Upaya Peningkatan Kemampuan Menulis Surat Dinas melalui Pendekatan Kontekstual pada Siswa Kelas XI di MA Al-Husaini Pasanggar Pegantenan

  • Moh Rofi’i Tadris Bahasa Indonesia
  • Moh Hafid Effendy Tadris Bahasa Indonesia
Abstract views: 385 , PDF downloads: 280

Abstract

Terdapat permasalahan yang dialami siswa  kelas XI di MA AL-Husaini Pasanggar Pegantenan dalam pembelajaran mnulis surat dinas. Pembelajaran kontekstual diharapkan dapat mengatasi permasalahan tersebut. Berangkat dari permasalah tersebut, penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis surat dinas melalui pendekatan kontekstual siswa kelas XI di MA AL-Husaini Pasanggar Pegantenan. Penelitian ini merupakan penilitian tindakan kelas. Lokasi penelitian adalah  MA AL-Husaini Pamekasan dengan subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI MA AL-Husaini. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Oktober-Desember 2018 dengan 2 siklus. Hasil penelitian ini adalah upaya peningkatan kemampuan menulis surat dinas siswa menggunakan pendekatan kontekstual kelas XI MA AL-Husaini Pasanggar Pegantenan semester genap tahun pelajaran 2017-2018 dapat meningkatakan proses hasil belajar siswa dalam menulis surat dinas. Peningkatan tersbut dapat diketahui dari hasil nilai rata-rata pada siklus I, yaitu 68 dan siklus II, yaitu 74, 75 dari hasil inilah guru melaksanakan II siklus ini karena dilihat dari hasil siswa yang sudah memenuhi kriteria ketuntasan minimal.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arifin, Zainal. (2014). Penelitian Tindakan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Arikutanto, Suharismi. (2010) Prosedur Penelitian. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Craig. (2012) Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Hak Cipta.

Efferin, Sujoko. (2004). Metode Penelitian Untuk Akuntansi. Malang: Bayu Media Publishing.

Effendy, Moh Hafid. (2015). Kasak-kusuk Bahasa Indonesia. Pamekasan:STAIN Pamekasan press.

Ghazali, Syukur. (2013). Pembelajaran Keterampilan Berbahasa Dengan Pendekatan Komunikatif-interaktif. Bandung: PT Refika Aditma.

Komara, Endang. (2012). Penelitian Tindakan Kelas dan Peningkatan Profesionalitas Guru. Bandung: PT Rfika Aditama.

Kesuma, Dharma. (2013). Pendidikan Karakter, cet. 3 Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Muhadjir, Noeng. (2000). Metodologi Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Reka Serasin.

Moleong, Lexy J. (2011). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.

Mukhtar. (2013). Metode Praktis Penelitian Deskriptif Kualitatif. Jakarta Selatan: GP Press Group.

Mulyasa. (2013). Praktik Penelitian Tindakan Kelas, Cet. 6 Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Offset, Andi. (2007). Bahasa Indonesia Untuk Mhasiswa. Yogyakarta: Hak Cipta.

Pujiono, Setyawan. (2013). Terampil Menulis. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Putra , Nusa. (2014). Penelitian Tindakan. Cet. 1. Bandung: PT Rmaja Rosdakarya.

Sunendar, Dadang. (2010). Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Suryani, Nanik. (2014). Korespondensi Bahasa Indonesia. Yogyakarta: Ruko Jambusari.

Suryadi. (2015). Strategi Pembelajaran Pendidikan Karakter. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Suprijono, Agus. (2016). Model-model Pembelajaran Emansipatoris. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif R&D. Bandung: Alfabeta.

Suroso. (2009). Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: B Sambilegi Baru.

Sukardi. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Tindakan Kelas. Jakarata: PT Bumi Aksara.

Sugiono. (2016). Metode Penelitian pendidikan. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Wiraatmadja, Rochiati. (2012). Metode penelitian tindakan kelas. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Yaqin, Nurul Zbad. (2011). Bahasa Indonesia Keilmuan. Malang: UIN MALIKI Press.

Yamin, Martinis. (2012). Manajemen Pembelajaran Kelas. Jakarta: Gaung Persada Press.

Published
2019-07-31
How to Cite
Rofi’i, M., & Effendy, M. H. (2019). Upaya Peningkatan Kemampuan Menulis Surat Dinas melalui Pendekatan Kontekstual pada Siswa Kelas XI di MA Al-Husaini Pasanggar Pegantenan. GHANCARAN: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1(1), 52-60. https://doi.org/10.19105/ghancaran.v1i1.2986
Section
Articles