PENDEKATAN EFEKTIF SUPERVISOR PENDIDIKAN DALAM PELAYANAN ETOS KERJA GURU DI LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM

  • Siti Aminah IAIN Jember
Abstract views: 847 , PDF downloads: 10966

Abstract

Abstrak

Guru merupakan kunci penting keberhasilan memperbaiki mutu pendidikan dan pembelajaran khususnya di lembaga penddikan Islam. Suatu pengajaran sangat tergantung pada kemampuan mengajar guru, maka kegiatan supervisi menaruh perhatian utama pada peningkatan kemampuan profesional guru, yang pada gilirannya akan meningkatkan mutu proses belajar mengajar dan akhirnya kualitas supervisi akan direfleksikan pada peningkatan hasil belajar murid.

Supervisi di lembaga pendidikan Islam yang dilaksanakan oleh kepala sekolah sebagai supervisor internal harus dilaksanakan secara rutin dan terjadwal agar sedini mungkin tidak terjadi penyimpangan yang berkepanjangan dan agar dilakukan perbaikan terus menerus.

Terdapat tiga pendekatan supervisor pendidikan yaitu pendekatan direktif, kolaboratif dan non direktif. Sedangkan karakteristik etos kerja guru bermacam-macam yaitu guru professional, konseptor dan supersibuk serta guru lemah.

Pendekatan efektif yang harus dilakukan oleh supervisor dalam bertindak adalah harus menggunakan pendekatan yang sesuai dengan situasi dan kondisi dan dengan cara yang sesuai berdasarkan karakteristik etos kerja yang dimiliki masing-masing guru demi mencapai tujuan pendidikan yang direncanakan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amir M. Taufiq, 2006, Belajar Manajemen dari Konteks Dunia Nyata, Graha Ilmu, Yogyakarta

Arifin, 2011, Kompetensi Guru dan Strategi pengembangannya, Lilin, Yogya

Asnawan, 2013, Manajemen Mutu Terpadu sebagai upaya Pengembangan SDM, STAIN Jember Press

Burdah Ibnu, 2013, Pendidikan karakter Islami untuk Siswa SMA/MA, Erlangga, Jakarta

Burhanuddin, 1994, Analisis Adminsitrasi Manajemen dan Kepemimpinan Pendidikan, Bumi Aksara : jakarta

Hamalik Oemar, 2007, Manajemen Pengembangan Kurikulum, RosdaKarya ; Bandung

Lampiran Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 13 Tahun 2007 Tanggal 17 april 2007 Tentang Standar Kepala sekolah/madrasah

Mahmud Ali Abdul Halim, 1995, Fikih Responsibilitas Tanggung Jawab Muslim dalam Islam, Gema Insani Press, Jakarta

Mortimore, P. 1993. School effectiveness and the management of effective learning and teaching. School Effectiveness and School Improvement; 4(4):

Purwanto Ngalim, 2006, Adminsitrasi dan Supervisi pendidikan, Rosdakarya; Bandung

Saleh Akh.Muwafik, 2012, Membangun Karakter dengan Hati Nurani, Erlangga; Malang

Sehertian, A. Piet, 1987, Prinsip dan Teknik Supervisi Pendidikan, Usaha Nasional; Surabaya.

Tim Dosen Administrasi UPI, 2009, Manajemen Pendidikan, Alfabeta; Bandung

Tim Mahasiswa Doktoral Manajemen Pendidikan Islam UIN Malang, 2014, Ilmu Manajemen, UIN Malang

http://www.stainlangsa.ac.id/jurnal/tarbawi/114-supervisi-pendidikan-suatu-konsep-pendidikan-yang-berkelanjutan. diakses tanggal 1 Oktober 2010

http://tikky-suwantikno.blogspot.com/2008/02/supervisi-pendidikan.html. diakses 1 Oktober 2010

Qomar Mujamil, 2013, Strategi Pendidikan Islam, Erlangga, Malang

Pelatihan guru PAI di Balai Diklat Departemen Agama Kota Surabaya tanggal 27 Maret s.d. 7 April 2010, dalam sebuah materi Widya Iswara

Yasin A.Fatah, 2008, Dimensi-dimensi Pendidikan Islam, UIN Malang Press, Malang

Published
2017-07-13
How to Cite
Aminah, Siti. 2017. “PENDEKATAN EFEKTIF SUPERVISOR PENDIDIKAN DALAM PELAYANAN ETOS KERJA GURU DI LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM”. TADRIS: Jurnal Pendidikan Islam 12 (1), 40 - 62. https://doi.org/10.19105/tjpi.v12i1.1117.
Section
Articles