ANALISIS KEBIJAKAN PEMBELAJARAN DARING TERHADAP EVALUASI BELAJAR SISWA

  • umu kurnia nur hidayah universitas hasyim asy'ari tebuireng jombang
Abstract views: 89 , PDF downloads: 171

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi analissi kebijakan pembelajaran daring terhadap evaluasi belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah kualitatif yakni penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang diamati. Teknik pengambilan dan pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun metode analisis yang digunakan adalah metode analisis kualitatif.

Hasil dari penelitian ini yaitu bahwa evaluasi pembelajaran yang dilaksanakan secara daring belum sepenuhnya mencapai target Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) sebagaimana yang sudah ditentukan. Pada sebagian mata pelajaran memang sudah memenuhi KKM sebagian lagi masih ada siswa yang belum memenuhi KKM. Bagi siswa yang belum memenuhi nilai maka dilakukan remedial tes agar evaluasi dan nilai dapat memenuhi target yang diharapkan.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

umu kurnia nur hidayah, universitas hasyim asy'ari tebuireng jombang
Jurusan Pendidikan Agama Islam

References

Bilfaqih, Yusuf, and M. Nur Qomarudin. Esensi Penyusunan Materi Pembelajaran Daring. Yogyakarta: Deepublish, 2015.

Dewi, Wahyu Aji Fatma. “Dampak COVID-19 Terhadap Implementasi Pembelajaran Daring Di Sekolah Dasar.” Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan 2, no. 1 (2020): 55–61.

Mahirah, B. “Evaluasi Belajar Peserta Didik (Siswa).” Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan 1, no. 2 (2017): 257–267.

Moleong, Lexy J. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2009.

Sinambela, Pretty, Sigit Suhada, and Ganjar Susilo. “Analisis Mengenai Dampak Penghapusan Ujian Nasional Terhadap Kelulusan Peserta Didik Jenjang SMP Di Era Pandemik Covid-19,” no. 30 (2020): 281–290.

Published
2021-03-31
Section
Journal Articles