POLA PENGEMBANGAN KURIKULUM PENDIDIKAN PESANTREN BERKARAKTER: Studi Pondok Pesantren Nurul Ummah Mojokerto
Abstract
Pentingnya pola pengembangan kurikulum berkarakter untuk semua kalangan terutama di pesantren memunculkan berbagai strategi dalam menerapkanya. Strategi internalisasi dan integrasi yang dilakukan oleh berbagai lembaga untuk menjadikan peserta didik mendapatkan hasil yang maksimal. Pola pengembangan kurikulum disetiap pesantren mempunyai ciri khas khusus termasuk Nurul Ummah Mojokerto. Keunikan dalam pengembangan kurikulum tersebut adalah dengan adanya hasil yang didapatkan oleh peserta didik terbukti dengan adanya prestasi yang telah dicapai. Oleh sebab itulah pola pengembangan kurikulum ini penting untuk di teliti. Purpose-Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan pola pengembangan kurikulum berkarakter di Pesantren Nurul Ummah Mojokerto Design/methodology-Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif analitis dengan variasi studi kasus. Yaitu secara jelas menggambarkan pola pengembangan kurikulum dalam Pondok Pesantren Nurul Ummah. Findings-Pola pengembangan kurikulum yang dilaksanakan adalah pengembangan kurikulum interegatif dengan kombinasi kurikulum nasional, kurikulum internasional dengan kurikulum diniah mua`adalah Al-Azhar Mesir. Kurikulum terebut ditekankan pada pembinaan karakter peserta didik. Originality/Value-kurikulum berkarakter bisa melalui pembelajaran, budaya sekolah, kedisiplinan, pembiasaan atau melalui manajemen Pesantren, semua aspek tersebut diintegrasikan agar mendapatkan hasil dalam internalisasi karakter peserta didik.
Downloads
References
Abdullah Idi. Pengembangan kurikulum: teori dan praktik. 2 ed. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2016.
Abudin, Nata. Ilmu Pendidikan Islam. 3 ed. Jakarta: Prenada Media Grup, 2016.
Agustinus, Hermino. Manajemen Kurikulum Berbasis Karakter: Konsep, Pendekatan dan Aplikasi. Bandung: Alfabeta, 2014.
Creswell, John W. Qualitative inquiry & research design: choosing among five approaches. 2nd ed. Thousand Oaks: Sage Publications, 2007.
Dhofier, Zamakhsyari. Tradisi pesantren: studi pandangan hidup kyai dan visinya mengenai masa depan Indonesia. Cet. 8 rev. Jakarta: LP3ES, 2011.
Emzir. Analisis data: metodologi penelitian kualitatif. Jakarta: Rajawali Pers, 2010.
Fauzi, Ahmad. “Kepemimpinan Kepala Madrasah Dalam Mengembangkan Lembaga Pendidikan Islam.” Nidhomul Haq: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 2, no. 2 (6 Desember 2017): 42–53.
Jamil, Supratiningrum. Strategi Pembelajaran: Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2013.
Ma`arif, Muhammad Anas. “Pendidikan Islam Dan Tantangan Modernitas.” Nidhomul Haq: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 1, no. 2 (26 Maret 2016): 47–58.
Ma’arif, Muhammad Anas. “Analisis Konsep Kompetensi Kepribadian Guru PAI Menurut Az-Zarnuji.” ISTAWA 2, no. 2 (2017): 35–60.
Muclas, Samani, dan Hariyanto. Konsep dan Model Pendidikan karakter. 6 ed. Bandung: Rosdakarya, 2017.
Muhaimin. Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam. Cet. 5. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2012.
———. Strategi Belajar Mengajar. Cet. 5. Surabaya: Citra Media, 1996.
Muhaimin, Abdul. “Strategi Pendidikan Karakter Perspektif Kh. Hasyim Asy’ari.” Nidhomul Haq: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 2, no. 1 (26 November 2017): 26–37.
Muhammad, Tholchah Hasan, Abdul Wahab Sholichin, Wingjosoebroto Soentandyo, Islami M. Irfan, dan Bakri Masyukuri. Metodologi penelitian Kualitatif, Tinjauan Teoritis dan Praktis. Disunting oleh Bakri Masyukri. Surabaya: Lembaga Penelitian Universitas Islam Malang Kerjasama dengan Visipress Media, 2013.
Muhtifah, Lailial. “Pola Pengembangan Kurikulum Pesantren Kasus Al-Mukhlishin Mempawah Kalimantan Barat.” Jurnal Pendidikan Islam 27, no. 2 (2016): 203–222.
Mukarromah, Oleh. “Pendidikan Islam Integratif Berbasis Karakter,” t.t.
Nurhakim, Moh. “Imam Zarkasyi Dan Pembaharuan Pesantren: Rekonstruksi Aspek Kurikulum, Menejemen Dan Etika Pendidikan.” Progressiva: Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Islam 5, no. 1 (2014).
Pupuh, Fathurrahman, AA Suryana, dan Fatriani Fenny. Pengambangan Pendidikan karakter. Bandung: Anggota Ikapi, 2013.
PW, Dhevin MQ Agus. “Manajemen Pondok Pesantren dalam Mengintegrasikan Kurikulum Pesantren dengan Pendidikan Formal.” Edu Islamika 5, no. 2 (2013): 190–225.
Ramayulis. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kalam Mulia, 2013.
Ramayulis, dan Samsul Nizar. Filsafat pendidikan Islam: telaah sistem pendidikan dan pemikiran para tokohnya. Jakarta: Kalam Mulia, 2009.
Subhi, Imam. “Rekonstruksi Pendidikan Pesantren Dalam Pembentukan Kader Ulama.” Ijtimaiyya 5, no. 1 (2016): 49–70.
Sukmadinata, Nana Syaodih, dan Muchlis. Pengembangan kurikulum: teori dan praktik. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 1997.
Suprayogo, Imam. Pengembangan pendidikan karakter. Malang: UIN Maliki Press, 2013.
Surya Mohammad. Psikologi Guru, Konsep dan Aplikasi, dari Guru untuk Guru,. Bandung: Alfabeta, 2013.
Suyono, dan Hariyanto. Belajar dan Pembelajaran, teori dan konsep dasar. 3 ed. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2012.
Tafsir, Ahmad. Ilmu pendidikan Islami. Cet. 1. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2012.
Udin, Syaefuddin Saud. Pengembangan Profesi Guru. Cet. 3. Bandung: Alfabeta, 2013.
Yin, Robert K. Case Study Research: Design and Methods, 2013.
Zubaedi. Desain Pendidikan karakter, Konsepsi dan Aplikasinya dalam Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada, 2011.
Zuhri. Convergentive Desain Kurikulum Pendidikan Pesantren (konsepsi dan aplikasinya). 18 ed. Yogyakarta: Depublish, Publiser, 2016.
Copyright (c) 2018 TADRIS: Jurnal Pendidikan Islam
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
The journal operates an Open Access policy under a Creative Commons Non-Commercial 4.0 International license. Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a
Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License
that allows others to share — copy and redistribute the material in any medium or format, and adapt — remix, transform, and build upon the material.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (see The Effect of Open Access).