Urgensi Metode Ceramah dan Diskusi (Buzz Group) dalam Proses Pembelajaran di Madrasah

  • Firman Mansir Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
Abstract views: 594 , PDF downloads: 448

Abstract

This research describes about the importance of lecture-discussion method in studying at Madrasa. Good education can lead students to achieve good outcome by using and prepare effective methods and having perfect teaching materials in order to achieve dynamic learning goals. This research aimed to achieve the effectiveness of learning that has been taught in order to facilitate students to obtain information about taught materials. Professional teachers professionals need to understand very well about how to do good learning. In addition, educators certainly have good teaching skills before assuming the task of educator. The skills of an educator are obtained from various training and learning experiences. Teaching strategies and methods are a component contained in the learning system, the components are: learning objectives, teaching materials, students, time and educators. Therefore, lecture-discussion method of buzz group is effective to use as learning method at Madrasa.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Firman Mansir, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
Islamic Education

References

Ahmad, M., & Tambak, S. (2018). Penerapan Metode Diskusi dalam Meningkatkan Hasil Belajar Murid pada Pelajaran Fiqh. Al-Hikmah: Jurnal Agama dan Ilmu Pengetahuan, 15(1), 64-84.

Asmah, A. (2018). UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA UNTUK MENGEMUKAKAN PENDAPAT MELALUI METODE DISKUSI PADA SISWA KELAS VI. Paedagoria: Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Kependidikan, 9(1), 45-50.

Fatmawati, R., & Rozin, M. (2018). PENINGKATAN MINAT BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE CERAMAH INTERAKTIF. Factor M, 1(1).

Fatmawati, R., & Rozin, M. (2018). PENINGKATAN MINAT BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE CERAMAH INTERAKTIF. Factor M, 1(1).

Haidir, H., & Salim, S. (2014). Strategi pembelajaran (Suatu pendekatan bagaimana meningkatkan kegiatan belajar siswa secara trasnformatif).

I Irwan, I. (2018). Penerapan Metode Diskusi dalam Peningkatan Minat Belajar. IQRO: Journal of Islamic Education, 1(1), 43-54.

Lutvaidah, U. (2016). Pengaruh metode dan pendekatan pembelajaran terhadap penguasaan konsep matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 5(3).

Nasution, M. K. (2018). Penggunaan Metode Pembelajaran Dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa. Studia Didaktika, 11(01), 9-16.

Nelwati, S. (2018). Penggunaan Metode Diskusi Tipe Buzz Group Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 1 Gunung Talang Kabupaten Solok. Murabby: Jurnal Pendidikan Islam, 1(1), 95-106. Permatasari, E. A. (2014). Implementasi Pendekatan Saintifik Dalam Ku-. Indonesian Journal of History Education, 3(1), 11–16.

Prasetyawati, P. (2016). Analisis proses pembelajaran berbasis student centered learning dalam pendekatan saintifik pada mata pelajaran sejarah di SMA negeri se kota Palu. Katalogis, 4(10).

Prianto, T. P. (2017). Metode Diskusi Macromedia Flash Untuk Peningkatan Hasil Belajar Alat Ukur Mekanik. TAMAN VOKASI, 5 (1), 31-39.

Puspitorini, R., Prodjosantoso, A. K., Subali, B., & Jumadi, J. (2014). Penggunaan media komik dalam pembelajaran ipa untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar kognitif dan afektif. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 33(3).

Permatasari, E. A. (2014). Implementasi Pendekatan Saintifik dalam Kurikulum 2013 pada Pembelajaran Sejarah. Indonesian Journal of History Education, 3(1).

Savira, S. I., Syafiq, M., Dewi, D. K., & Nurwidawati, D. (2018). Pendampingan Program Pengayaan Ekstrakurikuler di SD/MI Bahagia, Wonokromo, Surabaya. International Journal of Community Service Learning, 2(2), 51-59.

Samiudin, H. S. H. (2016). Peran Metode untuk Mencapai Tujuan Pembelajaran. AL MURABBI, 2 (1), 41-58.

Sadikin, M. (2017). Analisis Pembelajaran Sejarah dengan Pendekatan Saintifik pada Kurikulum 2013. SOSIAL HORIZON: Jurnal Pendidikan Sosial, 4(2), 219-227.

SUMINAH, S. Peningkatan Hasil Belajar Siswa dengan Menerapkan Metode Diskusi Tipe Buzz Group pada Mata Pelajaran IPS Kelas IV Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(2), 1-6.

Tambak, S. (2014). Metode Ceramah: Konsep dan Aplikasi dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Tarbiyah, 21(2).

Utami, L. S., Sabaryati, J., & Setiawan, D. (2018). PENGARUH METODE DISKUSI BUZZ GROUPYANG DIRANGKAIKAN DENGAN PENGGUNAAN MEDIA POSTER TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR MEKANIKA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN FISIKA FKIP UNIVERSITAS MATARAM TAHUN AKADEMIK 2013/2014. Paedagoria: Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Kependidikan, 5(1), 38-44.

Published
2020-12-31
How to Cite
Mansir, Firman. 2020. “Urgensi Metode Ceramah Dan Diskusi (Buzz Group) Dalam Proses Pembelajaran Di Madrasah”. TADRIS: Jurnal Pendidikan Islam 15 (2), 225-35. https://doi.org/10.19105/tjpi.v15i2.3516.
Section
Articles