PERSEPSI MAHASISWA BIMBINGAN DAN KONSELING TERHADAP PENTINGNYA PROFESIONALISME GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DI SEKOLAH

  • Ahmad Andry Budianto Institut Agama Islam (IAI) Al-Khairat Pamekasan
Abstract views: 160 , PDF downloads: 191

Abstract

Profesionalisme guru bimbingan dan konseling yaitu ketika mampu memberikan layanan berupa pendampingan (advokasi), pengkoordinasian, mengkolaborasi dan memberikan layanan konsultasi yang dapat menciptakan peluang yang setara dalam meraih kesempatan dan kesuksesan bagi peserta didik, penelitian ini bertujuan untuk mengungkap persepsi mahasiswa bimbingan dan konseling terhadap profesionalisme guru bimbingan dan konseling di sekolah. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Adapun hasil penelitian ini yakni sebesar 75% mahasiswa mempersepsikan jika penting profesionalisme guru bimbingan dan konseling di sekolah. Sehingga guru bimbingan dan konseling yang profesional yakni jika dapat mengembangkan instrumen non tes, mengaplikasikan instrumen non tes, mendeskripsikan penilaian yang digunakan, memilih jenis penilaian, mengadministrasikan penilaian, mengungkapkan masalah peserta didik (data catatan pribadi, kemampuan, menampilkan tanggung jawab professional).

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amin. Bimbingan dan Konseling Islam. Jakarta: Amzah, 2010.

Egbo. "Guidance And Counselling: A Creativity For Promoting Sustainable Well Being And Adjustment Of Secondary School Students In Nigeria." British Journal of Education Vol.3, No.10, 2015: 49-57.

Kasiram. Metodologi Penelitian. Malang: UIN-Malang Press, 2008.

Kusmawati, Dewa Ketut Sukardi dan Nila. Proses Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2008.

Mappiare, Andi, AT. Pengantar Konseling dan Psikoterapi. Jakarta: PT Raja Grasindo Persada, 2002.

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif R& B. Bandung: Aflabeta, 2015.

Susilo Rahardjo, Agung Slamet Kusmanto. "Pelaksanaan Kode Etik Profesi Guru Bimbingan Dan Konseling SMP/MTS Kabupaten Kudus." Jurnal Konseling GUSJIGANG Vol. 3 No. 2, 2017: 185-196.

Prof. Syamsu Yusuf Dan Tim. Kode Etik Profesi Konselor Indonesia. Asosiasi Bimbingan Dan Konseling Indonesia, 2009.

Tohirin. Bimbingan dan Konseling di Sekolah dan Madrasah (Berbasis Integrasi). Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2008.

Walgito, Bimo. Bimbingan dan Konseling Studi Karier. Yogyakarta: Andi Offset, 2004.

Published
2020-01-14
Section
Articles