POLA PENGEMBANGAN KURIKULUM PENDIDIKAN PESANTREN BERKARAKTER: Studi Pondok Pesantren Nurul Ummah Mojokerto

  • Muhammad Anas Ma`arif Institut Pesantren KH. Abdul Chalim Mojokerto
  • Muhammad Husnur Rofiq Institut Pesantren KH. Abdul Chalim Mojokerto
Abstract views: 2426 , PDF downloads: 1178
Untitled downloads: 0

Abstract

Pentingnya pola pengembangan kurikulum berkarakter untuk semua kalangan terutama di pesantren memunculkan berbagai strategi dalam menerapkanya. Strategi internalisasi dan integrasi yang dilakukan oleh berbagai lembaga untuk menjadikan peserta didik mendapatkan hasil yang maksimal. Pola pengembangan kurikulum disetiap pesantren mempunyai ciri khas khusus termasuk Nurul Ummah Mojokerto. Keunikan dalam pengembangan kurikulum tersebut adalah dengan adanya hasil yang didapatkan oleh peserta didik terbukti dengan adanya prestasi yang telah dicapai. Oleh sebab itulah pola pengembangan kurikulum ini penting untuk di teliti. Purpose-Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan pola pengembangan kurikulum berkarakter di Pesantren Nurul Ummah Mojokerto Design/methodology-Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif analitis dengan variasi studi kasus. Yaitu secara jelas menggambarkan pola pengembangan kurikulum dalam Pondok Pesantren Nurul Ummah. Findings-Pola pengembangan kurikulum yang dilaksanakan adalah pengembangan kurikulum interegatif dengan kombinasi kurikulum nasional, kurikulum internasional dengan kurikulum diniah mua`adalah Al-Azhar Mesir. Kurikulum terebut ditekankan pada pembinaan karakter peserta didik. Originality/Value-kurikulum berkarakter bisa melalui pembelajaran, budaya sekolah, kedisiplinan, pembiasaan atau melalui manajemen Pesantren, semua aspek tersebut diintegrasikan agar mendapatkan hasil dalam internalisasi karakter peserta didik. 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdullah Idi. Pengembangan kurikulum: teori dan praktik. 2 ed. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2016.

Abudin, Nata. Ilmu Pendidikan Islam. 3 ed. Jakarta: Prenada Media Grup, 2016.

Agustinus, Hermino. Manajemen Kurikulum Berbasis Karakter: Konsep, Pendekatan dan Aplikasi. Bandung: Alfabeta, 2014.

Creswell, John W. Qualitative inquiry & research design: choosing among five approaches. 2nd ed. Thousand Oaks: Sage Publications, 2007.

Dhofier, Zamakhsyari. Tradisi pesantren: studi pandangan hidup kyai dan visinya mengenai masa depan Indonesia. Cet. 8 rev. Jakarta: LP3ES, 2011.

Emzir. Analisis data: metodologi penelitian kualitatif. Jakarta: Rajawali Pers, 2010.

Fauzi, Ahmad. “Kepemimpinan Kepala Madrasah Dalam Mengembangkan Lembaga Pendidikan Islam.” Nidhomul Haq: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 2, no. 2 (6 Desember 2017): 42–53.

Jamil, Supratiningrum. Strategi Pembelajaran: Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2013.

Ma`arif, Muhammad Anas. “Pendidikan Islam Dan Tantangan Modernitas.” Nidhomul Haq: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 1, no. 2 (26 Maret 2016): 47–58.

Ma’arif, Muhammad Anas. “Analisis Konsep Kompetensi Kepribadian Guru PAI Menurut Az-Zarnuji.” ISTAWA 2, no. 2 (2017): 35–60.

Muclas, Samani, dan Hariyanto. Konsep dan Model Pendidikan karakter. 6 ed. Bandung: Rosdakarya, 2017.

Muhaimin. Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam. Cet. 5. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2012.

———. Strategi Belajar Mengajar. Cet. 5. Surabaya: Citra Media, 1996.

Muhaimin, Abdul. “Strategi Pendidikan Karakter Perspektif Kh. Hasyim Asy’ari.” Nidhomul Haq: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 2, no. 1 (26 November 2017): 26–37.

Muhammad, Tholchah Hasan, Abdul Wahab Sholichin, Wingjosoebroto Soentandyo, Islami M. Irfan, dan Bakri Masyukuri. Metodologi penelitian Kualitatif, Tinjauan Teoritis dan Praktis. Disunting oleh Bakri Masyukri. Surabaya: Lembaga Penelitian Universitas Islam Malang Kerjasama dengan Visipress Media, 2013.

Muhtifah, Lailial. “Pola Pengembangan Kurikulum Pesantren Kasus Al-Mukhlishin Mempawah Kalimantan Barat.” Jurnal Pendidikan Islam 27, no. 2 (2016): 203–222.

Mukarromah, Oleh. “Pendidikan Islam Integratif Berbasis Karakter,” t.t.

Nurhakim, Moh. “Imam Zarkasyi Dan Pembaharuan Pesantren: Rekonstruksi Aspek Kurikulum, Menejemen Dan Etika Pendidikan.” Progressiva: Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Islam 5, no. 1 (2014).

Pupuh, Fathurrahman, AA Suryana, dan Fatriani Fenny. Pengambangan Pendidikan karakter. Bandung: Anggota Ikapi, 2013.

PW, Dhevin MQ Agus. “Manajemen Pondok Pesantren dalam Mengintegrasikan Kurikulum Pesantren dengan Pendidikan Formal.” Edu Islamika 5, no. 2 (2013): 190–225.

Ramayulis. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kalam Mulia, 2013.

Ramayulis, dan Samsul Nizar. Filsafat pendidikan Islam: telaah sistem pendidikan dan pemikiran para tokohnya. Jakarta: Kalam Mulia, 2009.

Subhi, Imam. “Rekonstruksi Pendidikan Pesantren Dalam Pembentukan Kader Ulama.” Ijtimaiyya 5, no. 1 (2016): 49–70.

Sukmadinata, Nana Syaodih, dan Muchlis. Pengembangan kurikulum: teori dan praktik. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 1997.

Suprayogo, Imam. Pengembangan pendidikan karakter. Malang: UIN Maliki Press, 2013.

Surya Mohammad. Psikologi Guru, Konsep dan Aplikasi, dari Guru untuk Guru,. Bandung: Alfabeta, 2013.

Suyono, dan Hariyanto. Belajar dan Pembelajaran, teori dan konsep dasar. 3 ed. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2012.

Tafsir, Ahmad. Ilmu pendidikan Islami. Cet. 1. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2012.

Udin, Syaefuddin Saud. Pengembangan Profesi Guru. Cet. 3. Bandung: Alfabeta, 2013.

Yin, Robert K. Case Study Research: Design and Methods, 2013.

Zubaedi. Desain Pendidikan karakter, Konsepsi dan Aplikasinya dalam Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada, 2011.

Zuhri. Convergentive Desain Kurikulum Pendidikan Pesantren (konsepsi dan aplikasinya). 18 ed. Yogyakarta: Depublish, Publiser, 2016.

Published
2018-09-07
How to Cite
Ma`arifMuhammad Anas, and Muhammad Husnur Rofiq. 2018. “POLA PENGEMBANGAN KURIKULUM PENDIDIKAN PESANTREN BERKARAKTER: Studi Pondok Pesantren Nurul Ummah Mojokerto”. TADRIS: Jurnal Pendidikan Islam 13 (1), 1 - 16. https://doi.org/10.19105/tjpi.v13i1.1635.
Section
Articles