INOVASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI ERA INFORMATION AND COMMUNICATION TECHNOLOGY
Abstract
Abstrak: Pada era teknologi sekarang ini telah menuntut adanya inovasi dalam pembelajaran, kemajuan teknologi harus dimanfaatkan sebaik mungkin oleh pendidik khususnya pendidik agama Islam, Pendayagunaan teknologi dalam proses pembelajaran menjadi keharusan sehingga proses pembelajaran tidak stagnan dan kaku. Pendayagunaan atau inovasi pembelajaran pendidikan agama Islam harus segera dilakukan, terutama dalam metode pembelajaran. Internet sebagai media pembelajaran dapat menjadi alternatif metode pembelajaran pendidikan agama Islam, hal ini bisa dalam bentuk e-learning, atau aplikasi-aplikasi yang memudahkan penyampaian materi pembelajaran, sehingga proses pembelajaran semakin menarik dan tidak membosankan.
Kata kunci: inovasi, pembelajaran, pendidikan agama Islam, information and communication technology
Downloads
References
AECT. Definisi Teknologi Pendidikan: Satuan Tugas Definisi dan Terminologi AECT. Terj. Yusufhadi Miarso, et.al. Jakarta: Rajawali, 1977.
Ali, Mohammad. Ilmu dan Aplikasi Pendidikan. PT. IMTIMA, 2007.
Anshori. Transformasi Pendidikan Islam. Jakarta: Gaung Persada Press, 2010.
Aini, Khairatul. “Urgensi Penggunaan ICT bagi Guru PAI,” dalam http://suarakampus.com. diakses 10 Desember 2011
Danim, Sudarwan. Media Komunikasi Pendidikan: Pelayanan Profesional Pembelajaran dan Mutu Hasil Belajar. Jakarta: Bumi Aksara, 1994.
Isno, Goze. “Pembelajaran PAI Berbasis ICT,” dalam http://isnoe82.blogspot.com. diakses 10 Desember 2011.
Majid, Abdul dan Dian Andayani. Pendidikan Agama Islam Berbasis Kompetensi: Konsep dan Implementasi Kurikulum 2004. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2005.
Miarso, Yusufhadi. Menyemai Benih Teknologi Pendidikan. Jakarta: Kencana, 2007.
Munir. Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung: Alfabeta, 2009.
Nasution, S. Teknologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara, 2005.
Prawiradilaga, Dewi Salma. (ed.) Mozaik Teknologi Pendidikan. Jakarta: Kencana, 2007.
Purnomo, Wahyu. “Pembelajaran Bebasis ICT,” dalam http://wahyupur.blogspot.com. diakses 10 Desember 2011.
Sudjana, Nana dan Ahmad Rivai. Teknologi Pengajaran. Bandung: Sinar Baru, 1989.
Uno, Hamzah B dan Nina Lamatenggo. Teknologi Komunikasi dan Informasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara, 2010.
Uno, Hamzah B. Model Pembelajaran: Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif. Jakarta: Bumi Aksara, 2007.
Warsita, Bambang. Teknologi Pembelajaran, Landasan dan Aplikasinya. Jakarta: Rineka Cipta, 2008.
The journal operates an Open Access policy under a Creative Commons Non-Commercial 4.0 International license. Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a
Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License
that allows others to share — copy and redistribute the material in any medium or format, and adapt — remix, transform, and build upon the material.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (see The Effect of Open Access).