PENGEMBANGAN KURIKULUM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP INKLUSIF GALUH HANDAYANI SURABAYA

Muliatul Maghfiroh, Mad Sa'i

Abstract


Abstrak

 

During these curriculum development has been widely discussed at the regular school level, starting from the lowest level to the top. But many of them include inclusive schools that have not been studied in curriculum development. Especially related to Islamic Education (PAI) subjects at Inclusive Middle School level. This situation will greatly affect the education system at that level starting from Educators, students, stakeholders and the community. Therefore the development of the Islamic Religious Education curriculum in Galuh Handayani Inclusive Middle School can be used as an example of a curriculum development model for the sake of advancing education in Indonesia

 

Selama ini pengembangan kurikulum banyak dibicarakan di tataran sekolah regular mulai jenjang yang paling bawah hingga keatas. Namun banyak diantaranya sekolah inklusif yang belum diteliti pengembangan kurikulumnya. Apalagi berkaitan dengan mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di tingkat SMP Inklusif. Situasi ini akan sangat mempengaruhi sistem pendidikan ditingkat tersebut mulai Pendidik, peserta didik, stakeholder dan masyarakat. Oleh sebab itu pengembangan kurikulum Pendidikan Agama Islam  di SMP Inklusif Galuh Handayani bisa dijadikan contoh model pengembangan kurikulum untuk kepentingan kemajuan pendidikan di Indonesia

Full Text:

PDF

References


Darwis, Umar Ahmad. Landasan Konseptual Pengembangan Kurikulum PAI. diakses pada tangal 10 Juni 2019.

https://silabus.org/perkembangan-psikologi/diakses tanggal 13 Juni 2019.

Idi, Abdullah. Pengembangan Kurikulum Teori dan Praktek. Jakarta: Gaya Media Pratama, 1999.

Kumala, Karina Dewi Retno. Implementasi Signalong dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam untuk Meningkatkan Komunikasi Intrapersonal dan Kemandirian Belajar Anak Autis di Sekolah Menengah Pertama Inklusif Galuh Handayani Surabaya. Thesis: UIN Sunan Ampel Surabaya, 2017.

Meleong, Lexy J. Metodologi Penelitian Kualitatif (Edisi Revisi). Bandung: Remaja Rosdakarya, 2005.

Maghfiroh, Muliatul. Pengembangan Kurikulum Model DMSO (Duplikasi, Modifikasi, Substitusi, Omisi) dan Implementasinya dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMP Galuh Handayani: Penyelenggara Pendidikan Inklusif. Thesis: UIN Sunan Ampel Surabaya, 2013.

Mukafa, Zumrotul. Pendidikan Akhlak Multikultur (Studi Kasus di Sekolah Dasar (SD) Inklusif Galuh Handayani) Conference Proceeding “ Annual International Conference On Islamic Studies (AICIS XII).

Mulyana, Dedy. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2001.

Nasution. Asas-Asas Kurikulum. Jakarta: Bumi Aksara, 2006.

Nazir. Metode Penelitian. Jakarta: Gharlia Indonesia, 2003.

Soetopo, Hendayat dan Wast Soenanto. Pembinaan dan Pengembangan Kurikulum. Jakarta: Bumi Aksara, 1993.

Subandiah. Pengembangan dan Inovasi Kurikulum. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 1993.

Sumiyarno. Penelitian Kualitatif Langkah Operasional, Makalah disampaikan pada Pendidikan dan Latihan Peneliti (Surabaya: Balai Pendidikan dan Latihan Pegawai teknis Keagamaan, 17 Nopember 2003.




DOI: http://dx.doi.org/10.19105/rjpai.v1i1.3018

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Editor Office:

Kantor Informasi dan Publikasi IAIN Madura Kantor Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah Gedung i Jalan Raya Panglegur KM 04 Pamekasan, Madura, Jawa Timur. Telp. (0324) 333187 fax 322551

Contact Person:

HP. 082332937053; WA. 08175052593


Rabbani Jurnal Pendidikan Agama Islam (Print ISSN 2721-1134; Online ISSN 2721-091X)