PENGARUH BIMBINGAN KEAGAMAAN DAN FASILITAS AGAMA TERHADAP KETAATAN BERIBADAH PADA SISWA DI SMP ISLAM SUDIRMAN BANYUBIRU KAB. SEMARANG TAHUN 2022

  • Arizkha Umami Institut Agama Islam Negeri Salatiga
Abstract views: 368 ,
Keywords: Kata Kunci : Bimbingan Keagamaan, Fasilitas Agama, Ketaatan Beribadah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Bimbingan Keagamaan dan Fasilitas Agama terhadap Ketaatan Beribadah pada Siswa di SMP Islam Sudirman Banyubiru Kab. Semarang Tahun 2022. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan olah data primer melalui penyebaran kuesioner terhadap siswa di SMP Islam Sudirman Banyubiru Kab. Semarang. Sampel yang diambil sebanyak 30 responden dengan teknik random sampling. Kemudian data yang diperoleh diolah dengan program komputer SPSS Statistics. Analisis yang digunakan meliputi uji instrumen, uji asumsi klasik, dan uji hipotesis. Berdasarkan pengujian, memperoleh hasil: bimbingan keagamaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap ketaatan beribadah, fasilitas agama berpengaruh positif dan signifikan terhadap ketaatan beribadah, serta bimbingan keagamaan dan fasilitas agama secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap  ketaatan beribadah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Darma, B. (n.d.). Statistika Penelitian Menggunakan SPSS. Jakarta: Guepedia.
Ghazali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariete dengan Program IBM SPSS 23 (VIII). Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Hidayat, A. A. (2021). Menyusun Instrumen Penelitian & Uji Validitas-Reliabilitas. Surabaya: Health Books Publishing.
Kamaruzzaman. (2016). Bimbingan Konseling. Pontianak: Pustaka Rumah Aloy.
Kartika, S., Husni, H., & Millah, S. (2019). Pengaruh Kualitas Sarana dan Prasarana terhadap Minat Belajar Siswa dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 7(1), 113.
Mulyadin. (2019). Upaya Peningkatan Ketaatan Siswa terhadap Peraturan Kedisiplinan di SMA 1 Wawo. Fitrah, 10(1), 38–55.
Purwoto, A. (2007). Panduan Laboratorium Statistika Inferensial. Jakarta: Grrasindo.
Rofin, E., Liberty, I. A., & Priyana. (2021). Populasi, Sampel, Variabel dalam Penelitian Kedokteran (1 ed.). Pekalongan: PT. Nasya Expanding Management.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D (1 ed.). Alfabeta.
Suryadi. (2018). Ilmu Pendidikan Islam. Yogyakata: CV Budi Utama.
Susetyo, B. (2012). Statistika (2 ed.). Jakarta: Direktorat Jendra Pendidikan Islam.
Zulkifli, Z. (2019). Bimbingan Agama Islam Dalam Meningkatkan Ketenangan Jiwa Warga Binaan Di Lembaga Pemasyarakatan. Jurnal Bimbingan Penyuluhan Islam, 1(01), 1.
Published
2022-10-01
Section
Journal Articles