EVALUASI PENERAPAN MODEL BLANDED LEARNING DI ERA PANDEMI COVID-19 UNTUK MENGETAHUI SIKAP DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PAI DI SDN PAGENDINGAN 2 GALIS PAMEKASAN
Abstract
Pandemi Coronavirus yang melanda dunia, termasuk Indonesia, telah mengubah tuntutan akan eksistensi manusia, baik di bidang masalah pemerintahan, ekonomi, persekolahan, dll. Bidang pendidikan, terjadi perubahan dalam hal pembelajaran. Semula pembelajaran dilaksanakan dengan tatap muka. Namun, adanya virus korona pembelajaran dilakukan dengan model blanded learning atau pembelajaran daring, begitu juga dengan pendidikan agama Islam. Model blanded learning sebenarnya sudah dilakukan oleh sebagian sekolah maju. Model tersebut massif dilaksanakan saat terjadinya covid 19 atas instruksi negara bertekad untuk memutus rantai penyebaran infeksi. Berdasarkan kondisi tersebut kami melakukan penelitian di SDN Pagendingan 2 untuk mengevaluasi model blanded learning atau pembelajaran daring yang dilaksanakan di sekolah tersebut. Metode penelitian menggunakan wawancara pada guru agama di SDN Pagendingan tentang model blanded learning atau pembelajaran daring. Atas hasil wawancara tersebut kami menyimpulkan bahwa model blanded learning kurang maksimal dan kurang efektif meskipun juga terdapat sisi kelebihannya.
Kata kunci: Evaluasi, Model Blanded Learning, Sikap dan Hasil Belajar
Downloads
References
Arifin, Zainal. 2011. Penelitian Pendidikan. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya
Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta
Arsyad, Azhar. 2014. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers
Barkah, Ari. 2012. Peningkatan program Coaching bergantung pada inspirasi belajar siswa sekolah menengah. Bandung: Cimalaka
Bentri, Hidayati, & Rahmi. 2018 . Model Instrumen Penilaian Blended learning Di Perguruan Tinggi
Dasopang, Muhammad Darwis. 2017. Belajar Dan Pembelajaran; FITRAH Jurnal Kajian Ilmu-ilmu Keislaman, Vol. 03 No. 2
Dwiyanto. Merencanakan Pembelajaran dalam memasuki "New Typical" dengan Mixed learning. Diperoleh pada 12 September 2020 dari: http://lpmplampung.kemdikbud.go.id/po- content/uploads/New_Normal_Blended_Learning_artikel_sec.pdf
Hasbullah. 2010. Dasar-dasar Ilmu Pendidikan. Jakartka: Grafindo Persada
Husamah, H. 2014. Pembelajaran bauran (Blended learning). Malang: Prestasi Pustaka
Istiningsih, S., & Hasbullah, H, 2015. Blended learning, Trend Strategi Pembelajaran Masa Depan. Jurnal Elemen, 1(1)
Komariah dan Satori. 2009. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta
M., Maryono, H., Budiono, & Okha. 2018. Implementasi Pendidikan Karakter Mandiri Di Sekolah Dasar. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 3(1)
Meria, Azizah. 2017. Persepsi Pendidiakan Madrasah Ibtidaiyah Sumatra Barat tentang kompetensi yang dimiliki jurnal JMIE
Moleong, Lexy J. 2016. Subjective Exploration Strategy. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Moleong, Lexy J. 2016. Subjective Exploration Strategy. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Mufidah, Maisaroh anis. 2015. Pengaruh Jenis pembelajaran yang cocok cocokkan dengan mengubah perdagangan threesome pada hasil belajar sains, buku harian PGSD
Sanjaya, Wina. strategi Pembelajaran berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: prenada media, 2015
Sugiyono. 2014. Memahami Penelitian Kualitatif . Bandung: Penerbit Alfabeta
W. Hartanto, 2016. Penggunaan E-Learning sebagai Media Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 10(1)
Wiyani, Novan Ardy. Burnawi. 2012. Ilmu Pendidikan Islam. Jogjakarta: ar-Ruzz Media
Copyright (c) 2022 FARADILA AINI UMAIYAH
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.