HUBUNGAN KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL PESERTA DIDIK PROGRAM LAYANAN SISTEM KREDIT SEMESTER

  • Ainun Nafhah IAIN Madura
  • Imam Hanafi IAIN Madura
Abstract views: 982 , PDF downloads: 447
Keywords: communication, kecerdasan emosional, komunikasi interpersonal, peserta didik

Abstract

Keserdasan emosional, adalah kemampuan untuk mengenali emosi diri, mengelola emosi diri, memotivasi diri sendiri, mengenali emosi orang lain (empati) dan kemampuan untuk membina hubungan (kerjasama) dengan orang lain. Kecakapan diri anak di usia sekolah tentunya berhubungan erat dengan keterampilan komunikasi interpersonal. Bahkan kontrol diri merupakan salah satu komponen keterampilan emosional. Pakar psikologi emosi, Goleman mengatakan bahwa koordinasi suasana hati adalah inti dari hubungan sosial yang baik. Apabila seseorang pandai menyesuaikan diri dengan suasana hati individu lain atau dapat berempati, orang tersebut akan memiliki emosionalitas yang baik dan akan lebih mudah menyesuaikan diri dalam pergaulan sosial serta lingkungannya. Pada intinya, kecerdasan emosional merupakan komponen yang membuat seseorang menjadi pintar menggunakan emosi, kecerdasan emosional juga menyediakan pemahaman yang lebih mendalam dan lebih utuh tentang diri sendiri dan orang lain.

Fokus dari penelitian ini bertujuan: pertama, untuk mengetahui adakah hubungan kecerdasan emosional dengan keterampilan komunikasi interpersonal peserta didik semester 2 ruang 1 program layanan sistem kredit semester (SKS)? kedua, seberapa besarpengaruh kecerdasan emosional dengan keterampilan komunikasi interpersonal peserta didik semester 2 ruang 1 program layanan system kredit semester (SKS) di MTs Negeri 3 Pamekasan?

Peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif yang bersifat korelasional. Sedangkan sumber data yang diperoleh, yaitu melalui penyebaran angket, observasi, dokumentasi dan wawancara. Informannya adalah peserta didik dan guru.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh yang sangat besar antara kecerdasan emosional dengan keterampilan komunikasi interpersonal perseta didik. Dari analisis data diketahui nilai “r” dengan N atau jumlah responden 31 adalah 0.959. Sedangkan “r” product moment diperoleh nilai 0.335 (dalam taraf kepercayaan 95%) atau 0.456 (dalam taraf kepercayaan 99%). Dengan demikian “r” kerja (0. 959) lebih besar dari harga kritik product momentnya.Dengan demikian hipotesis pertama yang penulis ajukan (ada hubungan kecerdasan emosional dengan keterampilan komunikasi interpersonal peserta didik semester 2 ruang 1 program layanan sistem kredit semester (SKS) di MTs Negeri 3 Pamekasan) diterima.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afero Baghdad, Adnan. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, Bandung:2016.

Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian, Jakarta: PT.Renika Cipta, 2006.

Arikunto, Suharsimi, Prosedur Penelitian, Jakarta:Rineka, 2013.

Asrori, Muhammad,Psikologi Pembelajaran, Bandung: CV Wacana Prima, 2012.

Daryanto &Rahardjo, Muljo, Teori Komunikasi, Yogyakarta: PENERBIT GAYA MEDIA, 2016.

Margono, S, Metodologi Penelitian Pendidikan,Jakarta: Rineka Cipta, 2001.

Prawira, Purwa, Atmadja, Psikologi Pendidikan dalam Perspektif Baru, Jogjakarta: AR-RUZZ MEDIA, 2012.

Riswandi, Psikologi Komunikasi,Yogyakarta: Graha Ilmu, 2013.

P Adhi Anantyo Reza, Indrawati Endang Sri, Jurnal Empati, Semarang:2017.

Sudijono, Anas, Pengantar Statistik Pendidikan Jakarta: PT.Raja Grafindo Persada, 2003.

Supratiknya, Komunikasi Interpersonal Tinjauan Psikologis, Yogyakarta: Kanisus, 1995.

Sudijono, Anas, Pengantar Statistik Pendidikan, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2012.

Solichin, Muclish,Psikologi Belajar Dengan Pendekatan Baru,Surabaya: Salsabila Creative, 2017.

Sulistiyanto, Dimas, Upaya Meningkatkan Komunikasi Antarpribadi Melalui Penguasaan Konten Dengan Metode Kegiatan Kelompok Pada Siswa Kelas VIII F SMP Negeri Semarang Tahun Ajaran 2013/2014, tersedia: http://lib.unnes.ac.id/20087/1/1301409057.pdf, [diakses

Somantri, T, Sutjihati,Psikologi Anak Luar Biasa,Bandung: PT. Refika Aditama, 2007.

Syamsu Yusuf, Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja,Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2012.

Tiel, van, Maria, Julia,& Widyorini, Endang,Anak Cerdas Istimewa,Jakarta: Prenadamedia, 2014.

Tim Penyusun, Pedoman Karya Penulisan Ilmiah, 2015.

Thalib, Syamsul, Bachri,Psikologi Pendidikan Berbasis Analisis Empiris Aplikatif, Jakarta: Kharisma Putra Utama, 2013.

Wicaksono, Galih, dan Naqiah, Najlatun, Penerapan Teknik Bermain Peran Dalam Bimbingan Kelompok untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Interpersona Siswa KElas X Multimedia SMK IKIP SURABAYA, tersedia: file:///C:/User/microsoft/Downloads/1935-3527-1-PB.pdf

Widyantoro, Endang, dan Tiel, van, Maria, Julia, Anak Cerdas Istimewa, Jakarta: Prenada media, 2014.

Yulianto, Dion, Panduan Mendidik Anak dengan Kecerdasan di Atas Rata-rata,Jogjakarta: Javalitera, 2012.

Yusuf, Syamsu, Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja, Bandung : PT. Remaja Rosdakarya, 2012.

Published
2020-09-30
Section
Articles