EVALUASI PENERAPAN MODEL BLANDED LEARNING DI ERA PANDEMI COVID-19 UNTUK MENGETAHUI SIKAP DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PAI DI SDN PAGENDINGAN 2 GALIS PAMEKASAN

  • FARADILA AINI UMAIYAH IAIN MADURA
Abstract views: 259 , PDF downloads: 338

Abstract

Pandemi Coronavirus yang melanda dunia, termasuk Indonesia, telah mengubah tuntutan akan eksistensi manusia, baik di bidang masalah pemerintahan, ekonomi, persekolahan, dll. Bidang pendidikan, terjadi perubahan dalam hal pembelajaran. Semula pembelajaran dilaksanakan dengan tatap muka. Namun, adanya virus korona pembelajaran dilakukan dengan model blanded learning atau pembelajaran daring, begitu juga dengan pendidikan agama Islam. Model blanded learning sebenarnya sudah dilakukan oleh sebagian sekolah maju. Model tersebut massif dilaksanakan  saat terjadinya covid 19 atas instruksi negara bertekad untuk memutus rantai penyebaran infeksi. Berdasarkan kondisi tersebut  kami melakukan penelitian di SDN Pagendingan 2 untuk mengevaluasi model blanded learning atau pembelajaran daring yang dilaksanakan di sekolah tersebut. Metode penelitian menggunakan wawancara pada guru agama di SDN Pagendingan tentang model blanded learning atau pembelajaran daring. Atas hasil wawancara tersebut kami menyimpulkan bahwa model blanded learning kurang maksimal dan kurang efektif meskipun juga terdapat sisi kelebihannya.

Kata kunci: Evaluasi, Model Blanded Learning, Sikap dan Hasil Belajar

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anwar, Moh. Kherul. 2017. Top to bottom mendalami bagaimana membentuk karakter mahasiswa sebagai pembelajaran "buku harian pengajar dan ilmu tarbiyah"
Arifin, Zainal. 2011. Penelitian Pendidikan. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya
Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta
Arsyad, Azhar. 2014. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers
Barkah, Ari. 2012. Peningkatan program Coaching bergantung pada inspirasi belajar siswa sekolah menengah. Bandung: Cimalaka
Bentri, Hidayati, & Rahmi. 2018 . Model Instrumen Penilaian Blended learning Di Perguruan Tinggi
Dasopang, Muhammad Darwis. 2017. Belajar Dan Pembelajaran; FITRAH Jurnal Kajian Ilmu-ilmu Keislaman, Vol. 03 No. 2
Dwiyanto. Merencanakan Pembelajaran dalam memasuki "New Typical" dengan Mixed learning. Diperoleh pada 12 September 2020 dari: http://lpmplampung.kemdikbud.go.id/po- content/uploads/New_Normal_Blended_Learning_artikel_sec.pdf
Hasbullah. 2010. Dasar-dasar Ilmu Pendidikan. Jakartka: Grafindo Persada
Husamah, H. 2014. Pembelajaran bauran (Blended learning). Malang: Prestasi Pustaka
Istiningsih, S., & Hasbullah, H, 2015. Blended learning, Trend Strategi Pembelajaran Masa Depan. Jurnal Elemen, 1(1)
Komariah dan Satori. 2009. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta
M., Maryono, H., Budiono, & Okha. 2018. Implementasi Pendidikan Karakter Mandiri Di Sekolah Dasar. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 3(1)
Meria, Azizah. 2017. Persepsi Pendidiakan Madrasah Ibtida’iyah Sumatra Barat tentang kompetensi yang dimiliki” jurnal JMIE
Moleong, Lexy J. 2016. Subjective Exploration Strategy. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Moleong, Lexy J. 2016. Subjective Exploration Strategy. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Mufidah, Maisaroh anis. 2015. Pengaruh Jenis pembelajaran yang cocok cocokkan dengan mengubah perdagangan threesome pada hasil belajar sains, buku harian PGSD
Sanjaya, Wina. strategi Pembelajaran berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: prenada media, 2015
Sugiyono. 2014. Memahami Penelitian Kualitatif . Bandung: Penerbit Alfabeta
W. Hartanto, 2016. Penggunaan E-Learning sebagai Media Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 10(1)
Wiyani, Novan Ardy. Burnawi. 2012. Ilmu Pendidikan Islam. Jogjakarta: ar-Ruzz Media
Published
2022-03-31
Section
Journal Articles