Penerapan Media Audio Visual dalam Pembelajaran Keterampilan Membaca Cepat pada Siswa Kelas XI di MA Al-Falah Tlanakan Pamekasan

  • Maryamah Maryamah Tadris Bahasa Indonesia IAIN Madura
  • Moh Hafid Effendy Tadris Bahasa Indonesia
Abstract views: 936 , PDF downloads: 759

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya ketertarikan peneliti terhadap penerapan media audio visual dalam pembelajaran keterampilan membaca cepat pada siswa kelas XI di MA Al-Falah Tlanakan Pamekasan. Penelitian ini memiliki tiga tujuan, yaitu (1) mengetahui persiapan penerapan media audio visual dalam pembelajaran keterampilan membaca cepat, (2) mencermati penerapan media audio visual dalam pembelajaran keterampilan membaca cepat, dan (3) faktor penghambat dan penunjang dalam penerapan media audio visual dalam pembelajaran keterampilan membaca cepat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis fenomenologi. Sumber data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informan penelitian ini adalah guru bahasa Indonesia dan siswa. Pengecekan keabsahan data dilakukan melalui perpanjang keikutsertaan, ketekunan pengamatan, uraian rinci, triangulasi sumber yang membandingkan derajat kepercayaan suatu informasi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmadi, R. (2016). Metode Penelitian Kualitatif. Jokjakarta: Ar-ruzzmedia.

Arsyad, A. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.

Asyhar, R. (2011). Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Gaung Persada Press.

Abidin, Y. (2008). Pembelajaran Bahasa Berbasis Pendidikan Karakter. Bandung: PT. Refika Aditama.

Basrowi dan Suwandi. (2008). Memahami Penelitian Kualitatif. Jakarta: Rineka Cipta.

Buna’I. (2006). Metodologi Penelitian Pendidikan. Pamekasan: STAIN Pamekasan Press.

Bungin, B. 2012. Metode Penelitian Kualitatif Aktualisasi Metodelogis Kearah Ragam Varian. Jakarta: Rajawali Pers.

Darmawan, D. (2016). Komunikasi Pendidikan Perspektif Bio-Komunikasi. Bandung: PT. Remaja.

Effendy, M.H. (2015). Kasak Kusuk Bahasa Indonesia. Surabaya: CV. Salsabila Putra Pratama.

Moleong, L.J. (2012). Metodelogi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Mukhtar. (2013). Metode Praktis Penelitian Deskriptif Kualitatif. Jakarta: Referensi (GP Press Group).

Nurhadi. (1987). Membaca Cepat dan Efektif. Bandung: CV. Sinar Baru Offset.

______. (1989). Bagaimana Meningkatkan Kemampuan Membaca Cepat. Bandung: CV. Sinar Baru.

Nurgiantoro, B. (2012). Penilaian Pembelajaran Bahasa Berbasis Kompetensi. Yogyakarta: Bpee-Yokyakarta.

Ridwan. (2008). Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Suryanto, A. dan Agus H. (2006). Panduan Belajar Bahasa dan Sastra Indonesia. Jakarta: PT. Gelora Aksara Pratama.

Suyadi. (2015). Satrategi Pembelajaran Pendidikan Karakter. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Sholichin, M. (2013). Psikologi belajar. Surabaya: CV. Salsabila.

Syamsudin, Vismaia, Damaianti. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Satata, S.D.S. dan Dadi W.S.. (2012). Bahasa Indonesia. Jakarta: Mitra Wacana Cetak.

Sugiono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Wassid, I. (2016). Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Published
2019-07-31
How to Cite
Maryamah, M., & Effendy, M. H. (2019). Penerapan Media Audio Visual dalam Pembelajaran Keterampilan Membaca Cepat pada Siswa Kelas XI di MA Al-Falah Tlanakan Pamekasan. GHANCARAN: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1(1), 1-9. https://doi.org/10.19105/ghancaran.v1i1.2990
Section
Articles