STUDI KEBIJAKAN TENTANG KURIKULUM PENGEMBANGAN MUATAN LOKAL

  • Dewi Zainul Alfi Universitas Hasyim Asy'ari Tebuireng Jombang
  • M. Yunus Abu Bakar
Abstract views: 279 , PDF downloads: 411

Abstract

Muatan lokal adalah bahan kajian atau mata pelajaran pada satuan pendidikan yang berisi muatan dan proses pembelajaran tentang potensi dan keunikan lokal. Penerapan kurikulum muatan lokal dapat memberikan bekal pengetahuan, keterampilan, pembentukan sikap dan perilaku siswa, berupa wawasan tentang keadaan lingkungan dan kebutuhan masyarakat. Pengembangan Muatan Lokal dilakukan dengan dua arah pengembangan dalam muatan lokal, yaitu Pengembangan untuk jangka jauh agar para siswa dapat melatih keahlian dan keterampilan yang sesuai dengan harapan yang nantinya dapat membantu dirinya, keluarga, masyarakat dan akhirnya membantu pembangunan nusa dan bangsanya. Studi ini merupakan studi literatur sehingga metode dalam menganalisis data dengan meninjau dan mengumpulkan informasi dari berbagai referensi baik buku, artikel ilmiah yang digunakan sebagai bahan dalam mempelajari dan menambah wawasan secara konseptual yang berhubungan dengan studi kebijakan tentang kurikulum pengembangan muatan lokal.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Dewi Zainul Alfi, Universitas Hasyim Asy'ari Tebuireng Jombang
Prodi Pendidikan Agama Islam

References

Basari, Achmad. “Penguatan Kurikulum Muatan Lokal Dalam Pembelajaran Di Sekolah Dasar.” Seminar Nasional Imu Pendidikan (2014): 17–26.

Dakir, S. Perencanaan Dan Pengembangan Kurikulum. Jakarta: Rhineka Cipta, 2004.

Mansur, Nurdin. “Urgensi Kurikulum Muatan Lokal Dalam Pendidikan.” Jurnal Ilmiah Didaktika 13, no. 1 (2012): 68–79.

Muhaimin. Pengembangan Model Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) Di Sekolah Dan Madrasah. 1st ed. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2008.

Mursalim. “Kajian Pelaksanaan Pembelajaran Muatan Lokal Budaya Daerah Di Satuan Pendidikan Dasar ( a Study of Indigenous Culture in the Local Content Subject in Basic Education ) 1 ....” Kajian Pembelajaran Muatan Lokal Budaya Daerah di Satuan Pendidikan Dasar 10, no. 1 (2019): 2–23.

———. “Kajian Pembelajaran Muatan Lokal Budaya Daerah Di Satuan Pendidikan Dasar.” Jurnal Puslitbang Kebudayaan 10, no. 1 (2015).

Muslih, Mansur. KTSP Pembelajaran Berbasis Kompetensi Dan Kontekstual. 7th ed. Jakarta: Bumi Aksara, 2011.

Nasir, Muhammad. “Pengembangan Kurikulum Muatan Lokal Dalam Konteks Pendidikan Islam Di Madrasah.” HUNAFA: Jurnal Studia Islamika 10, no. 1 (2013): 1.

PERMENDIKBUD. “Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Nomor 79 Tahun 2014 Tentang Muatan Lokal Kurikulum 2013” (2014): 1–5. https://drive.google.com/file/d/0B-Z3dLPaWpaqbk9FTThIYWM3bjQ/view.

———. “Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 81A Tahun 2013 Tentang Implementasi Kurikulum” (2013).

PERMENDIKNAS. “Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi Untuk Satuan Pendidikan Dasar Dan Menengah” (2006): 1–48.

Sadulloh, Uyoh. Pengantar Filsafat Pendidikan. Bandung: Alfabeta, 2007.

Sudjana, Nana. Pembinaan Dan Pengembangan Kurikulum Di Sekolah. IV. Bandung: Sinar Baru Algensindo, 2002.

Published
2021-03-31
Section
Journal Articles