PEMBELAJARAN AGAMA DAN LINGKUNGAN DALAM KULTUR SEKOLAH ALAM
Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan melakukan identifikasi tentang konsep integrasi agama dan lingkungan alam dalam Pembelajaran Anak Usia Dini di PAUD Sekolah Alam Ungaran (SAUNG) Semarang dan dampaknya terhadap perilaku peserta didik. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa sekolah mengintegrasikan pembelajarannya melalui sunnah kauniyah di alam sekitar serta kehidupan sosial yang dipadukan dengan ajaran Islam. Model pembelajarannya menggunakan metode integratif dengan pendekatan Contextual Teaching and Learning. Hal tersebut didukung dengan desain kelas seperti saung, kurikulum yang memadukan sumber ajaran Islam dengan kondisi lingkungan sekitar dan kegiatan–kegiatan di luar kelas, sehingga dapat memberi dampak bagi peserta didik dalam menumbuhkan kesadaran dan kecintaannya terhadap alam.
Kata kunci: Pembelajaran agama, lingkungan, sekolah alam, PAUD
Downloads
References
Abdillah, Mujiono. Fikih Lingkungan, Panduan Spiritual Hidup Berwawasan Lingkungan. Yogyakarta : UPP YKPN, 2005.
al-Shabuni, Imam. Shafwah al-Tafâsîr. Vol. 3. Maktabah As Syamilah.
Asifuddin, Ahmad Janan. Mengungkit Pilar-Pilar Pendidikan Islam. Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga, 2009.
Baharuddin dan Moh. Makin. Pendidikan Humanistik: Konsep, Teori, dan Aplikasi Praktis dalam Dunia Pendidikan. Yogyakarta: Ar-ruzz Media, 2007.
Barbour, Ian G. Menemukan Tuhan, Dalam Sains Kontemporer dan Agama terj. Fransiskus Borgias M. Jakarta : Mizan, 2005.
Hasan, M. Iqbal. Pokok-Pokok Materi Metode Penelitian dan Aplikasinya. Jakarta: Ghalia Indonesia, 2002.
Ismail, SM. Strategi Pembelajaran Agama Islam Berbasis PAIKEM. Semarang : Rasail, 2009.
Khairuddin, et.al. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Konsep dan Implementasinya di Madrasah. Yogyakarta: Pilar Media, Cet. II, 2007.
Khairuddin, et.al. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Konsep dan Implementasinya di Madrasah. Yogyakarta: Pilar Media, Cet. II, 2007.
Martuti, A. Mendirikan & Mengelola PAUD, Manajemen Administrasi Dan Strategi Pembelajaran. Yogyakarta: Kreasi Wacana, 2009.
Mulyasa, Kurikulum Berbasis Kompetensi, Konsep, Karakteristik dan Implementasi. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya, 2004.
Muslich, Masnur. KTSP Pembelajaran Berbasis Kompetensi dan Kontekstual. Jakarta: Bumi Aksara, 2011.
Nasir, Ridwan Mencari Tipologi Format Pendidikan Ideal. Yogyakarta; Pustaka Pelajar, 2005.
Nasution, S. Kurikulum dan Pengajaran. Jakarta : Bumi Aksara, 2010.
Nur, Mohamad Teori-teori Perkembangan. Surabaya: Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Surabaya, Depdikbud Direktorat Pendidikan Tinggi, 1998.
Ramly, Nadjamuddin. Islam Ramah Lingkungan, Konsep dan Strategi Islam dalam Pengelolaan, Pemeliharaan dan Penyelamatan Lingkungan. Jakarta : Grafindo Khazanah Ilmu, 2007.
Rohinah. “Sekolah Alam, Paragdigma Baru Pendidikan Islam Humanis.” Jurnal Nadwa, Vol. 8, No. 2, 2014.
Russel, Bertrand. Sejarah Filsafat Barat, terj. Sigit Jatmiko, et.al. Yogjakarta : Pustaka Pelajar, 2002.
Sagala, Syaiful. Konsep dan Makna Pembelajaran, Untuk Membantu Memecahkan Problematika Belajar dan Mengajar. Bandung: Alfabeta, 2010.
Shihab, M. Quraish. Tafsir Al Misbah: Pesan, Kesan dan Keserasian Al Qur’an. Vol.11. Jakarta : Lentera Hati, 2003.
Suparno, Paul. Filsafat Konstruksivisme dalam Pendidikan. Yogyakarta: Kanisius, Cet. 10, 1996.
Syaodih, Nana. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2010.
Syar’i, Ahmad. Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta: Pustaka Firdaus, 2005.
Tucker, Mary Evelyn dan Grim John. dalam kata pengantar buku Islam dan Ecology, Richard C. Foltz, Frederick M. Denny and Azizan Baharuddin (ed). USA : Harvard University Press, 2003.
The journal operates an Open Access policy under a Creative Commons Non-Commercial 4.0 International license. Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a
Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License
that allows others to share — copy and redistribute the material in any medium or format, and adapt — remix, transform, and build upon the material.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (see The Effect of Open Access).