Geneologi Keilmuan Ponpes Darussalam Gontor dengan Universitas Al-Azhar Cairo

  • Muh. Luqman Arifin Universitas Peradaban
  • Fauzi UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri
  • Muh. Gitosaroso IAIN Pontianak
  • Muhamad Basitur Rijal UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri
  • Mahmudin MTsN 4 Kebumen
Abstract views: 540 , PDF downloads: 435
Keywords: Geneologi Keilmuan; Ponpes Darussalam Gontor; Universitas Al-Azhar

Abstract

Tujuan penelitian adalah menemukan geneologi keterhubungan keilmuan Ponpes Darussalam Gontor dengan Universitas Al-Azhar, Mesir. Jenis penilitian yang digunakan adalah studi pustaka dengan analisis kualitatif-deskriptif dengan pendekatan sosiologi-historis. Aspek sosiologis digunakan untuk menelusuri gejala maupun kausalitas sosial yang mengiringi tranmisi keilmuan yang terjadi antara dua lembaga, sedangkan pendekatan historis digunakan untuk menelusuri sumber-sumber pada masa lampau, yang berupa arsip atau dokumen-dokumen. Metode penelitian dilakukan dengan mengumpulkan data-data yang diambil dari artikel dan buku yang membicarakan tentang subjek yang dibahas. Hasil penelitian menunjukkan, geneologi terjadi melalui, pertama, Al-Azhar dipilih dan dijadikan role model dalam pengembanan keilmuan dalam merintis lembaga pendidikan model pesantren. Kedua, pola duta belajar ke Universitas Al-Azhar dengan cara mengirimkan para santri untuk melanjutkan studi dengan skema kemitraan strategis sehingga para santri mendapatkn beasiswa dari Al-Azhar atau mandiri. Ketiga, pengembangan kurikulum dan bahan ajar dengan mengacu beberapa karya dan literatur klasik dari Al-Azhar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmed, A. Chanfi. “Islamic Mission in Sub-Saharan Africa. The Perspectives of Some ‘Ulamā’ Associated with the Al-Azhar University (1960-1970).” Die Welt Des Islams 41, no. 3 (2001): 348–78. https://doi.org/10.1163/1570060011164864.
Aishima, Hatsuki. “Shaping Global Islamic Discourses: The Role of al-Azhar, al-Medina and al-Mustafa, Edited by Masooda Bano and Keiko Sakurai, 2015.” Die Welt Des Islams 58, no. 4 (October 16, 2018): 510–11. https://doi.org/10.1163/15700607-00584P05.
Aiyar, Pallavi. “In Indonesia, Madrassas of Moderation.” Nytimes.Com, 2015. https://www.nytimes.com/2015/02/11/opinion/in-indonesia-madrassas-of-moderation.html.
Anisah, Inayatul. “Alternatif Pendidikan Masa Depan.” In Sintesis Pendidikan Islam Asia-Afrika, xvvi–xxv. Yogyakarta: Paradigma, 2002.
Arini, Aida. “INTERRELASI INTELEKTUAL ANTARA UNIVERSITAS AL-AZHAR KAIRO DENGAN PONDOK MODERN GONTOR,” n.d., 25.
Bano, Masooda, and Keiko Sakurai. “Volume 7: Shaping Global Islamic Discourses : The Role of al-Azhar, al-Medina and al-Mustafa,” n.d., 243.
Bistara, Raha. “JEJARING ULAMA NUSANTARA DENGAN TIMUR TENGAH ABAD XVII DAN XVIII (Studi Pemikiran Azyumardi Azra).” Al-Munqidz : Jurnal Kajian Keislaman 8, no. 3 (September 7, 2020): 309–25. https://ejournal.iaiig.ac.id/index.php/amk/article/view/263.
Fatihah, Imroatul. “Kepemimpinan KH. Imam Zarkasyi Di Pondok Modern Darussalam Gontor.” JIEM (Journal of Islamic Education Management) 2, no. 2 (December 5, 2018): 26–43. https://doi.org/10.24235/jiem.v2i2.3407.
Idris, Muhammad. “UNIVERSITAS AL-AZHAR SEJAK ABAD KE-20.” Studi Multidisipliner: Jurnal Kajian Keislaman 5, no. 2 (December 31, 2018): 1–22. https://doi.org/10.24952/multidisipliner.v5i2.1115.
Khafäji, Muhammad Abd al-Mun‘im. Al-Azharf i A Lf Amm. Vol. 3. Beirut: ‘Alam al-Kutub, 1987.
Murtadlo, Muhamad. “HUBUNGAN MESIR-INDONESIA DALAM MODERNISASI PENDIDIKAN ISLAM.” Al-Qalam 24, no. 2 (December 15, 2018): 297–306. https://doi.org/10.31969/alq.v24i2.530.
Mustapha, Mustapha, and Ibrahim Mustapha. “دور الجامعات الإسلامية في نشر العلوم الشرعية والعربية، جامعة الأزهر الشريف كنموذج” Vol. 3 (January 1, 2015).
Pranowo, Yogie. “Genealogi Moral Menurut Foucault Dan Nietzsche: Beberapa Catatan.” MELINTAS 33, no. 1 (2017): 52–69. https://doi.org/10.26593/mel.v33i1.2954.52-69.
Sukarto, D. A. Biografi K.H. Imam Zarkasyi: Dari Gontor Merintis Pesantren Modern. Ponorogo: Gontor Press, 1996.
Umar, Bukhori. “KH. Imam Zarkasyi Dan Genre Baru Pondok Pesantren.” Journal of Islamic Studies 1, no. 2 (2017): 259–72. https://doi.org/10.28944/dirosat.v1i2.21.
Usuluddin, Win. Sintesis Pendidikan Islam Asia-Afrika: Perspektif Pemikiran Pembaharuan Pendidikan Menurut KH. Imam Zarkasyi – Gontor. Yogyakarta: Paradigma, 2002.
Zarkasyi, Hamid Fahmy. “Imam Zarkasyi’s Modernization of Pesantren in Indonesia (A Case Study of Darussalam Gontor).” QIJIS (Qudus International Journal of Islamic Studies) 8, no. 1 (June 30, 2020): 161–200. https://doi.org/10.21043/qijis.v8i1.5760.
Zarkasyi, Nashrulloh ZM. “Lembaga Pembudayaan Manusia: Darussalam Gontor.” In Sintesis Pendidikan Islam Asia-Afrika, v–xvi. Yogyakarta: Paradigma, 2002.
Published
2021-12-22
How to Cite
Arifin, Muh. Luqman, Fauzi, Muh. Gitosaroso, Muhamad Basitur Rijal, and Mahmudin. 2021. “Geneologi Keilmuan Ponpes Darussalam Gontor Dengan Universitas Al-Azhar Cairo ”. TADRIS: Jurnal Pendidikan Islam 16 (2), 351-63. https://doi.org/10.19105/tjpi.v16i2.4836.
Section
Articles