidikan Islam 9 (2), 186 -. https://doi.org/10.19105/tjpi.v9i2.407.
Section
Articles