Integrasi Pendidikan Karakter Berbasis Intelectual, Emotional and Spiritual Quotient dalam Bingkai Pendidikan Islam

  • Abd. Wahib Universitas Islam Negeri (UIN) Khas Jember
Abstract views: 490 , PDF downloads: 478
Keywords: Integrasi Pendidikan karakter, IESQ, Pendidikan Islam

Abstract

Tulisan ini bertujuan untuk mengintegrasikan pendidikan karakter dalam bingkai pendidikan Islam. Fenomena pendidikan yang terjadi di Indonesia saat ini pun cukup beragam, mulai dari aspek sosial, politik, budaya, kesehatan dan ekonomi serta aspek lainnya. Meskipun akhir-akhir ini prestasi intelektual anak-anak Indonesia mengalami peningkatan cukup baik dengan banyaknya prestasi di berbagai olimpiade sains Nasional atau Internasional, namun kemunduran justru terjadi pada aspek lain yang amat penting, yaitu karakter peserta didik/siswa sebagai generasi bangsa Indonesia. Untuk mengatasi masalah ini, pemerintah merumuskan dan melaksanakan pendidikan karakter yang banyak di genjarkan di lembaga pendidikan sebagai solusinya untuk di perkuat moralitas peserta didik. Pendidikan karakter yang di integrasikan melalui Intelectual, Emotional and Spiritual Quotient hadir sebagai solusi problem moralitas dan karakter itu sendiri. Hanya saja pendidikan karakter ini memiliki kelebihan karena merangkum tiga aspek kecerdasan peserta didik/siswa, yaitu kecerdasan afektif, kognitif dan psikomotorik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdul Madjid, (2011). Pendidikan Karakter Perspektif Islam, Bandung: Rosdakarya.
Abdul Mujib dan Jusuf Muzakir, (2002). Nuansa-nuansa Psikologi Islam, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Asnawan, (2020). Exploring Education Character Thought of Ki Hajar Dewantara and Thomas Lickona, IJoASER, vol. 3, no. 3, pp. 164-174, Nov. 2020. asnawan - Google Cendekia
Arfian Bayu Bekti, (2014). Kecerdasan Moral dan Spiritual dalam Psikologi Islam, Makalah.
Agus Nggermanto, (2008). Quantum Quotient, Bandung, Nuansa, Yogyakarta.
Ari Ginanjar Agustian, (2001). Rahasia Sukses Membangun Kecerdasan Emosi dan Spritual, Jakarta; Arga.
Agus Wibowo, (2012). Pendidikan Karakter: Strategi Membangun Karakter Bangsa Berperadaban, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Benni Setiawan, (2008). Agenda Pendidikan Nasional. Jogjakarta: Ar-ruzz Media.
Bambang Setyacipta-Widyaiswara Madya, Peningkatan Dan Pengembangan Karakter Anak Melalui Pendidikan Karakter, Makalah Tt., 3.
Daniel Goleman, (2002). Kecerdasan Emosional: Mengapa EI Lebih Penting dari pada IQ, terj. T. Hermaya, Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Doni Koesuma A, (2010). Pendidikan Karakter: Strategi mendidik anak di Zaman Global, Jakarta: Grasindo.
D Yahya Khan, (2010). Pendidikan Karakter Berbasis Potensi Diri: Mendongkrak Kualitas Pendidikan, Yogyakarta: Pelangi Publishing.
Danah Zohar & Ian Marshall, (2002). SQ: Memanfaatkan Kecerdasan Spiritual dalam Berpikir Integralistik dan Holistik untuk Memaknai Kehidupan, terj. Rahmani Astuti dkk, Bandung: Mizan.
Endah Sulistyowati, (2012). Implementasi Kurikulum Pendidikan Karakter, Yogyakarta: PT Citra Aji Pramana.
Fathul Muin, (2011). Pendidikan Karakter: Konstruksi Teoritik dan Praktik, Jogjakarta: Ar Ruzz.
Husnaini A., (2011). Keseimbangan IQ, EQ dan SQ dalam Perspektif Islam, Artikel Pribadi.
Jamal Ma’mur Asmani, (2011). Buku Panduan Internalisasi Pendidikan Karakter di Sekolah, Jogjakarta: Diva Press.
Muhammad Tuwah & Solehun, (2012). Pendidikan Karakter antara Harapan dan Kenyataan, Jogyakarta: Ar-ruzz Media.
Masnur Muslich, (2011). Pedidikan Karakter: Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional, Jakarta: Bumi Aksara.
Oesman Rabily (1998). sebagaimana dikutip oleh Mohammad Daud Ali, Pendidikan Agama Islam, Jakarta; Raja Grafindo Persada.
Ulil Amri Syafri, (2012). Pendidikan Karakter Berbasis Al-Qur’an Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.
Said Hamid Hasan, dkk. (2010). “Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa” Bahan Pelatihan Penguatan Metode Pembelajaran Brdasarkan Nilai-nilai Bangsa, Jakarta: Puskur Balitbang Kemendiknas.
Shoni Rahmatullah Amrozi, (2012). “ESQ Model dalam Bingkai Pembaharuan Pendidikan Islam di Indonesia”, Al-‘Adalah: Jurnal Kajian KeIslaman dan Kemasyarakatan STAIN Jember Press, No.2 (Nopember, 2012)
Slamet Imam Santoso dalam bukunya Juwariyah, (2010). Dasar-dasar Pendidikan Anak dalam Al-Qur’an, Yogyakarta: Teras.
Tim Redaksi Citra Umbara, (2011). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sisdiknas & Peraturn Pemerintah RI Tahun 2010 Tentang Penyelenggaraan Pendidikan Serta Wajib Belajar, Bandung: Citra Umbara.
Yatim Riyanto, (2009). Paradigma Baru Pembelajaran: Sebagai Referensi bagi Pendidik dalam Implementasi Pembelajaran yang Efektif dan Berkualitas, Jakarta: Prenada Media.
Published
2022-01-27
How to Cite
Wahib, Abd. 2022. “Integrasi Pendidikan Karakter Berbasis Intelectual, Emotional and Spiritual Quotient Dalam Bingkai Pendidikan Islam”. TADRIS: Jurnal Pendidikan Islam 16 (2), 479-94. https://doi.org/10.19105/tjpi.v16i2.4758.
Section
Articles